10 Soal Pedagogik SKB IPA SMP Lengkap Jawaban Tipe B

Soal SKB Pedagogik IPA SMP Tahun 2021 Lengkap Jawaban. berikut ini kami bagikan Kisi-Kisi Soal PPPK atau kisi-kisi Soal P3K Tahun 2021. Soal Pedagogik IPA SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran IPA SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik IPA SMP ini merupakan contoh Soal untuk mengahadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021.

Soal Guru PPPK IPA SMP Soal PPPK Guru IPA

10 Soal Pedagogik IPA SMP Lengkap Pembahasan Tahun 2021 Tipe B

Soal 1.
Bu Hany melakukan pembelajaran materi IPA dengan KD. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar, yang melibatkan pengukuran massa benda dengan menggunakan neraca OHAUS 310. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran langsung (direct instruction) yang melatih siswa mengukur massa tahap demi tahap. Pada pertama, Bu Hany mengklarifi kasi tujuan dan memotivasi siswa serta menjelaskan kegiatan belajar siswa. Bu Hany juga menjelaskan pengetahuan deklaratif tentang komponen-komponen neraca dan fungsinya masing-masing termasuk bagaimana menggunakannya. Diantara kegiatan berikut yang merupakan tahap 2 yang seharusnya dilakukan oleh Bu Hany adalah ...
A. Menjelaskan materi pengukuran
B. Mendemonstrasikan tahap-tahap pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310 tahap demi tahap.
C. Memberikan latihan soal kepada siswa
D. Meminta siswa berdiskusi tentang pengukuran
E. Melakukan kegiatan pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310

Model pembelajaran langsung terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) menyampaiakan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) mendemokan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, dan 5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan. Kunci Jawaban : B

Soal 2.
Dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifi k pada materi suhu dan kalor, Bu Rani meminta siswa untuk melakukan pengamatan terhadap fenomena perpindahan kalor, yaitu dengan menunjukkan data pengaruh massa terhadap kalor yang diterima oleh benda. Setelah siswa merumuskan masalah dan jawaban sementara, siswa diminta untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan jawaban terhadap masalah yang sudah dirumuskan. Berikut ini prosedur yang paling tepat untuk memfasilitasi siswa melakukan eksperimen adalah ...
A. Menjelaskan petunjuk eksperimen dan alat-bahan yang dibutuhkan selama eksperimen
B. Meminta siswa merancang eksperimen menggunakan bahan bacaan, yaitu mengidentifikasi variabel-variabel yang terlibat, mengidentifi kasi alat bahan dan merancang prosedur eksperimen, kemudian Bu Rani mengecek membimbing siswa.
C. Bu Rani melakukan demonstrasi bagaimana melakukan eksperimen
D. Menjelaskan contoh-contoh hasil eksperimen yang sudah dilakukan orang lain
E. Meminta siswa mencari contoh melalui media google atau sumber lainnya untuk dijadikan rancangan percobaan

Pendekatan saintifi 5M terdiri dari tahap mengamatifenomena atau data kemudian siswa diminta mengidentifi kasi dan merurmuskan masalah/pertanyaan. Berdasarkan pertanyaan tersebut, siswa me lakukan kegiatan eksperimen untuk mendapatkan jawaban atau membuktikan hipotesisnya. Dalam kegiatan eksperimen, Bu Rani sebaiknya membimbing siswa untuk merancang kegiatan eksperimen dengan memfasilitas belajar siswa tetapi langsung memberikan secara penuh prosedur eksperimen tersebut. Bahan bacaan yang sudah disiapkan diharapkan dapat membantu siswa merancang kegiatan eksperimen sesuai dengan RPP. Kunci Jawaban : B

Soal 3.
Dalam pembelajaran materi suhu dan kalor, Pak Bendi menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifi k. Pak Bendi tidak hanya ingin meningkatkan kemampuan siswa memahami materi pelajaran tetapi juga meningkatkan keterampilan. Rumusan pertanyaan/tugas berikut yang paling tepat untuk menilai keterampilan siswa menggunakan termometer adalah ...
A. Ukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang tersedia, kemudian catat hasilnya pada selembar kertas
B. Berapa suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia?
C. Tunjukkan cara mengukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang telah disediakan!
D. Catat suhu larutan dalam gelas kimia
E. Hitung kenaikan suhu larutan setelah dipanasi selama 5 menit.

