10 Soal Pedagogik SKB IPA SMP Lengkap Jawaban Tipe A

Soal SKB Pedagogik IPA SMP Tahun 2021 Lengkap Jawaban. berikut ini kami bagikan Kisi-Kisi Soal PPPK atau kisi-kisi Soal P3K Tahun 2021. Soal Pedagogik IPA SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran IPA SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik IPA SMP ini merupakan contoh Soal untuk mengahadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021.

Soal Guru PPPK IPA SMP Soal PPPK Guru IPA

10 Soal Pedagogik IPA SMP Lengkap Pembahasan Tahun 2021 Tipe A

Soal 1.
Terdapat Kompetensi Dasar (KD): menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut. Manakah di antara pilihan berikut ini merupakan yang pernyataan benar tentang teknologi dan struktur tumbuhan yang mengilhaminya?
A. Velcro atau perekat terinspirasi oleh getah batang
B. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa terinspirasi dari struktur bunga ros
C. Charger tenaga surya Electree terinspirasi dari osmosis daun
D. Teater Esplanade yang terinspirasi dari bentuk buah rambutan
E. Kota mengambang Lilypad Ecopolis terinsipirasi dari struktur daun teratai

Menurut ramalan GIEC (Intergovernmental group on the evolution of the climate), kenaikan permukaan laut akan mencapai 20 hingga 90 cm selama abad ke-21. Setiap kenaikan suhu 1°C akan mengakibatkan air naik 1 meter. Kenaikan air ini akan mempengaruhi 0.05% di Uruguay, 1% di Mesir, 6% di Belanda, 17.5% di Bangladesh dan lebih dari 80% di daerah atoll Majuro di Marshall dan pulau-pulau Kiribati hingga pulau-pulau di Maldives.

Lilypad kota yang akrab dengan lingkungan dapat mengapung dari dari Monaco di Eropa hingga ke daerah bagian Atol Polenesia. Desain yang sangat modern dalam antisipasi pengungsi akibat pemanasan global. Inspirasi dari daun lilypad Amazonia Victoria Regia, dari keluarga Nympheas, tanaman air yang ditemukan oleh ahli tanaman Jerman Thaddeaus Haenke. Lilypad kota lingkungan yang mengapung dengan zero emisi udara melalui teknologi energi dari matahari (solar), angin, gelombang laut dan biomass. Bahkan dapat memperoses gas CO² di adalam atmosfer dan meresap ke kulitnya (atap) yang terbuat dari titanium dioxide sepertiproser fotosintesis pada tumbuhan (daun). Kunci Jawaban: E

Soal 2.
Terdapat KD: Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seper􀆟 menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah ...
A. Menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang
B. Menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur standar dan alat ukur tidak standar
C. Menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran
D. Menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda
E. Menyebutkan jenis-jenis alat ukur standar, besaran, dan satuan panjang

Kemampuan esensial sesuai KD adalah “menerapkan” (C3). Opsi A mengarah pada kemampuan analisis (C4). Opsi B dan C merupakan indikator esensial memahami (C2). Sedangkan opsi E merupakan indikator esensial mengingat (C1). Jawaban D merupakan indikator yang menuntut kemampuan menerapkan (bisa menjabarkan cara pengukuran atau mengukur). Untuk aspek kemampuan melakukan pengukuran (yang sebenarnya bagian dari menerapkan) biasanya ditagih melalui KD keterampilan (KD pada KI-4). Kunci Jawaban: D

Soal 3.
Pak Rudi dan Bu Nani mengajar IPA di SMP Harapan Bangsa yang merupakan sekolah Adiwiyata. Sebagai sekolah yang termasuk kategori berwawasan dan berpeduli lingkungan hidup, di SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca berisi berbagai tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas IX untuk membuat produk daur ulang limbah yang bermanfaat bagi kehidupan. Agar metode Project-based Learning yang Pak Rudi terapkan berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ...
A. Menugaskan siswa mengidentifi kasi beragam limbah di sekolah
B. Menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastic
C. Menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
D. Membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk
E. Mempresentasikan hasil hasil karya daur ulang limbah

Merujuk pada sintaks Model Pembelajaran Project-based Learning yaitu: a) Penentuan pertanyaan mendasar (membuat produk apa terkait limbah yang ada di sekolah). Sebelum menentukan produk yang akan dibuat, siswa perlu mengidentifi kasi limbah yang ada di sekolah tersebut; b) Merancang rencana projek; c) Menyusun jadwal membuat projek; d) Memonito. Kunci Jawaban: A

Soal 4.
Pembelajaran pada materi “gaya” dengan kompetensi dasar menyajikan hasil penyelidikan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda, memiliki tujuan: Siswa dapat menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan prosedur yang benar. Manakah di antara strategi-strategi berikut yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut?
A. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda yang dilengkapi dengan contoh, kemudian siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan secara berkelompok
B. Meminta siswa berdiskusi secara berkelompok untuk menjawab soal-soal tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda, kemudian hasil diskusi dipresentasikan
C. Secara berkelompok siswa belajar mengatasi masalah-masalah pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
D. Siswa melakukan kegiatan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda, diskusi hasil penyelidikan, dan penyajian hasil diskusi atau presentasi.
E. Membentuk kelompok ahli yang bertugas menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda dari berbagai literatur kemudian kelompok ahli menjelaskan hasil penyelidikannya kepada kelompok asal masinng-masing dan selanjutnya setiap kelompok presentasi.

