Pengertian Pendekatan Saintifik


ARTIKEL PENDIDIKAN. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mampu mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui lima tahap kegiatan pokok, yaitu mengamati (observing), menanya (questioning)melakukan/ mencoba (experimenting), menghubungkan/ mengasosiasi (asociating), dan mengkomunikasikan (communicating)

Baca Juga : 


Tahapan-tahapan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ilmiah yang harus dilakukan dalam upaya mencari jawaban atas masalah atau menemukan kebenaran. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut peserta didik akan dilatih untuk mengidentifikasi untuk menemukan masalah, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Pendekatan saintifik akan menuntun pemahaman peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, dimana informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. 
Pengertian Pendekatan Saintifik

Oleh karena itu kondisi pembelajaran harus diciptakan yang mampu mendorong peserta didik dalam mencari tahu tentang suatu informasi (materi ajar) dari berbagai sumber belajar melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. 
Dalam melaksanakan proses-proses tersebut, guru harus mampu menuntun dan mengarahkan peserta didik dalam mengembangkan rasa keingintahuannya terhadap sesuatu. diperlukan. Dalam kondisi demikian, guru lebih berperan sebagai fasilitator dan mediator bagi peserta didik dalam menemukan jawaban atas berbagai keingintahuannya tersebut.