Jawaban C akan meminta siswa untuk menunjukkan bagaimana mengukur suhu larutan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer. Dengan tugas demikian siswa akan menuliskan langkah-langkah mengukur suhu larutan bahkan mendemokan bagaimana mengukur suhu larutan dalam suatu gelas kimia secara tepat. Guru dapat meminta siswa untuk mendemokan cara mengukur suhu larutan. Kunci Jawaban: C

Soal 4.
Perhatikan Kompetensi Dasar (KD) berikut.
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan Indikator, jenis penilaian, dan instrumen penilaian yang paling sesuai dengan KD tersebut adalah ...
Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan Indikator, jenis penilaian, dan instrumen penilaian yang paling sesuai dengan KD tersebut adalah

Pembahasan
Sesuai buku pedoman penilaian Kurikulum 2013 dari Direktorat PSMP (2017), penilaian keterampilan dapat menggunakan: penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan portofolio. Kemampuan “menyajikan karya” dapat dinilai dari sisi proses membuat karya misalnya poster bahaya rokok (penilaian praktik) dan hasil karya yang disajikan (penilaian produk, yang dinilai dengan instrumen rubrik). Bisa jadi hasil karya dikumpulkan bersama karya lain menjadi portofolio siswa yang bersangkutan. Sesuai opsi yang tersedia, opsi jawaban yang paling tepat adalah A. Kunci Jawaban: A

Soal 5.
Pak Adi melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang menemukan bahwa hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan belum mencapai KKM = 80. Setelah mengkaji jawaban siswa, Pak Adi mengetahui bahwa siswa tidak mampu menerapkan konsep pesawat sederhana untuk menjelaskan konsep tuas pada struktur kerangka manusia karena selama ini hanya menggunakan alat-alat dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh pembelajaran tuas. Pak Adi juga menduga bahwa siswa hanya menghafal materi yang dipelajari dari buku pegangan siswa dan penjelasan guru. Berdasarkan informasi tersebut, tindakan yang paling tepat untuk dilakukan agar masalah tersebut dapat diatasi adalah ...
A. Menerapkan pembelajaran bermakna, yaitu dengan mengidentifi kasi pesawat sederhana pada tubuh manusia
B. Menerapkan pendekatan saintifi k dengan mengamatiperan pesawat sederhana pada struktur kerangka manusia, kemudian dibuktikan dengan menggunakan alat-alat teknologi atau dalam kehidupan sehari-hari.
C. Menerapkan pembelajaran langsung, yaitu dengan mendemonstrasikan bagaimana mengidentifi kasi pesawat sederhana pada tubuh manusia dan menghitung keuntungan mekanis
D. Menjelaskan ulang materi pesawat sederhana sesuai kesulitan belajar siswa
E. Menerapkan pembelajaran teman sebaya, yaitu dengan menugaskan kelompok siswa kelompok ahli.

Pembelajaran remedial digunakan guru untuk membelajarkan indikator yang belum tuntas, dengan menggunakan cara remedial kelas (jika seluruh kelas belum tuntas), remedial kelompok (jika sebagian saja yang belum tuntas), atau remedial individual. Pembelajaran remedial sebaiknya, lebih bersifat “konkrit” sehingga mudah dipahami siswa. Pada kasus di atas, proses persendian tidak mudah diamati. Maka guru dapat menggunakan analogi pesawat sederhana yang relevan. Kunci Jawaban: B

Soal 6.
Dalam suatu kegiatan pengamatan lapangan, para siswa bersama guru mengamatihewan-hewan Invertebrata di tepi pantai. Guru mengajak siswa untuk mengambil sampel beberapa hewan yang tujuannya untuk dibuat awetan basah di laboratorium sekolah. Hewan-hewan itu berupa dolar pasir, bintang ular, ubur-ubur, beragam cangkang kerang, dll. Selama di lapangan, para siswa juga membawa larutan alkohol dan formalin untuk pengawetan hewan tersebut. Kembali dari pantai, sesampainya di sekolah, diketahui ubur-ubur yang dibawa itu hancur. Menurut Anda mengapa bisa terjadi demikian?
A. Karena larutan alkohol yang digunakan 40%
B. Karena larutan formalin yang digunakan 40%
C. Karena ubur-ubur yang dibawa didalam wadah terkena guncangan
D. Karena membawa ubur-ubur harus didalam wadah kaca
E. Karena membawa ubur-ubur harus didalam wadah plastic

Pengawetan specimen hewan yang dibawa dari lapangan dapat dilakukan dengan dimasukkan kedalam larutan alcohol atau formalin. Untuk hewan-hewan Invertebrata yang lunak sepertiubur-ubur diperlukan larutan alkohol 70% atau larutan formalin 4%, karena pada konsentrasi larutan tersebut merupakan batas minimal atau cukup membuat sel hewan mati. Jika digunakan konsentrasi lebih dari itu, hewannya hancur. Kunci Jawaban: B

Soal 7.
Perhatikan soal berikut:
Gambar berikut mengilustrasikan perubahan tekanan udara di paru-paru selama satu siklus bernapas. Tekanan atmosfer sebesar 101 kPa.
Gambar berikut mengilustrasikan perubahan tekanan udara di paru-paru selama satu siklus bernapas. Tekanan atmosfer sebesar 101 kPa

