Makalah Cerpen Lengkap, Cerpen menurut KBBI adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerpen diceritakan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan, atau menyenangkan dan mengandung pesan yang tak mudah dilupakan. Kisah yang diungkapkan dalam cerpen bisa bertolak pada realita atau rekaan yang dibungkus oleh imajinasi, atau juga kisah imajinasi yang dihubungkan dengan realita. Dengan itu dapat dipahami oleh pembaca dan pembacapun memperoleh hiburan batin atau pengalaman batin dalam menikmati nilai sastra yang terdapat di dalamnya. Sedangkan suatu cerita dapat diperoleh melalui sesuatu yang dipikirkan, yang disaksikan, atau yang dialami oleh pengarang sendiri dan kemudian direka-reka menjadi suatu karya yang bernilai.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Menulis adalah suatu kegiatan menuangkan ide atau pemikiran yang berbentuk pesan ke dalam media tulis. Menuls praktis menurut KBBI adalaah menulis mudah atau senang melakukannya dengan menentukan objek dan langsung menuangkan ide. Menulis juga banyak ragamnya. Dalam hal ini penulis akan membahas mengenai karangan fiksi.
Karangan fiksi merupakan karangan yang berupa cerita rekaan atau kisah nyata yang dibungkus dengan imajinasi pengarangnya. Jika dilihat dari bahasa yang digunakan, karangan fiksi ini menggunakan bahasa konotatif dan bahasa yang komunikatif dan pragmatis. Komunikatif yang dimaksud, baik dengan pembacanya maupun dengan situasi yang diungkapkan di dalam karangan tersebut. Jika dilihat dari tujuannya, karangan fiksi ini bersifat menghiburdan menceritakan suatu peristiwa atau kisah untuk memperluas pengalaman pembaca baik lahir maupun batin, bahkan lebih jauh dalam karangan fiksi biasanya terdapat tendensi nilai-nilai yang ingin diterapkan kepada pembaaca.
Cerpen menurut KBBI adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerpen diceritakan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan, atau menyenangkan dan mengandung pesan yang tak mudah dilupakan.
Kisah yang diungkapkan dalam cerpen bisa bertolak pada realita atau rekaan yang dibungkus oleh imajinasi, atau juga kisah imajinasi yang dihubungkan dengan realita. Dengan itu dapat dipahami oleh pembaca dan pembacapun memperoleh hiburan batin atau pengalaman batin dalam menikmati nilai sastra yang terdapat di dalamnya. Sedangkan suatu cerita dapat diperoleh melalui sesuatu yang dipikirkan, yang disaksikan, atau yang dialami oleh pengarang sendiri dan kemudian direka-reka menjadi suatu karya yang bernilai.
Cerpen juga merupakan karya sastra. Dalam hal ini akan di kaji oleh penulis mengenai menulis teknis atau praktis cerpen.
Sebagai generasi masa depan, kita sebagai generasi muda haruslah giat melakukan kegiatan menulis. Supaya kegiatan menulis tidak hilang dimakan zaman yang semakin modern ini yang penuh dengan ilmu-ilmu baru, yang bisa mengecoh anak-anak bangsa terhadap masa depan bangsanya. Selain dari itu kita juga ikut mengembangkan dan melestarikan budaya menulis agar tetap ada dan bisa menuangkan segala ide dan pemikiran dalam sebuah media tulis.
