Soal dan Jawaban Pedagogik SKB IPS SMP Lengkap Jawaban Tipe B

Soal SKB Pedagogik IPS SMP Tahun 2021 Lengkap Jawaban. berikut ini kami bagikan Kisi-Kisi Soal PPPK atau kisi-kisi Soal P3K Tahun 2021. Soal Pedagogik IPS SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran IPS SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik IPS SMP ini merupakan contoh Soal untuk mengahadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021.

Soal SKB Pedagogik IPS SMP Tahun 2021 Lengkap Jawaban. berikut ini kami bagikan Kisi-Kisi Soal PPPK atau kisi-kisi Soal P3K Tahun 2021

10 Soal Pedagogik IPS SMP Lengkap Pembahasan Tahun 2021 Tipe B

SOAL 1. 
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS, kecuali ...
A. Tingkat kesulitan materi pelajaran
B. Sistem penilaian yang digunakan
C. Tingkat usia dan kematangan siswa
D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
E. Ketersediaan media dan biaya

Kunci : B
Pembahasan:
Faktor dan kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media, diantarnya :
1) Faktor tujuan
2) Faktor efektifitas
3) Faktor kemampuan guru dan siswa
4) Faktor fleksibilitas (kelenturan), tahan lama dengan kenyataan
5) Faktor kesediaan media
6) Faktor kesesuaian antara manfaat dan biaya
7) Faktor kualitas dan teknik
8) Objektifi tas
9) Program pengajaran
10). Sasaran program

Unduh Latihan Soal dan Jawaban SKB IPS SMP

SOAL 2.
Salah satu contoh model pembelajaran yang memberikan efek menyenangkan adalah PBL (Problem Based Learning). Dasar pertimbangan diterapkannya PBL adalah ...
A. Pembelajaran berbasis masalah berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus dapat menentukan sendiri apa yang harus dipelajari, dan dari mana informasi harus diperoleh
B. Menjembatani gap antara pembelajaran sekolah formal dengan aktivitas berpikir yang lebih praktis yang dijumpai di luar sekolah
C. Guru tidak perlu memberikan bimbingan kepada peserta didik .Dalam hal ini peserta didik diminta menyelesaikan persoalan secara terbuka dan bebas
D. Mendorong siswa untuk bekerja menyelesaikan tugas,tanpa bimbingan guru
E. Pembelajaran berbasis masalah ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir agar menjadi kompleks

Kunci : B
Pembahasan:
Problem based learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar melalui berfikir kritis dan kerempilan pemecahan masalah dalam rangka memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran.

SOAL 3.
Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah ...
A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan sistuasi
B. Guru harus banyak bercerita terntang materi pembelajaran
C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar
D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek nilai
E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter

Kunci D
Pembahasan:
IPS sebagai program pendidikan dan bidang pengetahuan, tidak hanya menyajikan pengetahuan social semata-mata, melainkan harus pula membina peserta didik menjadi warga masyarakat, bangsa dan Negara yang memiliki tanggung jawab. Dengan demikian, pokok bahasan yang disajikan tidak hanya terbatas pada materi yang besifat pengetahuan, melainkan juga meliputi nilai-nilai yang wajib melekat pada diri peserta didik.
Melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diharapkan mampu membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisi moral dan berperan dalam rangka pembinaan generasi muda.