Posisi yang menunjukkan tulang rusuk mulai terangkat adalah …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal tersebut mengukur kemampuan ...
A. Memahami
B. Menerapkan
C. Menganalisis
D. Mengevaluasi
E. Mencipta

Level kemampuan berpikir (kognitif):
Mengingat : Memberikan jawaban faktual, menguji ingatan, pengenalan
Memaham : Menerjemahkan, menjabarkan (menjelaskan), menafsirkan, menyederhanakan, dan membuat perhitungan
Menerapkan : Memahami kapan menerapkan, mengapa menerapkan, dan mengenali pola penerapan ke dalam situasi baru, tidak biasa dan agak berbeda atau berlainan
Menganalisis : Memecahkan ke dalam bagian, bentuk dan pola
Menilai : Membuat keputusan berdasarkan kriteria dan menyatakan mengapa demikian
Menciptakan : Menggabungkan unsur-unsur ke dalam bentuk atau pola yang sebelumnya kurang jelas Soal di atas mengukur kemampuan menganalisis, dalam hal ini mengaitkan tekanan udara dengan proses inspirasi dan ekspirasi, sehingga dapat menunjukkan pola yang sesuai. Kunci Jawaban : C

Soal 8.
Perhatikan diagram batang berikut!
Diagram tersebut berupa hasil penelitian tentang Skor Rata-rata () Postes Kemampuan Kognitif Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Discovery, Kooperatif (Group Investigation), dan Konvensional pada Materi Animalia. Jika Anda sebagai guru ingin menggunakan data tersebut untuk memperbaiki cara mengajar tentang materi Animalia di kelas, maka Anda akan melakukan
Diagram tersebut berupa hasil penelitian tentang Skor Rata-rata () Postes Kemampuan Kognitif Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Discovery, Kooperatif (Group Investigation), dan Konvensional pada Materi Animalia. Jika Anda sebagai guru ingin menggunakan data tersebut untuk memperbaiki cara mengajar tentang materi Animalia di kelas, maka Anda akan melakukan …
A. Tetap menggunakan model konvensional
B. Akan menggunakan model Group Investigation (GI)
C. Akan menggunakan model discovery
D. Akan menggunakan paduan model konvensional dan GI
E. Akan menggunakan paduan model konvensional dan Inquiry

Pembahasan
Hasil penelitian ini memberi informasi bahwa kemampuan kognitif siswa pada materi animalia yang diajar dengan penerapan model discovery lebih baik daripada yang diajar dengan model lainnya. Kunci Jawaban : C

Soal 9.
Perhatikan kompetensi dasar (KD) berikut ini.
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis Apabila Anda ingin siswa mencapai KD tersebut pada materi fotosintesis, alat/bahan/media yang tepat yang harus Anda gunakan dalam pembelajaran adalah …
A. Specimen asli
B. Video fotosintesis
C. Carta dan gambar
D. Media game topik fotosintesis
E. Multimedia interaktif fotosintesis

Pembahasan
Media pembelajarn menggunakan ide Bruner tentang pembelajaran, yakni pembelajaran seharusnya dimulai dari aktivitas, menuju ke representasi ikonik (misal gambar, model), baru menuju simbolik (misal kata-kata). Selain itu, gunakan pertimbangan kerucut pengalaman Edgar Dale berikut:

Berdasarkan KD keterampilan dan kerucut pengalaman di atas, maka media yang paling sesuai adalah benda sebenarnya (alat dan bahan kegiatan fotosintesis). Media pendukung dapat berupa media visual yang diproyeksikan. Ingat, PPT BUKAN media, namun nama perangkat lunak untuk menghasilkan media audio-visual-gerak (multimedia) yang diproyeksikan. Kunci Jawaban: A

Soal 10.
Bu Ana mendapati, bahwa siswa-siswanya memiliki gaya belajar kinestetik-badani (body kinesthetic). Bu Ana hendak melakukan pembelajaran tekanan pada zat. Pembelajaran yang sesuai adalah ...
A. Meminta siswa membaca materi tekanan zat dan menggarisbawahi kata-kata penting
B. Menugasi siswa secara berkelompok untuk menelusuri internet tentang efek ketinggian (tekanan udara rendah) terhadap prestasi atlet
C. Menunjukkan gejala tekanan, mendiskusikan konsep tekanan, dan berlatih soal tekanan pada zat
D. Meminta siswa menyelidiki pengaruh luas permukaan benda terhadap kedalaman jejaknya bila ditaruh di atas plastisin
E. Memfasilitasi kenyamanan belajar tekanan zat dengan memperdengarkan musik dengan volume yang tidak terlalu keras

Kunci Jawaban: D
Pembahasan