Industri jasa angkutan penerbangan | Manfaat reservasi, Tugas dan Fungsi Bagian Reservasi
Industri jasa angkutan penerbangan
Industri jasa angkutan penerbangan merupakan suatu usaha atau bisnis yang melibatkan teknologi tinggi, jangkauan produk yang sangat luas, biaya investasi yang sangat tinggi, dan mempunyai produk yang mudah rusak dan tidak dapat disimpan lagi apabila pesawat telah berangkat. Oleh karena itu, bagi maskapai penerbangan peranan sistem reservation ini merupakan bagian yang mempunyai peranan sangat penting sebagai salah satu alternatif saluran distribusi dan dalam hal usaha untuk mencapai penjualan tempat duduk di pesawat secara maksimal dan memberikan pelayanan prima jasa penerbangan udara bagi calon penumpangnya.
Manfaat reservasi bagi maskapai penerbangan adalah sebagai berikut:
- Sebagai sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
- Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi.
- Mempermudah dan memperlancar proses penjualan.
- Dapat mempersiapkan dan memberikan layanan kepada penumpang secara maksimum
- Efisien
Manfaat adanya proses reservasi ini tidak hanya dirasakan oleh maskapai penerbangan saja, melainkan bagi penumpang juga, antara lain:
- Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana perjalanan.
- Sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian terhadap rencana perjalanan.
- Efisien.
Dalam dunia penerbangan dikenal bermacam-macam reservasi, yaitu:
1. Dilihat dari proses pengerjaannya
- Manual Reservation System
- Computerized Reservation System (CRS)
2. Dilihat dari pengorganisasiannya
- Local Reservation
- Flight Control Point
- Central Reservation Control
3. Dilihat dari jumlah penumpangnya
- Individual reservation
- Group reservation
4. Dilihat dari segi salurannya
- Direct reservation
- Indirect reservation
Tugas dan Fungsi Bagian Reservasi
Tugas Bagian Reservasi
Tugas bagian reservasi dapat dibagi kedalam beberapa bidang, yaitu:
a. Bidang penyediaan tempat
- Mengawasi penjualan seat pada penerbangan termasuk pemesanan dan pembatalannya.
- Mengusahakan revenue semaksimal mungkin.
b. Bidang permintaan khusus
- Meneruskan permintaan-permintaan khusus penumpang kepada bagian-bagian yang bersangkutan, seperti permintaan hotel, kendaraan, makanan khusus selama penerbangan dan lain-lain.
c. Bidang penjualan
- Menyarankan perubahan penerbangan apabila diperlukan sehubungan dengan kondisi penjualan.
- Membantu ketidakteraturan dalam penjualan dibidang reservasi dan tindakantindakan yang perlu dilaksanakan untuk suatu perbaikan-perbaikan.
- Memberikan laporan kepada bagian penjualan mengenai angka-angka pengangkutan.
- Membuat rencana untuk masa yang akan datang dengan memperhatikan penjualan dan analisa pasar.
- Memberikan revenue atau pendapatan setinggi mungkin kepada perusahaan
Fungsi Bagian Reservasi
Fungsi bagian reservasi adalah:
- Melaksanakan penyediaan tempat (seat) dan ruang (space) yang diminta oleh agen perjalanan atau saluran lain.
- Melaksanakan pengawasan penjualan dengan menghitung penjualan yang akan atau sudah dilakukan sehingga tidak terjadi kelebihan penjualan (overload/oversales)
- Mengusahakan revenue setinggi-tingginya dalam pengangkutan dengan menghitung biaya yang tepat untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
- Meneruskan permintaan khusus kepada pihak-pihak yang bersangkutan, misalnya STCR, BSCT, XBAG, WCHC, dan permintaan makanan khusus seperti: MOML, KSML, NSML. LCML