Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Makalah Lengkap - Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat dinamis dengan segala liku-liku permasalahannya. Sejak diproklamirkan kebangsaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan saat ini, bangsa dan negara Indonesia telah mengalami pasang surut dalam instrumentasi dan praktisi kehidupannya, walaupun secara formal landasan filosofonya tetap, yakni pancasila.

Kini konteks kehidupan global itu ditandai oleh semakin terbukanya kerja sama dan sekaligus persaingan antarbangsa/antar negara, yang berarti juga semakin kompleksnya bangsa Indonesia mengarungi era reformasi diberbagai bidang kehidupan masyarakat.

Dalam proses perjalanan bangsa Indonesia menuju masyarakat madani, yakni masyarakat bangsa dan negara yang berpijak dari dan bermuara pada konsep dan nilai Pancasila dan UUD 1945, sebagai salah satu muatan kurikulum pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi, perlu menyesuaikan diri secara adaptif dan koheren dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah.  Pada hakikatnya proses pembangunan karakter dan bangsa harus dengan sengaja dimaksudkan untuk membangun masyarakat bangsa dan negara Indonesia yang demokratis, religius, beradab, bersatu, dan berkeadilan sosial.

Dalam proses itulah, pembangunan karakter dan bangsa harus disikapi dan diperlukan sebagai kebutuhan yang sangat mendesak yang secara konseptual dan programatik memerlukan pola pemikiran atau paradigma baru.

Misi PKn dengan paradigma barunya adalah mengembangkan pendidikan demokrasi yang secara psikopedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga karakteristik pokok warga negara yang demokratis, yakni kecerdasan wargan negara, tanggung jawab warga negara, dan partisipasi warga negara

B. Rumusan Masalah 
1. Apa pengertian paradigma baru PKn SD?
2. Apa saja karakteristik warga negara yang demokratis ?
3. Bagaimana model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara yang demokratis?
4. Apa tujuan  dari paradigma  baru pembelajaran PKn?

C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian paradigma baru PKn SD
2. Untuk mengetahui karakteristik warga negara yang demokratis
3. Untuk mengetahui model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara yang demokratis
4. Untuk mengetahui tujuan  dari paradigma  baru pembelajaran PKn

Selengkapnya Tentang BAB II PEMBAHASAN Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan

Download Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan

DOWNLOAD MAKALAH
Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan

KLIK UNTUK DOWNLOAD
Makalah paradigma baru PENDIDIKAN kewarganegaraan