B. Tujuan Penulisan makalah
Tujuan dibuatnya makalah ini adalaah untuk mendeskripsikan dan mengkaji mengenai Menulis Teknis atau Menulis Praktis Cerpen. Serta untuk mengetahui apa saja yang akan dibahas dalam makalah mengenai Menulis Teknis atau Menulis Prakltis Cerpen.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Cerpen
Sebelum kita menuulis sebuah cerpen ada baiknya kita paham dulu mengenai cerpen. Sebenarnya tidak ada kata baku untuk mendifinisikan cerpen. Antara satu sastrawan dengan sastrawan lain memiliki rumusan yang tidak sama. Punketika kita mencoba googling dengan keyword pengertian cerpen dari sekian hasil yang muncul merumuskan dan menjabarkan dengan cara yang berbeda meskipun intinya menjurus kepada suatu kesimpulan bahwa cerpen adalah cerita rekaan yang pendek. Pendek disini bukan berarti hanya terdiri dari satu halaman saja, tapi biasanya sampai beberapa halaman.
Salah seorang sastrawan A. Bakar Hamid memberi batasan yang dapat disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitasnya, yaitu banyaknya jumlah kata yang dipakai: antara 500-20.000 kata. Pengertian cerpen menurut para ahli Menurut Wikipedia cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya biasa dalam berbagai jenis.
Menurut PLATO, cerpen (karya sastra) adalah tiruan dari kehidupan nyata. Cerpen ditulis berdasarkan imajinasi pengarangnya. Imajinasi tersebut sering kali bermula dari pengalaman pengarang yang paling mengesangkan, baik itu berupa kesedihan, keharuan, kebahagiaan, maupun ketaatan beragama.
Seorang penulis cerpen pun seringkali mengamati kehidupan seseorang untuk mendapatkan ide cerita. Kebiasaan tersebut dapat membangkitkan imajinasi bagi seseorang untuk menulis cerpen.
Setelah kita pahm tetang pengertian cerpen hala lain yang perlu dipahami sebelum kita menulis cerpen yakni Unsur-unsur cerpen nah berikut penjelasan singkat mengenai hal tersebut.
B. Unsur-unsur Cerpen
Cerpen sebagai salah satu karya rekaan (fiksi), merupaka satu kesatuan yang terdiri dari berbagai unsur. Unsur-unsur itu saling berkaitan, tidak terpisahkan satu sama lain. Dan secara bersama-sama membentuk cerita (Rusyana, 1982 : 65) Unsur-unsur yang membentuk cerpen terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.
Unsur intrinsik adalah isi sustu karya sastra yang berkaitan dengan kenyataan-kenyataan di luar karya sastra itu (sukada, 1993 : 63).unsur intrinsik terdiri dari tema, alur, penokohan, latar, setting, gaya bercerita, sudut pandang, amanat, dan lain-lain.
1. Tema
Sumarjo dan saini mengemukakan definisi tema adalah ide sebuah cerita (1991 : 56) sedang Hartako dan Rachmanto mendefinisikan tema sebagai anggapan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra, dan yang terkandung dalam teks sebagai unsur sematis (dalam Nurgiyantoro, 1998 : 68). Kedudukan tema dalam cerpen sangat penting. Tema merupakan inti cerita mengikat keseluruhan unsure-unsur intrinsik. Kehadiran unsur-unsur seperti alur, latar, penokohan dan lain-lain adalah sebagai pendukung dari tema.
2. Alur
Alur adalah struktur naratif bagi seluruh cerita dan harus dapat menjalankan tugasnya dalam menyelesaikan gagasan hingga menjadi satu kesatuan cerita yang utuh didalam pengesahan cerita (Sudirman, 1991 : 31). Selanjutnya menurut Sudirman, pengaluran dalam suatu cerita adalah pengeluaran urutan penampilan peristiwa untuk memenuhi berbagai tuntutan sehingga peristiwa itu dapat tersusun dalam hubungan sebab akibat. Pendapat itu dipertegas oleh sumardjodan Saini dengan mengemukakanbahwa alur adalah rangkaian peristiwa yang satu sama lain ditimbulkan dengan hubungan sebab akibat. Peristiwa A adalah penyebab terjadinya peristiwa B, peristiwa B penyebab peristiwa C, dan seterusnya (1999 : 139). Menurut Sumardjo dan saini alur terdiri atas alur mundur, alur maju, alur maju mundur dan alur gabungan (1991 : 434). Selanjutnya masih menurut Sumardjo dan Saini, alur dapat dipecah lagi menjadi bagian-bagian berikut :
1. pengenalan;
2. timbul konflik;
3. konflik memuncak;
4. klimaks;
5. pemecahan masalah (1991 : 44).
