Pembelajaran 6: Konsep Penilaian
Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut?
a. Apa yang terjadi pada ekosistem laut tersebut? Berikan bukti-bukti yang mendukungnya!
b. Apa yang terjadi di danau tersebut?
c. abad pertengahan
d. Apa hubungan antara pencemaran air dengan perilaku hidup manusia?
e. Apa yang dimaksud dengan pencemaran air?
The correct answer is: Apa hubungan antara pencemaran air dengan perilaku hidup manusia?
Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam.
Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!
Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
a. Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, siswa dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
b. Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
c. Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
d. Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
e. Disajikan beberapapermasalahan ekosistem, siswa dapat menaganalisis permasalahan tersebut
The correct answer is: Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a. menentukan spesifikasi instrumen
b. menentukan skala pengukuran
c. menentukan sikap yang akan dikembangkan
d. menentukan indikator
The correct answer is: menentukan sikap yang akan dikembangkan
Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a. memperkirakan penyebab
b. identifikasi kasus
c. identifikasi masalah
d. memperkirakan tindakan
The correct answer is: identifikasi masalah
Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a. adil
b. subjektif
c. sahih
d. terbuka
The correct answer is: subjektif
Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a. divergen
b. konvergen
c. vertical
d. logis
The correct answer is: divergen
Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a. 2, 3, 5
b. 3, 4, 5
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 3
The correct answer is: 1, 2, 3
Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a. menentukan skala pengukuran
b. menentukan sikap yang akan dikembangkan
c. menentukan spesifikasi instrumen
d. menentukan indikator
The correct answer is: menentukan sikap yang akan dikembangkan
Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
d. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
The correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a. semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
b. semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c. semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
d. semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
The correct answer is: semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a. konvergen
b. logis
c. vertical
d. divergen
The correct answer is: divergen
Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a. semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
b. semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
c. semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d. semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
The correct answer is: semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari ....
a.assessment for learning
b.assessment of learning
c.assessment to learning
d.assesment as learning
The correct answer is: assesment as learning
Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
b. Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
c. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
d. Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
The correct answer is: Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Daya pembeda pada suatu soal adalah
a. kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b. kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
c. jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
d. jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
The correct answer is: jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
Definisi penilaian adalah ....
a. kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
b. prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
c. menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
d. kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
The correct answer is: prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a. pre-operasional
b. operasional konkret
c. pra-operasional
d. operasional formal
The correct answer is: operasional konkret