Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK Untuk Guru Mata Pelajaran Geografi atau Tes Ujian Guru Geografi . Soal SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k terbaru soal p3k 2021
Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021
Lihat Juga:
Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021 Tipe A
Soal 1.
Prinsip yang tepat digunakan untuk menggambarkan objek kajian geografi dalam bentuk tabel, gambar dan grafik. yaitu …
A. Peserta didik mencari tahu
B. Belajar berbasis mono sumber belajar
C. Pendekatan tekstual
D. Pembelajaran berbasis konten
E. Kebenarannya mono dimensi
Kunci A
Perhatikan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, yang dapat dikembangkan menjadi tabel, gambar, dan grafik yaitu!
1. Peserta didik mencari tahu
2. Belajar berbasis aneka sumber belajar
3. Kebenarannya multidimensi
4. Pendekatan tekstual
5. Pembelajaran berbasis konten
6. Pendekatan parsial
Soal 2.
Langkah utama yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengkaji fenomena geosfer menjadi objek formal dalam pembelajaran geografi yaitu ...
A. Membuat peta konsep
B. Menyiapkan model geosfer
C. Mendeskripsikan pengertian geosfer
D. Menjelaskan sumber literatur utama
E. Menetapkan alokasi waktu pembelajaran
Kunci A
Grossman (1990) dalam Peng (2013) mengemukakan bahwa PCK terdiri dari 4 komponen yaitu:
1. Menentukan tujuan untuk mengajarkan suatu materi melalui peta konsep,
2. Pemahaman tentang siswa,
3. Pemahaman tentang kurikulum, dan
4. Pemahaman tentang strategi pembelajaran.
Objek formal dalam geografi merupakan suatu cara pandang keruangan yang dituangkan dalam konsep-konsep geografi. Jadi, yang menjadi objek bukan benda atau material tetapi fenomena keruangan. Di dalam menelaah fenomena muka Bumi, studi geografi senantiasa menganalisis lokasi, persebarannya di permukaan Bumi, dan saling keterkaitan (interrelasi dan interaksi) antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya.
Soal 3.
Prinsip strategi pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi foto udara untuk menguraikan aglomerasi pemusatan permukiman kumuh dalam suatu kawasan yaitu …
A. Zonasi area berdasarkan aspek kesuburan permukiman
B. Deliniasi wilayah berdasarkan pola permukiman
C. Identifi kasi aksesibilitas permukiman terhadap fasilitas umum
D. Penilaian aspek layanan sarana kesehatan di permukiman.
E. Persebaran kawasan industri di lokasi permukiman
Kunci B
Aglomerasi merupakan bagian dari 10 konsep esensial geografi yaitu pengelompokan/konsentrasi. Misalnya sekelompok penduduk asal daerah sama, masyarakat di kota cenderung mengelompok sepertipermukiman elit, pengelompokan pedagang dan sebagainya. Di desa masyarakat rumahnya menggerombol/mengelompok di tanah datar yang subur. Strategi pembelajaran untuk menguraikan aglomerasi menggunakan foto udara yaitu dengan cara Deliniasi wilayah berdasarkan pola permukiman
Soal 4.
Apabila sebagian besar siswa tidak mencapai ketuntasan belajar minimal untuk materi dinamika kependudukan, maka rekomendasi yang relevan untuk kasus ini, yaitu ...
A. Remedial tentang sex ratio dan angka beban ketergantungan
B. Materi dilanjutkan ke piramida penduduk
C. Pengayaan pada materi pertumbuhan penduduk alami
D. Remedial materi dinamika kependudukan
E. Penugasan terstruktur untuk materi berikutnya
Kunci D
Pada saat Ketuntasan belajar minimal tidak tercapai maka sebaiknya dilakukan remedial, sebaliknya apabila memenuhi KBM dapat diberikan pengayaan.
Soal 5.
Prinsip pembelajaran geografi yang lebih menekankan pada pendekatan saintifi k, dapat dilakukan melalui tahapan berikut.
A. Orientasi-pendahuluan-percobaan-penyimpulan-laporan
B. Apersepsi-penetapan tujuan-kegiatan inti-diskus-penutup
C. Fenomena-bertanya-observasi-mendesain-menyimpulkan
D. Data awal-interpretasi-analisis-pembuktian lapangan-kesimpulan-rekomendasi
E. Observasi-bertanya analitik-berfi kir logis untuk memperoleh simpulan-percobaan-menyajikan data
Kunci D
Pembahasan
Pendekatan pembelajaran saintifik dilakukan melalui kegiatan: Observasi-bertanya analitik-berfikir logis untuk memperoleh simpulan-percobaan-menyajikan data
Soal 6.