Tujuan pembelajaran menginginkan siswa melakukan kegiatan penyelidikan. Guru memfasilitasi belajar siswa untuk melakukan kegiatan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Sebelum melakukan eksperimen diperlukan persiapan eksperimen termasuk kegiatan indentifikasi hasil-hasil kerja gaya dalam kehidupan sehari-hari agar siswa tergiring ke dalam konteks yang diinginkan. Selanjutnya, siswa diminta melakukan eksperimen berdasarkan LKPD yang tersedia. Kunci Jawaban : D

Soal 5.
Pak Amir sedang merancang pembelajaran pada KD. Menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Kegiatan pembelajaran direncanakan menggunakan pendekatan saintifi k dan metode eksperimen, berikut ini yang paling tepat sebagai apersepsi adalah ...
A. Siswa diminta untuk membaca bahan ajar materi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada berbagai literatur.
B. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda di depan kelas termasuk materi pembelajaran agar siswa menjadi tahu materi sebelum melakukan kegiatan eksperimen
C. mengorientasikan siswa tentang gaya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian melakukan tanya jawab atau curah pendapat tentang pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang relevan
D. Menjelaskan prosedur eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda di sekitar.
E. Mendemonstrasikan hasil-hasil kerja gaya terhadap gerak benda di depan kelas, kemudian mencontohkan cara melakukan penyelidikan.

Untuk mengorientasikan siswa dalam kegiatan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda, siswa diharapkan sudah terlebih dahulu mengetahui konsep gaya dan konsep gerak. Konsep gaya tersebut mungkin dapat dibaca siswa dalam bahan bacaan atau buku siswa tetapi akan lebih konteks dan bermakna jika siswa mengetahui konsep gaya dan gerak benda melalui fenomena kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa sendiri, kemudian melakukan tanya jawab untuk menggiring siswa ke dalam fokus pembelajaran. Curah pendapat akan sangat membantu guru mencermatipengalaman-pengalaman siswa dalam materi tersebut. Kunci Jawaban: C

Soal 6.
Bu Hany melakukan pembelajaran materi IPA dengan KD: menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar, yang melibatkan pengukuran massa benda dengan menggunakan neraca OHAUS 310. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran langsung (direct instruction) yang melatih siswa mengukur massa tahap demi tahap. Pada tahap pertama, Bu Hany mengklarifi kasi tujuan dan memotivasi siswa serta menjelaskan kegiatan belajar siswa. Bu Hany juga menjelaskan pengetahuan deklaratif tentang komponen-komponen neraca dan fungsinya masing-masing termasuk bagaimana menggunakannya. Diantara kegiatan berikut yang merupakan tahap 2 yang seharusnya dilakukan oleh Bu Hany adalah ...
A. Menjelaskan materi pengukuran termasuk di dalamnya pengukuran besaran pokok massa dengan neraca OHAUS 310.
B. Mendemonstrasikan tahap-tahap pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310 tahap demi tahap.
C. Memberikan latihan soal terkait pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310 kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok
D. Meminta siswa berdiskusi tentang pengukuran pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310, kemudian siswa diminta merumuskan langkah penggunaannya, dan mempraktikannya
E. Melakukan kegiatan pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310

Model pembelajaran langsung terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) menyampaiakan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) mendemokan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, dan 5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan. Kunci Jawaban : B

Soal 7.
Dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifi k pada materi suhu dan kalor, Bu Rani meminta siswa untuk melakukan pengamatan terhadap fenomena perpindahan kalor, yaitu dengan menunjukkan data pengaruh massa terhadap kalor yang diterima oleh benda. Setelah siswa merumuskan masalah dan jawaban sementara, siswa diminta untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan jawaban terhadap masalah yang sudah dirumuskan. Berikut ini prosedur yang paling tepat untuk memfasilitasi siswa melakukan eksperimen adalah ...
A. Menjelaskan petunjuk eksperimen dan alat-bahan yang dibutuhkan selama eksperimen
B. Meminta siswa merancang eksperimen menggunakan bahan bacaan, kemudian Bu Rani mengecek dan membimbing siswa
C. Bu Rani melakukan demonstrasi bagaimana melakukan eksperimen dan meminta siswa untuk melakukan kegiatan sepertiyang didemonstrasikan
D. Menjelaskan contoh-contoh hasil eksperimen yang sudah dilakukan orang lain
E. Meminta siswa mencari contoh melalui internet atau sumber lainnya untuk dijadikan rancangan percobaan

