Makalah Lengkap - Makalah Paradigma Baru Pendidikan
Kewarganegaraan di Sekolah Dasar
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia telah mengalami perkembangan yang
sangat dinamis dengan segala liku-liku permasalahannya. Sejak diproklamirkan
kebangsaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan saat ini,
bangsa dan negara Indonesia telah mengalami pasang surut dalam instrumentasi
dan praktisi kehidupannya, walaupun secara formal landasan filosofonya tetap,
yakni pancasila.
Kini konteks kehidupan global itu ditandai oleh semakin terbukanya kerja sama
dan sekaligus persaingan antarbangsa/antar negara, yang berarti juga semakin
kompleksnya bangsa Indonesia mengarungi era reformasi diberbagai bidang
kehidupan masyarakat.
Dalam proses perjalanan bangsa Indonesia menuju masyarakat madani, yakni
masyarakat bangsa dan negara yang berpijak dari dan bermuara pada konsep dan
nilai Pancasila dan UUD 1945, sebagai salah satu muatan kurikulum pendidikan
dasar, menengah, dan pendidikan tinggi, perlu menyesuaikan diri secara adaptif
dan koheren dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu
berubah. Pada hakikatnya proses pembangunan karakter dan bangsa harus
dengan sengaja dimaksudkan untuk membangun masyarakat bangsa dan negara
Indonesia yang demokratis, religius, beradab, bersatu, dan berkeadilan sosial.
Dalam proses itulah, pembangunan karakter dan bangsa harus disikapi dan
diperlukan sebagai kebutuhan yang sangat mendesak yang secara konseptual dan
programatik memerlukan pola pemikiran atau paradigma baru.
Misi PKn dengan paradigma barunya adalah mengembangkan pendidikan demokrasi
yang secara psikopedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga
karakteristik pokok warga negara yang demokratis, yakni kecerdasan wargan
negara, tanggung jawab warga negara, dan partisipasi warga negara
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian paradigma baru PKn SD?
2. Apa saja karakteristik warga negara yang demokratis ?
3. Bagaimana model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara yang
demokratis?
4. Apa tujuan dari paradigma baru pembelajaran PKn?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian paradigma baru PKn SD
2. Untuk mengetahui karakteristik warga negara yang demokratis
3. Untuk mengetahui model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara
yang demokratis
4. Untuk mengetahui tujuan dari paradigma baru pembelajaran PKn
Selengkapnya Tentang
BAB II PEMBAHASAN Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan
Download Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan
DOWNLOAD MAKALAH
Makalah Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan
KLIK UNTUK DOWNLOAD