SOAL 4.
Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan . Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali ...
A. Simulasi/demonstrasi
B. Presentasi tugas
C. Membuat portofolio tugas
D. Mengerjakan soal di depan kelas
E. Merangkum materi pelajaran

Kunci : E
Pembahasan:
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu diberbagai macam konteks sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi.
1. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain:
2. Penilaian praktik: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses
3. Penilaian produk: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan dalam membuat produk-produk teknologi dan seni
4. Penilaian projek: mengukur kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan melalui penyelesaian suatu tugas projek dalam periode waktu tertentu
5. Penilaian portofolio: sampel karya siswa terbaik dari KD pada KI-4 untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu semester)

SOAL 5.
Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali ...
A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah
B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal
C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur
D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proprsional

Kunci : A
Pembahasan:
Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal menjadi suatu tes.
Syarat kisi-kisi:
1. Mewakili isi kurikulum/kemampuan yang akan diujikan
2. Komponen-komponen rinci, jelas dan mudah dipahami
3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan

Komponen kisi-kisi terdiri atas:
1) Kelompok identitas:
a. Jenis institusi
b. Program
c. Bidang studi
d. Tahun pelajaran
e. Kurikulum yang digunakan
f. Jumlah soal
g. Bentuk soal

2) Kelompok matriks
a. Kompetensi dasar
b. Materi
c. Indikator soal
d. Nomor urut soal

SOAL 6. 
Berikut inimerupakan manfaat hasil penilaian formatif dalam pembelajaran IPS, kecuali ...
A. Merancang program remedial
B. Merancang program pengayaan
C. Perbaikan proses pembelajaran
D. Mengisi nilai dalam raport
E. Merancang perbaikan pembelajaran

Kunci : D
Pembahasan:
Penilaian formatif adalah aktifi tas guru dan siswa yang dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung. Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran.
Tujuan penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifi kasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi siswa.

SOAL 7.
Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dalam pembelajaran IPS, kecuali ...
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
B. Pendistribusi materi pembelajaran
C. Penilai pembelajaran
D. Media kolaborasi pembelajaran
E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : E
Pembahasan:
Peran TIK dalam pembelajaran IPS
1) Peran tambahan (suplemen)
Peran guru tentunya akan senantiasa mendorong, menggugah/ menganjurkan peserta didiknya untuk mengakses materi pembelajaran melalui TIK yang disediakan. Peserta didik pun akan memiliki tambahan pengetahuan dan wawasan lebih bila menggunakan TIK tersebut

2) Peran pelengkap (komplemen)
Materi pembelajaran melalui TIK di programkan untuk menjadi materi pengayaan yang bersifat remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional

3) Peran pengganti (substitusi)
Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah para siswa mengelola kegiatan pembelajaran sehingga para siswa dapat menyesuaikan waktu dan aktivitas lainnya dengan kegiatan pembelajaran.

SOAL 8.
Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka Teknologi Informasi sudah berperan sebagai ...
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
B. Pendistribusi materi pembelajaran
C. Penilai pembelajaran
D. Media kolaborasi pembelajaran
E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : D
Pembahsan:
Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran . Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai fasilitator, motivator transmitter dan evaluator.

SOAL 9.
Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting, dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifi kasi kesulitan yang muncul dalam komunikasi antar budaya, Salah satu syarat terjadinya komunikasi yang efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah ...
A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan peserta didiknya
B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.
C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik secara individual maupun kelompok
D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami perasaan orang lain
E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan peserta didiknya

Kunci : B
Pembahasan:
Empati merupakan kekuatan untuk mengerti pikiran dan perasaan orang lain. Empati ini sebagai cara yang pokok kea rah pemahaman dari orang lain. Pembelajaran dengan empati merupakan suatu komponen strategi yang kuat dan praktis dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar yang berbeda dari para siswa yang sangat memerlukan lebih dari pada sekedar lembar kerja

SOAL 10.
Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas?
A. Interaksi satu arah
B. Interaksi dua arah
C. Interaksi banyak arah
D. Interaksi berpusat pada guru
E. Interaksi sepihak

Kunci : C
Pembahasan:
Agar komunikasi dapat berjalan efektif, harus dipenuhi beberapa syarat :
1. Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan
2. Menggunakan Bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
3. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat bagi pihak komunikan
4. Pesan dapat menggugah kepentingan komunikan yang dapat menguntungkan
5. Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaan bagi pihak komunikan

Unduh Soal SKB Pedagogik IPS SMP