Pendekatan saintifi k (5M) terdiri dari tahap mengamatifenomena atau data kemudian siswa diminta mengidentifi kasi dan merurmuskan masalah/pertanyaan. Berdasarkan pertanyaan tersebut, siswa mela kukan kegiatan eksperimen untuk mendapatkan jawaban atau membuktikan hipotesisnya. Dalam kegiatan eksperimen, Bu Rani sebaiknya membimbing siswa untuk merancang kegiatan eksperimen dengan memfasilitas belajar siswa tetapi langsung memberikan secara penuh prosedur eksperimen tersebut. Bahan bacaan yang sudah disiapkan diharapkan dapat membantu siswa merancang kegiatan eksperimen sesuai dengan RPP. Kunci Jawaban : B

Soal 8.
Pak Rudi mengajar IPA di SMP Harapan Bangsa. Di SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca tempat para siswa mengembangbiakan tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas VII tentang upaya mengatasi sampah dalam kehidupan dengan Problem Based Learning. Pak Rudi berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ...
A. Menugaskan siswa mengidentifi kasi beragam limbah di bak sampah sekolah
B. Menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastik di bak sampah sekolah
C. Menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
D. Membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk
E. Mempresentasikan hasil hasil karya daur ulang limbah

Kunci jawaban A merujuk pada sintaks Model Pembelajaran Problem-based Learning yaitu: a) mengorientasi siswa pada masalah; b) mengorganisasikan siswa untuk belajar; c) membantu penyelidikan siswa; d) membantu siswa mengembangkan dan menyajikan karya hasil penyelidikan; e) refleksi terhadap pemecahan masalah yang dilakukan. Sesuai soal, Menyusun jadwal membuat projek; d) Memotitor kemajuan projek; e) Menguji proses dan hasil belajar; f) Mengevaluasi pengalaman membuat projek. Kunci Jawaban : A

Soal 9.
Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah ...
A. Bertanya jawab tentang cara mengukur kuat arus listrik
B. Meminta siswa untuk menerapkan cara mengukur arus listrik pada berbagai rangkaian listrik
C. Bertanya-jawab tentang pengertian arus listrik, kuat arus listrik, dan cara pengukurannya
D. Memancing rasa ingin tahu siswa tentang cara pengukuran arus listrik di rumah
E. Meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik sepertidemonstrasi Bu Nina

Tujuan pembelajaran berkaitan dengan pengetahuan prosedural, yakni cara melakukan pengukuran kuat arus listrik dalam rangkaian. Tujuan sepertiini paling efektif jika menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction/learning). Menurut Arends, langkah pembelajaran langsung adalah:
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mempresentasikan dan mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mencek pemahaman dan umpan balik
5. Memberi kesempatan pelatihan lanjutan dan penerapan
Berdasarkan stem soal di atas, Bu Nina telah melakukan tahap 1 dan 2 pembelajaran langsung. Maka, langkah selanjutnya adalah membimbing pelatihan Fase ketiga sintak model pembelajaran langsung (direct instruction) adalah membimbing pelatihan. Guru harus memberikan latihan terbimbing kepada siswa. Pada fase ini siswa tidak sekedar berlatih saja, tetapi siswa harus berlatih di bawah bimbingan guru. Tujuan diberikan pembimbingan adalah agar latihan yang dilakukan siswa dapat efektif. Setidaknya ada 4 (empat) prinsip yang harus dipegang guru saat melakukan latihan terbimbing untuk siswanya, yaitu: (a) latihan singkat tapi utuh; (b) keterampilan harus benar-benar dikuasai; (c) hati-hati terhadap kelebihan dan kelemahan latihan berkelanjutan (massed practice) dan latihan terdistribusi (distributed practice); dan (d) perhatikan tahap awal latihan. Kunci Jawaban : E

Soal 10.
Pak Amir sedang merancang pembelajaran pada KD. Menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Kegiatan pembelajaran direncanakan menggunakan pendekatan saintifi k dan metode eksperimen, berikut ini yang paling tepat sebagai apersepsi adalah ...
A. Siswa diminta untuk membaca bahan ajar materi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada berbagai literatur.
B. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda di depan kelas termasuk materi pembelajaran agar siswa menjadi tahu materi sebelum melakukan kegiatan eksperimen
C. Mengorientasikan siswa pada hasil-hasil kerja gaya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian melakukan tanya jawab atau curah pendapat tentang pengalaman siswa dalam kehidupan seharihari yang relevan dengan pengaruh gaya terhadap gerak benda.
D. Menjelaskan prosedur eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda di sekitar.
E. Mendemonstrasikan hasil-hasil kerja gaya terhadap gerak benda di depan kelas, kemudian mencontohkan cara melakukan penyelidikan.

Untuk mengorientasikan siswa dalam kegiatan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda, siswa diharapkan sudah terlebih dahulu mengetahui konsep gaya dan konsep gerak. Konsep gaya tersebut mungkin dapat dibaca siswa dalam bahan bacaan atau buku siswa tetapi akan lebih konteks dan bermakna jika siswa mengetahui konsep gaya dan gerak benda melalui fenomena kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa sendiri, kemudian melakukan tanya jawab untuk menggiring siswa ke dalam fokus pembelajaran. Curah pendapat akan sangat membantu guru mencermatipengalaman-pengalaman siswa dalam materi tersebut. Kunci Jawaban : C

Baca Soal Selanjutnya Soal SKB IPA SMP Tipe B