Soal PPPK 2021 SKB Sejarah Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK 2020 Untuk Guru Mata Pelajaran Sejarah atau Tes Ujian Guru Sejarah . Soal SKB Pedagogik Sejarah Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik Sejarah p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021
Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal Sejarah 2021 SKB Sejarah Pedagogik Tahun 2021
Soal PPPK Pedagogik Sejarah Tahun 2021 Tipe A
1. Pendekatan saintifi k diterapkan agar peserta didik dapat menemukan pengetahuan secara mandiri melalui fasilitasi dari guru. Pendekatan ini diterapkan agar pengetahuan yang didapat siswa tahan lama. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa ...
A. Ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami.
B. Konstruktivisme merupakan teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruktif (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain
C. Pendekatan saintifi k menghela aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/ membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut
D. Pendekatan saintifi k merupakan pendekatan pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa
E. Pendekatan saintifi k sesuai dengan teori perkembangan otak hubungannya dengan fenomena belajar
Jawaban : A
Pembahasan : Konstruktivisme adalah teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk meng konstruksi (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain. Pendekatan saintifi k menekankan pada aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu pro ses membangun pengetahuan tersebut.Teori ini bertitik tolak dari pandang an bahwa ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, maka pengetahuan ter sebut akan lebih diingat dan dipahami, sehingga pengetahuan yang didapat lebih tahan lama.
2. Salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran sejarah dapat berjalan sesuai yang direncanakan adalah ...
A. Kesulitan materi
B. Karakteristik siswa
C. Sarana prasarana
D. Ketersediaan sumber
E. Kemampuan siswa
Jawaban : C
Pembahasan : Ada banyak pertimbangan berkait dengan pemilihan metode dan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah. Salah satu dari pertimbangan tersebut adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung untuk implementasi metode dan media tersebut. Keberadaan sarana dan prasarana ini menjadi Jawabanketerlaksanaan penerapan metode dan penggunaan media. Sebagai contoh untuk pengembangan metode pembelajaran dengan media powerpoint minimal harus tersedia aliran listrik, LCD, dan perangkat komputer
3. Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran masa lampau. Pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu ...
A. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau
B. Pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk dapat menelusur peristiwa masa lampau
C. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau
D. Pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan pengamatan peristiwa masa lampau
E. Pembelajaran dengan menggunakan banyak media
Jawaban : B
Pembahasan : Mengingat pembelajaran sejarah adalah mengkaji peristiwa masa lampau maka siswa perlu diberikan ruang untuk dapat menelusur peristiwa masa lampau melalui berbagai sumber dan berbagai media.
4. Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya sendiri seperti dalam portofolio dengan pertimbangan untuk ...
A. Menumbuhkan rasa tanggung-jawab siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan
B. Siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum dimasukkan ke dalam portofolionya
C. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki semua karya-karyanya yang baik
D. Agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan adanya kerjasama tersebut
E. Mempelajari sendiri dan membantu pekerjaan guru dalam melakukan penilaian kemampuan belajar peserta didik
Jawaban : A
Pembahasan : Penilaian protofolio dapat digunakan sebagai teknik melatih tanggungjawab peserta didik terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan sebagai alat untuk refleksi atas penguasaan materi.peserta didik dapat memperbaiki karyanya yang belum mencapai standar tertentu.
5. Penilaian yang paling dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah …
A. Penilaian obyektif
B. Penilaian subyektif
C. Penilaian otentik
D. Penilaian produk
E. Penilaian berkesinambungan
Jawaban : B
Pembahasan : Penilaian yang paling tepat untuk mengetahui kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah penilian otentik. Penilaian ini dapat menggambarkan kemampouan riil siswa secara komprehensip karena penilaian ini dilakukan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran dengan segala aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Jadi penilaian ini tidak hanya berupa laporan hasil ujian dan ulangan saja tetapi segala aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung.
6. Untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa yaitu ...
A. Foto-foto yang menggambarkan peristiwa munculnya reformasi
B. Buku teks sejarah tentang peristiwa munculnya reformasi
C. Buku cerita tentang peristiwa munculnya reformasi
D. Orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa munculnya reformasi
E. Korban-korban keganasan militer pada masa reformasi
Jawaban : D
Pembahasan : Untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa disamping sumber-sumber tertulis adalah orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa munculnya reformasi, karena merekalah yang dapat memberikan gambaran secara nyata mengenai peristiwa yang terjadi pada masa peristiwa munculnya refromasi
7. Peserta didik diajak untuk fi eldtrip ke candi yang jaraknya dekat dengan sekolah. Candi dalam konteks ini berfungsi sebagai ...
A. Alat belajar
B. Hasil budaya
C. Sumber belajar
D. Peninggalan sejarah
E. Pendorong peserta didik lebih aktif belajar
Jawaban : C
Pembahasan : Sumber belajar efektif, tidak abstrak adalah yang konkrit dan mendekatkan peserta didik pada objek yang nyata/sesungguhnya. Salah satu dari sumber belajar tersebut adalah candi
8. Penggunaan peta dalam pembelajaran sejarah diperlukan untuk ...
A. Memudahkan pemahaman siswa tentang kronologi terjadinya suatu peristiwa
B. Menunjukkan lokasi-lokasi tempat terjadinya suatu peristiwa
C. Menggambarkan keadaan yang terjadi pada suatu peristiwa
D. Menunjukkan situasi yang terjadi pada suatu peristiwa
E. Menunjukkan keadaan alam di mana suatu peristiwa terjadi
Jawaban : B
Pembahasan : Peta juga berfungsi sebagai media belajar juga sumber belajar. Mempelajari lokasi, letak, konektivitas antar wilayah maka peta merupakan media yang wajib digunakan untuk memperjelas pemahaman peserta didik.
9. Jika kompetensi dasar tertulis “Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara”, maka indikator yang tepat yaitu....
A. Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia
B. Menunjukkan lokasi penemuan manusia purba
C. Mengidentifi kasi mata pencaharian pada masa pra-aksara
D. Menjelaskan kapan ditemukan api pada masa pra aksara
E. Menganalisis asal-usul kedatangan nenek moyang Indonesia
Jawaban : C
Pembahasan : Kehidupan meliputi semua aspek kegiatan yang dilakukan manusia, meliputi mata pencaharian, peralatan, kesenian, kemasyarakatan, pengetahuan, bahasa, dan kehidupan keagamaannya.
10. Indikator pencapaian pembelajaran yakni “Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia”, maka salah tujuan pembelajaran yang tepat yaitu peserta didik mampu ...
A. Menjelaskan daerah asal migrasi nenek moyang
B. Mengidentifi kasi kebudayaan yang dibawa oleh nenek moyang bangsa Indonesia
C. Mendeskripsikan alat-alat yang dipakai nenek moyang bangsa Indonesia
D. Menjelaskan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia
E. Menggambarkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
Jawaban : E
Pembahasan : Tujuan pembelajaran dirumuskan dari indikator. Indicator pembelajaran adalah “Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia”, sehingga salah satu tujuan pembelajarannya adalah menunjukkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
Soal Berikutnya