Langkah-Langkah Memproses Reservasi walking quest dan telepon

Jaman yang serba modern seperti saat ini, proses reservasi bisa juga dilakukan oleh calon penumpang dengan berbagai cara. Banyak maskapai penerbangan telah menyediakan fasilitas pelayanan pemesanan tiket melalui internet dengan situs-situs yang mudah dipahami oleh calon penumpang, sehingga memungkinkan calon penumpang untuk melakukan pemesanan secara langsung (direct).



Baca Juga :


Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya  bahwa saluran reservasi bisa langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Alat atau media yang digunakan oleh calon penumpang juga bermacam- macam, antara lain melalui telepon, faximile, e-mail, atau datang langsung ke kantor yang bersangkutan.

Dalam artikel ini akan dibahas langkah-langkah sederhana dalam membuat atau melayani pemesanan tiket baik oleh staff maskapai penerbangan maupun agen perjalanan untuk pelanggan yang datang langsung (walking guest) dan melalui telepon.

Langkah-langkah penanganan untuk walking guest:
  1. Mengucapkan salam sesuai standar perusahaan (greeting).
  2. Mengucapkan selamat datang dan mempersilahkan duduk (welcoming).
  3. Menawarkan bantuan dan menanyakan nama tamu, agar terlihat lebih sopan dan akrab.
  4. Menanyakan: rute, tanggal, kelas dan jumlah penumpang serta maskapai yang diinginkan.
  5. Meminta tamu untuk menunggu sebentar sementara anda mengecek ketersediaan tempat duduk.
  6. Memberikan informasi tentang ketersediaan tempat duduk dan meminta tamu untuk memilih atau menentukan penerbangan yang diinginkan.
  7. Setelah tamu memilih, kemudian meminta data penumpang sesuai identitas dan nomer telepon yang bisa dihubungi.
  8. Membukukan data tersebut kedalam sistem kemudian membacakan data reservasi yang telah diproses.
  9. Menanyakan apakah tiket langsung diterbitkan (iisued) atau tidak.
  10. Jika tiket tidak langsung diisued berikanlah informasi tentang batas waktu penerbitannya (time limit) dan PNR atau kode booking.
  11. Jika pelanggan ingin langsung menerbitkan tiketnya, maka tanyakanlah tentang bentuk pembayarannya.
  12. Konfirmasi ulang dengan memastikan semua data yang diberikan adalah data yang benar.
  13. Meminta tamu untuk menunggu sebentar sementara proses issued dilakukan.
  14. Menyerahkan tiket dan invoice yang telah diissued (menggunakan amplop) kepada tamu dan menginformasikan pembayarannya.
  15. Memberikan saran (remind) tentang waktu melapor di bandara (check-in) dan ketentuan membawa bagasi.
  16. Mengucapkan terimakasih dan harapan semoga perjalanannya menyenangkan serta salam.

Info Terkait:

Langkah-langkah pelayanan via telepon:
  1. Mengangkat telepon tidak lebih dari 3 kali deringan
  2. Mengucapkan salam sesuai standar perusahaan (greeting).
  3. Menawarkan bantuan dan menanyakan nama tamu, agar terdengar lebih sopan dan akrab.
  4. Menanyakan: rute, tanggal, kelas dan jumlah penumpang serta maskapai yang diinginkan.
  5. Meminta penelpon untuk menunggu sebentar sementara anda mengecek ketersediaan tempat duduk.
  6. Memberikan informasi tentang ketersediaan tempat duduk dan meminta tamu untuk memilih atau menentukan penerbangan yang diinginkan.
  7. Setelah penelpon memilih, kemudian meminta data penumpang sesuai identitas dan nomer telepon yang bisa dihubungi.
  8. Membukukan data tersebut kedalam sistem kemudian membacakan data reservasi yang telah diproses.
  9. Menanyakan apakah tiket langsung diterbitkan (iisued) atau tidak.
  10. Jika tiket tidak langsung diisued berikanlah informasi tentang batas waktu penerbitannya (time limit) dan PNR atau kode booking.
  11. Jika pelanggan ingin langsung menerbitkan tiketnya, maka tanyakanlah tentang bentuk pembayarannya.
  12. Konfirmasi ulang dengan memastikan semua data yang diberikan adalah data yang benar.
  13. Menanyakan alamat pengantaran tiket.
  14. Mengucapkan terimakasih dan salam.