Prosedur Pembongkaran, Penggantian dan Pemasangan Ban Dalam dan Luar
Pembongkaran ban dari pelek diperlukan apabila terjadi kebocoran ban, mengganti ban dengan yang baru, merubah posisi ban yang terkikis satu sisi dan penggantian ban apabila terjadi cacat atau kerusakan tread ban.
Sebelum menekan sidewall dari ban, perlu diperhatikan keselamatan kerja sebagai berikut:
1. Prosedur Pembongkaran Ban dari Pelek (Ban Biasa)
2. Prosedur Pemasangan Ban
Demikianlah Cara Prosedur Pembongkaran, Penggantian dan Pemasangan Ban Dalam dan Luar
Semoga Bermanfaat
Pembongkaran ban dari pelek diperlukan apabila terjadi kebocoran ban, mengganti ban dengan yang baru, merubah posisi ban yang terkikis satu sisi dan penggantian ban apabila terjadi cacat atau kerusakan tread ban.
Sebelum menekan sidewall dari ban, perlu diperhatikan keselamatan kerja sebagai berikut:
- Rim dan ban dalam kondisi bersih, kering dan kondisinya baik. Apabila perlu, lepaskan pemberat balancing (termasuk pemberat yang menggunakan model perekat). Hal lain yang perlu diperhatikan, (1) Cek ban dan tread dari kerusakan, (2) Cek rim dan bead dari kerusakan/perubahan bentuk. Untuk pelek racing dari bahan alumunium alloy, bagian sisi ring perlu dicek kerataannya.
- Tambahkan sabun colek pada permukaan kontak rim dengan tepi ban perlu diberi pelumas khusus/sabun colek untuk memudahkan dalam proses pelepasan ban terhadap pelek.
- Gantilah ban dalam dengan ban dalam yang baru.
- Ukuran ban harus sesuai dengan ukuran rim.
- Sebelum melakukan pelepasan ban, angin harus dikeluarkan dari ban dengan melepas katup pentil.
- Untuk membersihkan ban di atas mesin dilarang menggunakan air/udara bertekanan.
1. Prosedur Pembongkaran Ban dari Pelek (Ban Biasa)
- Pasang ban yang telah kempes pada sisi samping mesin.
- Posisikan bilah penekan (3) dengan menggeser handle (4) pada sisi samping ban berjarak 5 mm dari rim.
- Selama proses pengepresan, tangan tidak berada di posisi samping ban karena berbahaya.
- Tekan pedal (2), maka bilah nekan (3) akan menekan sidewall dengan tekanan yang cukup kuat sampai kedua bead lepas dari rim.
- Tempatkan roda di atas mesin, tekan pedal (3) sampai posisi pelek terjepit dengan kuat.
- Posisikan pengait pelepas ban (2), 2 mm di atas rim.
- Gunakan sendok ban (1) untuk mencongkel sisi samping ban dan menepatkan dengan pengait (2) sampai pengait masuk ke dalam bead.
- Tekan pedal pemutar (3),maka mesin akan memutarkan ban berlawanan arah jarum jam (anticlock wise), maka bead akan terlepas dari rim.
- Keluarkan ban dalam dari pelek dengan menarik secara perlahan.
- Untuk melepas bead sisi bawah, tempatkan pengait pada rim sisi bawah.
- Tekan pedal (3), maka mesin akan berputar berlawanan arah jarum jam dan ban akan terlepas dari peleknya.
2. Prosedur Pemasangan Ban
- Tempatkan pelek di atas mesin.
- Tempatkan ban di atas pelek, masukkan bead ke salah satu sisi samping pelek.
- Tempatkan tuas pemasang pada bead sisi bawah dan tekan pedal pemutar, maka mesin akan berputar searah jarum jam, maka bead bawah akan terpasang pada pelek.
- Masukkan ban dalam dan tepatkan pentil pada lubangnya sampai posisi tegak lurus terhadap pelek.
- Pasang tuas pengait pemasang, setel posisi tuas 2 mm di sisi atas rim.
- Tekan pedal pemutar (panah kanan), maka mesin akan berputar searah jarum jam, secara perlahan ban akan terpasang pada pelek.
- Posisikan ban luar terhadap pelek dengan cara menekan sisi bead, maka ban akan tertata rapi pada peleknya.
- Pasang katup pentil ban dengan menggunakan kunci pentil.
- Pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai dengan peruntukan ban.
Demikianlah Cara Prosedur Pembongkaran, Penggantian dan Pemasangan Ban Dalam dan Luar
Semoga Bermanfaat