Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik

Soal Calon Guru ASN PPPK - Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik pada Pembelajaran 7 yaitu tentang Pengembangan Potensi Peserta Didik. Soal Riviu Pembelajaran Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik. Soal dan Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik. 

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik

Modul belajar mandiri substansi pedagogi memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran yang berhubungan dengan substansi kompetensi pedagogi.

Unduh Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik

Komponen pembelajaran yang ada di dalam modul pedagogi ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat me-refresh kembali pengetahuan dan dengan mudah memahami kembali materi-materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kompetensi yang berorientasi kepada keteramapilan berpikir tingkat tinggi.

Sebagai bahan belajar mandiri, diberikan aktivitas pemebelajaran mandiri yang mengedepankan konsep komunitas pembelajaran yang di berikan pada aktivitas-aktivitas pembelajaran dibawah ini.

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Pengembangan Potensi Peserta Didik Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media poster
b. Media grafis
c. Media cetak
d. Media benda nyata
e. Media gambar
the correct answer is: Media benda nyata

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Memasang puzzle
b. Menjiplak huruf
c. Meronce membuat kalung
d. Mewarnai pola
e. Menendang bola
the correct answer is: Menendang bola

Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...

a. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
b. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
c. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
d. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
the correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?

a. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
d. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
The correct answer is: memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya

Ismail siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif...

a. pra-operasional
b. pre-operasional
c. operasional konkret
d. operasional formal
The correct answer is: operasional konkret

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...

a. konvergen
b. vertical
c. divergen
d. logis
The correct answer is: divergen

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...

a. motivasi belajar yang kurang baik
b. tingkat kecerdasan yang rendah
c. minat belajar yang kurang baik
d. bakat siswa yang rendah
The correct answer is: tingkat kecerdasan yang rendah

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

a. variasi dalam tempo perkembangan
b. awalnya differensiasi akhirnya integrasi
c. perkembangan berlangsung secara bertahap
d. keragaman dalam irama perkembangan
The correct answer is: perkembangan berlangsung secara bertahap

Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...
a. pola perkembangan memiliki keragaman
b. perkembangan berproses secara bertahap
c. perkembangan bersifat maju berkelanjutan
d. variasi dari tempo dan irama perkembangan
The correct answer is: pola perkembangan memiliki keragaman

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

a. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
b. faktor penyebab kesulitan belajar anak
c. jenis kesulitan belajar yang dialami anak
d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
The correct answer is: letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...

a. Sosial
b. Diri
c. Emosi
d. Moral
The correct answer is: Sosial

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

a. demokratis dan permisif
b. fleksibel dan permisif
c. demokratis dan sesuai bakat
d. fleksibel dan sesuai bakat
The correct answer is: demokratis dan permisif

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...

a. memperkirakan tindakan
b. identifikasi kasus
c. identifikasi masalah
d. memperkirakan penyebab
The correct answer is: identifikasi masalah

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

a. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
b. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
c. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
d. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
The correct answer is: Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik
b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik
c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik
The correct answer is: merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...

a. anak yang kontroversial
b. anak yang diterima
c. anak yang diabaikan
d. anak yang ditolak
The correct answer is: anak yang ditolak

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...

a. keterampilan sosialisasi yang rendah
b. keterampilan sosial yang rendah
c. kemampuan menghargai diri yang rendah
d. kemampuan berkomunikasi yang rendah
The correct answer is: keterampilan sosial yang rendah