Soal PPPK 2021 SKB Sejarah Pedagogik Tahun 2021 Tipe B

Soal PPPK 2021 SKB Sejarah Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK 2020 Untuk Guru Mata Pelajaran Sejarah atau Tes Ujian Guru Sejarah . Soal SKB Pedagogik Sejarah Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik Sejarah p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021

Soal SKB Pedagogik Sejarah Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik Sejarah p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021

Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal Sejarah 2021 SKB Sejarah Pedagogik Tahun 2021


Soal PPPK Pedagogik Sejarah Tahun 2021 Tipe B

11. Salah satu prinsip dari penyusunan RPP adalah …
A. Memperhatikan kemampuan awal peserta didik.
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
C. Mengembangkan budaya tanggap teknologi.
D. Memberikan umpan balik dan kerja sama.
E. Keterpaduan dan kesinambungan.

Jawaban : B
Pembahasan: RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dirancang untuk membelajarkan peserta didik selama jam tatap muka berlangsung. Pembelajaran yang dikehendaki yakni Student Center Learning, maka RPP harus dirancang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

12. Rencana pembelajaran yang dirancang guru yakni terdapat aktivitas setiap kelompok menyelidiki suatu topik untuk diteliti. Contoh topik yang diangkat misalnya kehidupan jama pra aksara. Kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan siswa yaitu ...
A. Siswa mendengarkan dan menguraikan kembali gagasan yang diberikan oleh guru dari kelompok lain.
B. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan menulis pada kertas yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok.
C. Siswa dalam setiap kelompok berusaha mengumpulkan dan mengevaluasi data kemudian mensintesiskannya dalam bentuk laporan akhir kelompok.
D. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk merumuskan satu pendapat umum yang mewakili kelompoknya.
E. Siswa sebagai anggota kelompok harus diberi tugas masing-masing dalam proses pembuatan produk kelompoknya.

Jawaban : C
Pembahasan: Kegiatan penyelidikan atas suatu topik dapat dilakukan melalui kegiatan mengumpulkan data, mengolah data, dan melaporkan hasil olah data.

13. Penilaian sikap sosial yaitu sikap jujur dalam pembelajaran sejarah dapat diukur melalui indikator di bawah ini, yakni ...
A. Bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran
B. Berbagi informasi dengan teman satu kelas tentang suatu peristiwa sejarah
C. Mengakui kesalahan di depan kelas pada saat pembelajaran sejarah berlangsung
D. Mengembalikan alat tulis yang dipinjam dari teman saat pelajaran sejarah
E. Mengumpulkan tugas pada waktu yang sudah disepakati bersama

Jawaban : A
Pembahasan: Penilaian sikap sosial yakni “jujur” oleh guru mata pelajaran harus dilaksanakan saat mata pelajaran berlangsung. Sikap yang dinilai juga sikap yang generik dimungkinkan muncul pada semua peserta didik. Bertanya kepada guru apabila tidak mengerti merupakan bentuk perwujudan sikap jujur, apa adanya.

14. Dalam memilih teknik penilaian, guru merancang teknik penilaian sesuai dengan indikator pembelajaran. Bila indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaian yang tepat yaitu berupa ...
A. Tes lisan dan tes tulis B. Kerja secara berkelompok.
C. Kemampuan sikap. D. Kerja individual.
E. Portofolio.

Jawaban : A
Pembahasan: Pemahaman atas suatu konsep/pengukuran ranah kognitif dilakukan melalui tes baik lisan maupun tertulis.

15. Manfaat yang diharapkan dapat dimiliki siswa ketika guru memberikan penugasan proyek adalah untuk menilai keterampilan ...
A. Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan.
B. Pembelajaran secara terpadu yang telah dilakukan guru.
C. Kemampuan merefl eksi perkembangan peserta didik.
D. Melihat tingkat kemajuan peserta didik sejak awal pembelajaran.
E. Keterampilan menyelidiki peristiwa-peristiwa secara khusus

Jawaban : A
Pembahasan: Proyek tertentu melatih peserta didik melakukan penelitian sederhana. Peserta didik akan terbiasa untuk melakukan penyelidikan/penelitian.

16. Salah satu prinsip dalam melaksanakan penilaian otentik adalah ...
A. Memperbaiki perilaku siswa agar sesuai dengan penguatan nilai-nilai karakter
B. Memperkaya siswa dengan soal-soal latihan untuk menghadapi ujian akhir
C. Menjadikannya sebagai sarana supaya guru memiliki bank soal
D. Melakukan penilaian hasil belajar yang memungkinkan peserta didik mendemonstrasikan pengetahuannya
E. Menjadi suatu rutinitas bahwa setiap kegiatan harus dilakukan penilaian untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan

Jawaban : D
Pembahasan: Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dan memugkinan peserta didik menunjukkan kemampuannya. Penilaian otentik dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, jurnal, tes, kinerja, penilaian proses, maupun penilaian portofolio.

17. Hasil penilaian belajar siswa dapat dimanfaatkan oleh guru bimbingan dan konseling untuk ...
A. Bahan pertimbangan untuk memberikan perlakuan sikap kepada siswa
B. Mengetahui apakah siswa mempunyai permasalahan dalam keluarga
C. Memberikan bimbingan kepada siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan
D. Memberikan penghargaan atas capaian hasil belajar siswa
E. Mencari kelemahan siswa untuk dilaporkan kepada orang tua/wali siswa

Jawaban : E
Pembahasan: Salah satu fungsi penilaian yakni untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik. Penilaian mencerminkan perkembangan belajar peserta didik. Perkembangan inilah yang dapat dilaporkan oleh guru BK kepada orangtua.

18. Esensi dari Penelitian Tindakan Kelas adalah ...
A. Memperbaiki proses pembelajaran
B. Menetapkan praktik secara terencana.
C. Mengubah keadaan kelas sesuai kemauan guru.
D. Menetapkan fokus penelitian secara cermat.
E. Melaksanakan interpretasi pada praktik penelitian.

Jawaban : A
Pembahasan: Penelitian Tindakan Kelas digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran, bukan untuk memperbaiki hasil belajar.

19. Masalah yang sulit dan sering dilupakan dalam pembelajaran sejarah yakni dalam ...
A. Menjelaskan masalah-masalah dalam pembelajaran secara faktual
B. Membelajarkan konsep-konsep utama dalam sejarah
C. Membelajarkan materi sejarah secara kronologis dan tematis
D. Menganalisis materi metakognitif
E. Membelajarkan nilai dalam setiap peristiwa sejarah

Jawaban : E
Pembahasan: Tujuan belajar sejarah yaitu untuk membuat orang bijaksana. Menjadi bijaksana melalui kegiatan mempelajari makna/hikmah peristiwa yang telah terjadi.Pembelajaran sejarah masih berorientasi kepada penguasaan materi dan mengabaikan nilai/makna/hikmah dari peristiwa masa lampau.

20. Seorang guru melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart maka langkah terakhir dalam satu siklus adalah ...
A. Observasi
B. Pelaksanaan tindakan
C. Pelaksanaan tindakan dan observasi
D. Perencanaan tindakan siklus II
E. Refleksi

Jawaban : E
Pembahasan : Tahapan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yakni Plan, act and Observe, refl ect.