Soal PPPK 2021 SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021

Soal PPPK 2021 SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK Untuk Guru Mata Pelajaran Ekonomi atau Tes Ujian Guru Ekonomi. Soal SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k terbaru soal p3k 2021

Soal SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k terbaru soal p3k 2021

Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal PPPK 2021 SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021


Soal PPPK 2021 SKB Ekonomi Pedagogik Tahun 2021 Tipe B

Soal 11.
Saat ini berkembang bentuk intrumen penilaian dengan meminta siswa untuk mengumpulkan dokumen dokumen yang menjadi buktibahwa siswa tersebut telah melakukan sesuatu yang disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk menunjukkan buktitentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini sering disebut dengan penilaian ...
A. Penugasan
B. Pengamatan
C. Portofolio
D. Praktik
E. Produk

Jawaban: C
Teknik penilaian dengan bentuk portofolio merupakan bentuk penilaian yang mensyaratkan siswa memiliki dan mengumpulkan bukti/buktidokumen yang akan menunjukkan bahwa dia telah memiliki kompetensi, pemahaman dan capaian dari sebuah pembelajaran. Melalui kumpulan dari dokumendokumen tersebut nantinya siswa akan dinilai apakah telah memenuhi syarat atau mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Soal 12. 
Seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.4 Menganalisis indeks harga dan infl asi, selanjutnya menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang berbeda-beda, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang
D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya

Jawaban: B
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan.
1. Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan
2. Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada be berapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.
3. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat di sampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat.
4. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas latihan perlu diperbanyak agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelatihan intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang di tetapkan.
5. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.

Soal 13.
Ibu Anggun seorang guru Ekonomi SMA ABC kelas XII, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.6 Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang, Analisis hasil penilaian, ternyata sebagian besar peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial yang sesuai adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya

Jawaban: C
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan. Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan.

Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.

Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat. 

Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas latihan perlu diperbanyak agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelatihan intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.

Soal 14.
Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM. Pengayaan dapat dilakukan melalui…
A. Belajar kelompok KD yang sama
B. Belajar mandiri KD selanjutnya
C. Belajar kelompok KD selanjutya
D. Belajar mandiri KD sebelumnya
E. Belajar kelompok KD sebelumnya

Jawaban: A
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:
Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara kelompok peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah.

Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan masalah nyata, tugas proyek, ataupun penelitian ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminati secara individu

Soal 15.
Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengertian dari …
A. Kompetensi Inti(KI)
B. Standar kompetensi lulusan (SKL)
C. Indikator
D. Standar Isi
E. Standar proses

Jawaban: C
Indikator merupakan penanda tercapainya kompetensi dasar dari sebuah mata pelajaran. Indicator harus dapat diukur dan diobservasi sehingga guru dapat menyimpulkan apakah KD telah tercapai atau belum.

Soal 16.
Berikut ini merupakan ketentuan dalam merumuskan indicator
a) Indikator dirumuskan/diturunkan dari KD
b) Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terukur
c) Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana, jelas dan mudah dipahami serta tidak bermakna ganda
d) Minimal harus berada pada level C4
e) Tiap indikator harus mengandung tiga ranah sekaligus (kognitif, afektif & psikomotor)
Yang bukan ketentuan dalam perumusan indikator adalah …
A. 1,2
B. 2,3
C. 3,4
D. 4,5
E. 1,5

Jawaban: D
Ketentuan umum dalam perumusan indicator sebuah KD adalah sepertinomor 1,2, dan 3, sedangkan 4 & 5 tidak, karena dalam indicator tidak harus selalu berada pada level C4, karena boleh ada pada level C1-C3. Selain itu tiap indikator juga tidak harus memuat 3 ranah sekaligus.

