Soal dan Jawaban Pedagogik SKB IPS SMP Lengkap Jawaban Tipe A

Soal SKB Pedagogik IPS SMP Tahun 2021 Lengkap Jawaban. berikut ini kami bagikan Kisi-Kisi Soal PPPK atau kisi-kisi Soal P3K Tahun 2021. Soal Pedagogik IPS SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran IPS SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik IPS SMP ini merupakan contoh Soal untuk menghadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021.

10 Soal Pedagogik IPS SMP Lengkap Pembahasan Tahun 2021 Tipe A

SOAL 1.
Sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dalam Kurikulum 2013, salah satu prinsip pembelajaran yang harus diterapkan guru dalam IPS adalah “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mecari tahu “ Bedasarkan prinsip ini, maka pendekatan pembelajaran yang barus digunakan guru IPS adalah ...
A. Deduktif 
B. Induktif 
C. Refl ektif 
D. Edukatif 
E. Prespektif

Kunci : B
Pendekatan pembelajaran induktif adalah sebuah pembelajaran yang bersifat ilmiah dan sangat efektif untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan berpikir kritis (critical tinking). Pendekatan pembelajaran induktif dirancang berdasarkan teori kontruktivisme dalam belajar.
Pendekatan ini membutuhkan guru yang terampil dalam bertanya, melalui pertanyaan inilah guru akan membimbing siswa membangun pemahaman terhadap materi pelajaran dengan cara berpikir dan membangun ide-ide.
Pada pembelajaran induktif guru memberikan informasi-informasi yang akan memberikan ilustrasi ilustrasi tentang topik yang akan dipelajari siswa,selanjutnya guru membimbing siswa untuk menemukan pola-pola tertentu dari ilustrasi-ilustrasi yang di berikan.

SOAL 2.
Dalam pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan dapat membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya.. Sesuai dengan prinsip “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu” teori belajar yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ...
A. Behaviorisme
B. Positivisme
C. Konstruktivisme
D. Gestal
E. Stimulus respons

Kunci : C
Kontruktivisme merupakan salah satu komponen dari contekstual teaching learning. Kontruktivisme merupakan pengembangan pikiran bahwa siswa akan belajar lebih bermakna jika ia diberi kesempatan untuk bekerja, menemukan dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru.

Kontruktivisme adalah membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan Knowledge-Based Constructivism, menekankan kepada pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar

SOAL 3.
Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan ...
A. Parsial
B. Disiplin
C. Terpadu
D. Terpisah
E. Komprehensif

Kunci : C
Karakteristik IPS terlihat pada unsurnya, unsur yang kompleks yang merupakan gabungan berbagai konsep dari ilmu-ilmu sosial sehingga memiliki pemahaman utuh (komprehensip). KI -dan KD IPS juga merupakan sebuah tema dari gabungan ilmu-ilmu sosial. Tema tersebut dapat berupa masalah sosial, peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan dan kebutuhan manusia.
Karena itu, pendekatan yang direkomendasikan bersifat terpadu atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu (interdisiplin) untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik sehingga tidak tampak mono disiplin keilmuannnya.

SOAL 4. 
Berikut ini merupakan contoh alat/media pembelajaran IPS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kecuali ...
A. Video pembelajaran
B. Film documenter
C. Overhead Projector
D. Close Circuit Television
E. Computer Assisted Instruction

Kunci : C
Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. 
Overhead projector berfungsi untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru didepan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antar siswa dan guru.

SOAL 5.
Prosedur/langkah awal dalam pengembangan/pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPS adalah ...
A. Merumuskan kompetensi hasil belajar
B. Merumuskan indikator hasil belajar
C. Merumuskan materi pelajaran secara terinci
D. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
E. Menulis naskah media pembelajaran

Kunci : D
Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih yang sangat besar alam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran IPS. Pembuatan media pembelajaran buka ditekankan pada kebutuhan guru dalam penyampaian materi ajar tetapi harus didasarkan kepada dengan kebutuhan siswa.
Media pembelajaran ada yang bersigat visual, audio, dan audio visual. Dari karakteristik media ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi sebagai guru harus dengan bijak mengambil pilihan dari media apembelajaran tersebut.

SOAL 6.
Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 pada esensinya berisikan tentang ...
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
C. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
D. Standar Proses Pendidikan
E. Standar Penilaian Pendidikan

Kunci : A
Ada 5 Permendikbud tahun 2016 yang menjadi landasan hukum kurikulum 2013 sebagai pengganti Permendikbud tahun 2013.
Permendikbud no. 20 tahun 2016 mengenai standar kompetensi lulusan
Permendikbud no. 21 tahun 2016 mengenai standar isi
Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses
Permendikbud no. 23 tahun 2016 mengenai standar penilaian
Permendikbud no. 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar

SOAL 7. 
Berikut ini merupakan kaitan Permendikbud No.20 tahun 2016 dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016
A. Standar Penilaian diperlukan uantuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan
B. Standar Proses diperlukan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan
C. Standar Penilaian diperlukan untuk menilai Standar Proses Pembelajaran
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dijabarkan dalam Standar Kompetensi Lulusan
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan jabaran dari Standar Kompetensi Lulusan

Kunci : B
Standar kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai kualifi kasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standaar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

SOAL 8. 
Berikut ini merupakan fungsi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam sistem pembelajaran, kecuali ...
A. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
C. Pedoman dalam merancang penilaian
D. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar
E. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

Kunci : D
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Indicator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

Fungsi indikator :
1) Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.
2) Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indicator yang dikembangkan, karena indicator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi.
3) Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indicator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.
4) Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengambangan indicator penilaian.

SOAL 9. 
Berikut ini merupakan hubungan antara berbagai komponen sistem pembelajaran (kompetensi, materi, proses/kegiatan, media , dan penilaian), kecuali ...
A. Materi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran
B. Kegiatan pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran
C. Penilaian disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi
D. Media pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik.
E. Rancangan penilaian disesuaikan dengan materi yang telah dikembangkan

Kunci : E
Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, guru atau pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada standar penilaian pendidikan.

SOAL 10.
Dalam kurikulum 2013, proses pembelajaran diharuskan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini harus tertulis pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS. Berikut ini merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, kecuali ...
A. Mengamati
B. Mengumpulkan informasi
C. Mengasosiasi
D. Mengkomunikasikan
E. Mengevaluasi

Kunci : E
Pembahasan:
Pendekatan saintifi k adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hukum, konsep/prinsip yang diperoleh siswa