Soal PPPK 2021 SKB PPKN Pedagogik Tahun 2021 Tipe B

Soal PPPK 2021 SKB PPKN Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK 2020 Untuk Guru Mata Pelajaran PPKN atau Tes Ujian Guru Geografi . Soal SKB Pedagogik PPKN Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik PPKN p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021

Soal SKB Pedagogik PPKN Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik PPKN p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021

Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal PPPK 2021 SKB PPKN Pedagogik Tahun 2021

Soal PPPK Pedagogik PPKN Tahun 2021 Tipe B

Soal 11
Seorang siswa memainkan handphone di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, maka reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah ...
A. Memberikan ancaman
B. Memberikan hukuman
C. Memberikan tugas tambahan
D. Memberikan peringatan
E. Mendekatisiswa tersebut

Kunci Jawaban: E
Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa memilih solusi jika ada siswa yang melakukan hal yang kurang baik dalam pembelajaran. Siswa diharapkan menjadi sadar dan tidak mengulanginya lagi. Dalam hal siswa memainkan handphone maka guru bisa mendekatinya dan bicara dari hati ke hati.

Soal 12
Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah ...
A. Menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim
B. Merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim pelanggar hukum
C. Mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim pelanggar hukum
D. Mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim pelanggar hukum
E. Memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara

Kunci Jawaban: B
Dalam praktik belajar kewarganegaraan maka sesuai dengan indikator pencapaian kompetensinya, maka siswa sebagai warga negara maka harus memiliki keterampilan kewarganegaraan. Terkait kasus di atas maka mereka harus bisa merancang usulan sanksi yang tepat bagi hakim yang sudah terbukti melanggar.

Soal 13
Ketika dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didikuntuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, maka tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ...
A. Mengamatilingkungan
B. Mengumpulkan informasi
C. Mengidentifi kasi masalah
D. Menemukan masalah
E. Merumuskan masalah

Kunci Jawaban: B
Dalam melakukan prosedur evaluasi pembelajaran maka guru harus mengarah pada pendekatan saintifik. Dalam kegiatan dimana guru yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sampah dikategirikan mengumpulkan informasi.

Soal 14
Penilaian pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru mengunakan instrumen yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, maka kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak ...
A. Objektif
B. Adil
C. Sahih
D. Akuntabel
E. Valid

Kunci Jawaban: B
Guru dalam merencanakan dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik dalam PPKn maka tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda hanya karena berbeda jenis kelamin, karena hal ini menjadi tidak adil. Guru dalam melakukan penilaian harus dilakukan dengan adil dan tidak membedakan latar belakang maupun jenis kelamin.

Soal 15
Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah ...
A. Tujuan pembelajaran diketahui
B. Teknik penilaian ditentukan
C. Penilaian telah dilaksanakan
D. Instrumen penilaian telah disusun
E. Kunci jawaban disusun

Kunci Jawaban: B
Sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyusun perencanaan penilaian pembelajaran. Setelah teknik penilaian ditentukan, maka guru mengembangkan kisi-kisi penilaian. Kisi kisi yang dibuat memuat materi, indikator pencapaian kompetensi, bentuk soal, tingkat kesukaran soal, dan berapa jumlah soal dari setiap indikator pencapaian kompetensi.

Soal 16
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ..
A. Lembar observasi
B. Produk
C. Projek
D. Skala sikap
E. Tes tertulis uraian

Kunci Jawaban: E
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah tes tertulis berupa uraian karena guru ingin menge tahui pemikiran peserta didik terkait makna yang itu akan lebih mendalam jika menggunakan uraian.

Soal 17
Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan artikebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ...
A. Membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional
B. Mengerjakan PR tentang makna dan artikebangkitan nasional 1908
C. Membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908
D. Membuat ringkasan isi buku Sukarno
E. Melakukan ulangan harian ulang

Kunci Jawaban: A
Menentukan jenis remidial harrus berdasarkan sebuah hasil penilaian. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan artikebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” yang paling tepat adalah membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional.

Soal 18
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifi kasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah ....
A. Jurnal
B. Projek
C. Unjuk kerja
D. Observasi
E. Tes tertulis

Kunci Jawaban: C
Unjuk kerja merupakan jenis instrumen penilaian yang tepat dipilih guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik sesuai IPK yang ada. IPK “mempresentasikan hasil identifi kasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” akan meminta peserta didik untuk tampil mempresentasikan hasil kerja peserta didik, dan penilaian yang sesuai adalah unjuk kerja

Soal 19
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran ...
A. Scientifi c approach
B. Cooperative learning
C. Contextual teaching and learning
D. Discovery learning
E. Project based learning

Kunci Jawaban: B
Salah satu cara yang bisa digunakan guru dalam inovasi pembelajaran maka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, karena ada banyak tipe sepertijigsaw, TGT, STAD dan lain-lain, sehingga dalam prosesnya akan bervariasi dan menyenangkan peserta didik. Melalui pembelajaran kooperatif peserta didik diajak untuk bekerjasama dengan teman lainnya dan mengembangkan salah satu bentuk keterampilan kewarganegaraan (civic skills).

Soal 20
Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Pada tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara ....
A. Membaca buku elektronik tentang dinamikaperan Indonesia dalam perdamaian dunia
B. Membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
C. Membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
D. Membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia
E. Melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945

Kunci Jawaban: B
Penggunaan teknologi baru dapat memberikan hasil yang maksimal dari peserta didik. Untuk menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia.

Soal Sebelumnya..👉 SKB PPKN Pedagogik PPPK