Soal 17.
Setiap guru pastiakan menghadapi permasalahan dalam proses belajar mengajar dikelas. Untuk itu setiap guru dituntut mampu melakukan pemecahan masalah yang terjadi. Salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan oleh guru dalam mencari solusi dari dari permasalahan yang terjadi dalam proses KBM adalah dengan …
A. Meminta solusi dari kepala sekolah
B. Mendatangkan konsultan pendidikan
C. Melakukan classroom action research
D. Menemui orang tua siswa
E. Berkonsultasi dengan dinas pendidikan

Jawaban: C
Classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan permasalahan yang ada dikelas. Tujuan dari PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah

Soal 18.
Salah satu tahapan dalam siklus PTK (penelitian tindakan kelas) adalah menyusun apa yang akan di la kukan untuk mengatasi/memberi solusi dari permasalahan tersebut. Hal ini mencakup segala keperluan pelaksanaan PTK, mulai dari materi/bahan ajar, rencana pengajaran yang mencakup metode/ teknik mengajar, serta teknik atau instrumen observasi/evaluasi. Tahapan ini adalah ...
A. Planning
B. Implementing
C. Observing
D. Refl ecting
E. Controlling

Jawaban: A
Tahap perencanaan (planning) dalam PTK adalah tahap pertama yang mencakup semua langkah tindakan secara rinci yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan. Segala keperluan pelaksanaan PTK, mulai dari materi/bahan ajar, rencana pengajaran yang mencakup metode/teknik mengajar, serta teknik atau instrumen observasi/evaluasi, dipersiapkan dengan matang pada tahap perencanaan ini.

Soal 19.
Menurut undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dalam pasal 20: Merencanakan pembelajaran; Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu; Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran; Membimbing dan melatih peserta didik/siswa; Melakukan penelitian; Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada kegiatan pokok yang sesuai; dan Meningkatkan dan mengembangkan kualifi kasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan. Ini semua merupakan ....
A. Fungsi guru
B. Tugas guru
C. Fungsi dosen
D. Tugas dosen
E. Tugas instruktur

Jawaban: B
Menurut undang-undang No 14/2005 tentang guru dan dosen pasal 20 menyatakan hal-hal tersebut merupakan tugas dari seorang guru.

Soal 20.
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan secara tatap muka didalam kelas, akan tetapi dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh (distance learning). System ini menggabungkan proses pembelajaran jarak jauh dengan prinsip-prinsip dalam pembelajarn dengan teknologi. Pembelajaran ini biasanya berbasis web yang bias diakses menggunakan jaringan internet dimanapun tempat pebelajar berada. Hal ini sering disebut dengan …
A. E-Learning
B. Blended learning
C. Learning by doing
D. Self-learning
E. Effi cient learning

Jawaban: A
E-learning adalah system pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dan digabungkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (non face-to-face learning) yang bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet dimana saja berada.

Soal 21.
Salah satu pendekatan pembelajaran Ekonomi di SMA/MA di kurikulum 2013 revisi adalah pendekatan saintifi k langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifi k yang benar adalah sebagai berikut…
A. Mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, menanya dan mengkomunikasikan
B. Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
C. Menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
D. Mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
E. Mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan

Jawaban: B
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV, proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
• Mengamati;
• Menanya;
• Mengumpulkan informasi/eksperimen;
• Mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
• Mengkomunikasikan

Soal 22. 
Kegiatan memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik dari eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamatiyang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya dan menyimpulkan pola dari keterkaitan informasi tersebut merupakan salah satu bagian dari langkah pembelajaran saintifik, yaitu …
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mengumpulkan informasi
D. Mengasosiasikan
E. Mengkomunikasikan

Jawaban: D
Mengasosiasikan dalam langkah pembelajaran saintifi k merupakan kegiatan mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan kemudian menemukan kaitan antar informasi tersebut serta membuat kesimpulan dari informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Soal 23.
Seorang guru Ekonomi kelas XI SMA, sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pada KD. menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi, setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tersebut, salah satu tujuan pembelajaran yang disusun adalah mengidentifi kasi manfaat pendapatan nasional dengan jujur dan percaya diri. Termuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus
D. SKL
E. Kurikulum

Jawaban: B
Tujuan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Juga memuat gambaran proses dan hasil belajar yang akan dilakukan didalam pembelajaran. Sesuai dengan Lampiran peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efi sien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fi sik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas
a. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
b. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. Kelas/semester;
d. Materi pokok;
e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan
mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamatidan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. Penilaian hasil pembelajaran.

Soal 24.
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.
E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar yang akan diguanakan.

Jawaban: A
Silabus penjabaran lebih lanjut dari kompetensi intidan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai kompetensi intidan kompetensi dasar.

Sedangkan RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen Pembelajaran (rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dikelas) untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi silabus

Soal Sebelumnya 👉 SKB Ekonomi PPPK