Media pembelajaran yang paling sesuai untuk menjelaskan lokasi suatu tempat secara manual pada atlas dengan memberi keterangan halaman, kode tempat dan nama. Yaitu ...
A. Foto udara
B. Peta dunia
C. Gambar rotasi bumi
D. Gambar revolusi bumi
E. Globe
Kunci A
Jenis-jenis media pembelajaran antara lain:
1. Media audio visual gerak, seperti : Film bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi.
2. Media audio visual diam, seperti : Slide.
3. Audio semi gerak, seperti: tulisan bergerak bersuara.
4. Media visual bergerak, seperti : Film bisu.
5. Media visual diam, seperti : slide bisu, halaman cetak, foto, peta
Soal 7.
Salah satu alternatif mengatasi ketiadaan alat dan bahan untuk mencapai kompetensi dasar menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan yang paling efektif di daerah terisolir yaitu …
A. Pengamatan fenomena lahan di sekitar lingkungan sekolah
B. Observasi ke laboratorium spasial
C. Penugasan di rumah menggunakan internet
D. Guru membimbing diskusi terkait pengembangan materi
E. Mendesain sketsa atau peta mental mengenai kondisi lahan
Kunci A
Jenis-jenis media pembelajaran antara lain:
1. Media Visual : yaitu media yang hanya dapat dilihat, seperti: foto, gambar, poster, kartun, grafi k dll.
2. Media Audio : media yang hanya dapat didengar saja, seperti: kaset audio, mp3, radio.
3. Media Audio Visual : media yang dapat didengar sekaligus dilihat, seperti: fi lm bersuara, video, televise, sound slide.
4. Multimedia : media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti: animasi. Multi media sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer.
5. Media Realita : yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keada an hidup maupun sudah diawetkan, seperti: binatang, spesimen, herbarium dll.
Soal 8.
Perhatikan peta-peta tematik berikut:
(a) Peta penggunaan lahan,
(b) Peta jarak terhadap sungai,
(c) Peta curah hujan,
(d) Peta jenis tanah, dan
(e) Peta kepadatan penduduk.,
Melalui proses overlay dapat dijadikan media pembelajaran yang menghasilkan informasi tentang bencana …
A. Erosi
B. Banjir
C. Longsor
D. Gempa bumi
E. Puting beliung
Kunci B
1. Media Visual : yaitu media yang hanya dapat dilihat, seperti: foto, gambar, poster, kartun, grafi k dll.
2. Media Audio : media yang hanya dapat didengar saja, seperti: kaset audio, mp3, radio.
3. Media Audio Visual : media yang dapat didengar sekaligus dilihat, seperti: fi lm bersuara, video, televise, sound slide.
4. Multimedia : media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti: animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer.
5. Media Realita : yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti: binatang, spesimen, herbarium dll.
Soal 9.
Media komunikasi dalam pembelajaran Geografi yang dapat meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik dan diperkaya tugas untuk berlatih, yaitu ...
A. LKS
B. Infografis
C. Modul
D. Handout
E. Leaflet
Kunci A
1. Media Visual : yaitu media yang hanya dapat dilihat, seperti: foto, gambar, poster, kartun, grafi k dll.
2. Media Audio : media yang hanya dapat didengar saja, seperti: kaset audio, mp3, radio.
3. Media Audio Visual : media yang dapat didengar sekaligus dilihat, seperti: fi lm bersuara, video, televise, sound slide.
4. Multimedia : media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti: animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer.
5. Media Realita : yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti: binatang, spesimen, herbarium dll.
Soal 10.
Sumber informasi internet yang paling relevan digunakan dalam pembelajaran terkait materi yang realtime antara lain ...
A. Pengetahuan peta
B. Persebaran fl ora dan fauna
C. Dinamika atmosfer
D. Karakteristik negara maju dan berkembang
E. Dinamika hidrosfer
Kunci C
Merancang media pembelajaran memeperhatikan Pembelajaran Model ASSURE adalah sebuah formulasi untuk kegiatan pembelajaran yang berorientasi di kelas yang menekankan pemanfaatan teknologi dan media dengan baik agar siswa belajar secara aktif. Model ASSURE mengacu kepada Analyze learners, State objectives, Select methods, Media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise. Materi dinamika atmosfer dapat diketahui melalui real timen.
Next Soal 👉SKB Geografi PPPK