Esten juga menyatakan bahwa alur dapat dibangun oleh bagian-bagian berikut ini :
1. situation, bagaimana pengarang melukiskan keadaan;
2. generating ciraanstance, peristiwa mulai bergerak;
3. rising action, keadaan mulai memucak;
4. climax, peristiwa mencapai klimaks.;
5. decoument, pengarang memberikan peristiwa.
Dari uraian diatas, dapat penulis kemukakan bahwa alur harus mempunyai rakaan dapat dirangkapkan dengan berbagai cara. Alur harus mempunyai hubungan yang jelas dengan unsur-unsur lain dalam cerita. Dalam alur terlihat perkembangan cerita, juga struktur urutan kejadian atau peristiwa dalam cerita yang disusn secara logis, terjalin dalam hubungan sebab akibat.
3. Penokohan.
Jones dalam Nugiyantoro mengemukakan bahwa penokohan adalah gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita (1998 : 165), atau penokohan karakter adalah bagaimana cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan watak tokoh-tokoh dalam cerita rekaan (Esten, 1994). Tokoh dalam cerpen bias banyak, tetapi berperang sebagai tokoh utama biasanya tidak lebih dari dua orang. Tokoh lain berfungsi sebagai penegas keberadaan tokoh utamanya. Tokoh utama biasanya menjadi sentral cerita, baik protagonist ataupun antagonis. Menurut Sumardjo dan Saini melukiskan watak tokoh dalam cerita dapat dengan cara sebagai berikut:
- Melalui perbuatan, terutama sekali bagaimana ia bersikap dalam menghadapi situasi kritis;
- Melalui ucapan-ucapannya;
- Melalui gambaran fisiknya;
- Melalui keterangan langsung yang ditulis oleh pengarang (1991 : 65-66).
Sudirman menyebutkan ada dua metode untuk menggambarkan watak tokoh, yaitu metode analitik dan metode dramatic. Metode analitik, biasa bias juga di sebut metode peran adalah pemaparan watak tokoh secara rinci baik ciri fisik maupun psikisnya. Sedang metode dramatik (metode ragam) adalah penggambaran watak tokoh melalui pikiran, Ucapan, tingka laku tokoh, lingkungan ataupun dari penampilan fisik saja.
4. Latar atau Setting.
Latar atau setting mengarah pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan social tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan (Abrams dalam Nurgiantoro, 1998 : 216), latar bukan hanya menunjukkan tempat dalam waktu tertentu, tetapi juga ada hal-hal lainnya. Menurut Kenney dalam Sudjiman, latar meliputi penggambaran lokasi geografis, termasuk topografi pemandangan, sampai pada rincian perlengkapan sebuah ruangan, pekerjaan atau kesibukan sehari-hari tokoh-tokoh, waktu berlakunya kejadian, sejarahnya, musim terjadinya, lingkungan agama, moral, emosional para tokoh (1991 : 44). Fungsi latar adalah memberikan informasi tentang situasi bagaimana adanya, merupakan proyeksi keadaan bating para tokoh.latar kaitannya dengan unsur-unsur lain, sebagai penokohan. Gambaran latar yang tepat bias menentukan gambaran watak tokoh. Latar dan unsur-unsur lain saling melengkapi agar bias menampilkan cerita yang utuh.
5. Gaya Bercerita
Gaya adalah cara khas pengungkapan seseorang dalam menyampaikan cerita, bukan gaya bahasa. Setiap pengarang memiliki gaya yang khas dan berbeda dengan pengarang lainnya. Gaya erat kaitannya dengan cara pandang dan berfikir pengarang. Hal itu tercermin dalam bagaimana seseorang memilih tema, kata-kata, persoalan, dan meninjau persoalan hingga bias mencerminkannya dalam sebuah cerita (Sumardjo dan Saini, 1991:2).
6. Sudut Pandang
Sudut pandang adalah hubungan yang ada diantara pengarang dengan fiktif rekaannya, atau pengarang dengan pikiran dan perasaan para tokoh (tarigan, 1984 : 140). Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah fiksi, kapada pembaca. Harry Shaw dalam sudjirman menyatakan bahwa sudut pandang pemisah meliputi:
- Sudut pandang fisik, yaitu posisi dalam ruang dan waktu yang digunakan pengarang dalam pendekatan materi cerita;
- Sudut pandang mental, yaitu perasaan dan sikap pengarang terhadap cerita;
- Sudut pandang pribadi, yaitu hubungan yang dipilih oleh pengarang dalam membawakan cerita sebagai orang pertama, kedua atau orang ketiga (1991 : 76).
Sedangkan Nurgiantoro membedakannya dalam tiga bentuk yaitu
a). sudut pandang pesona, “aku” terlibat dalam cerita dan bertindak sebagai pencerita,
b). sudut pandang pesona ketiga,
c). sudut pandang antara pesona dengan ketiga (1998 : 76).
Berdasarkan pendapat di atas, penulis menyimpulkan bahwa sudut pandang merupakan strategi, dan teknik yang sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasannya dalam bentuk cerita.
7. Amanat
Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca. Akhir permasalahan ataupun jalan keluar dari permasalahan yang timbul dalam sebuah cerita, keduanya bias disebut amanat. Rusyana mengemukakan pendapatnya tentang amanat, sebagai renungan yang disajikan kembali kepada pembaca (1982 : 74). Nurgiantoro membaginya dalam dua wujud atau bentuk, yaitu bentuk penyampaian langsung dan penyampaian tak langsung (1998 : 335).
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Cerpen atau Cerita Pendek sering sekali kita temukan diberbagai media massa bahkan dipelajaran sekolah, bener nggak sobat terpopuler? Walaupun sudah sering sekali mendengar kata Cerpen atau Cerita Pendek namun ternyata masih banyak juga yang belum terlalu memahami apa itu Pengertian Cerpen dan apa saja ciri-ciri cerpen. Oleh karena itu, kali ini ayo kita sama-sama membahas tentang Pengertian Cerpen dan ciri-ciri cerpen serta tidak lupa Unsur Intrinsik Cerpen dan Unsur Ekstrinsik Cerpen.
Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah salah satu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra, seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insightsecara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Sedangkan Menurut Sumardjo dan Saini Cerpen atau cerita pendek adalah cerita atau parasi fiktif yang dibuat relatif singkat atau pendek.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, ada beberapa saran antara lain:
- Penulis berharap para pembaca tidak hanya membaca makalah ini dengan iseng-iseng, tetapi pembaca mau mempelajari isi dari makalan ini untuk pengetahuan atau penngamalan di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pendidikan.
- Pembaca diharapkan untuk dapat mengambil kebaikan-kebaikan yang terdapat dalam makalah ini, serta bisa mengamalkannya dalam kehidupan.
- Pembaca juga diharapkan untuk dapat memberikan pengarahan apabila dalam makalah ini masih terdapat kekurangn atau kesalahan, guna untuk memberikan motifasi kepada penulis untuk lebih baik lagi dalam menyusun malakah.
DAFTAR PUSTAKA
Djuri, O. Setawan. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Adul, J. S. 1985. Bahasa Indonesia Baku. Jakarta: PT Gramedia.
Nafiah, A. Hadi. 1981. Anda Ingin Jadi Pengarang. Surabaya: Usaha Nasional.
Tarigan, Djago. 1981. Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Angasa.