artikel pendidikan |
Dalam proses pendidikan adanya kerja sama yang di lakukan guru dalam pembelajaran berdampak pada tingkat motivasi belajar siswa yang meningkat di samping itu juga gairah siswa dalam suatu pembelajaran akan menjadi lebih baik, Guru adalah sosok yang berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, untuk itu diperlukan suatu upaya kerja sama yang baik sesama guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Contoh Proposal Skripsi. Motivasi belajar siswa bertujuan untuk membangkitkan dorongan dalam diri siswa untuk belajar lebih giat dan terpola . Kenyataan yang terlihat bahwa kebanyakan proses belajar mengajar di Sekolah siswa kurang mendapat dorongan dari pada guru mereka, sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang lancar, rendahnya pemahaman pada guru tentang cara meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi penyebab akan menjadi hambatan dalam belajar siswa, sehingga antar guru yang satu dengan yang lain akan berbeda dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Akan tetapi sering kita melihat bahwa kebanyakan antar guru tidak mungkin terjadi kerja sama yang baik, sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang lancar dan kurang terarah, pada akhirnya pencapaian tujuan belajar menjadi kurang lancar. kerjasama antar guru hanya terjadi di lingkungan madrasah saja, misalnya guru fiqih bekerja sama dengan guru aqidah akhlak, atau qur’an hadits saja. sehingga proses komunikasi untuk mampu membangkitkan motivasi belajar siswa.
Hal itu terlihat secara khusus di MAS Glumpang Tiga yang telah menerapkan upaya kerja sama antar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tetapi siswa dalam belajar kurang termotivasi, guru terkendala dalam menerapkan upaya kerja sama yang mampu membangkitkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
Guru menjadi kewalahan dalam mengelola proses belajar mengajar.guru terkendala dalam melakukan upaya kerja sama antar guru,sehingga siswa kurang motivasi dalam proses belajar mengajar di samping itu juga prestasi siswa menjadi rendah .
Sebenarnya dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu menjalin kerja sama yang baik dan kontinyu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa akan mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik dan sempurna, untuk itu kerjasama yang di lakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mutlak di perlukan dan ditingkatkan.
Penelitian ini sangatlah penting dilakukan segera, supaya terungkap ada tidaknya permasalahan dalam kerja sama yang di lakukan guru terhadap motivasi belajar di MAS Glumpang Tiga, jika memang terbukti ada permasalahan dalam upaya kerjasama guru terhadap motivasi belajar, maka kita akan tahu solusi dan kiat-kiat untuk mengatasi problema (kendala) tersebut. Sepanjang penelitian khusus yang berkenaan dengan judul penelitian ini yaitu “kerja sama antar guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa, (suatu penelitian pada MAS Glumpang Tiga)
Hal itu terlihat secara khusus di MAS Glumpang Tiga yang telah menerapkan upaya kerja sama antar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tetapi siswa dalam belajar kurang termotivasi, guru terkendala dalam menerapkan upaya kerja sama yang mampu membangkitkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
Guru menjadi kewalahan dalam mengelola proses belajar mengajar.guru terkendala dalam melakukan upaya kerja sama antar guru,sehingga siswa kurang motivasi dalam proses belajar mengajar di samping itu juga prestasi siswa menjadi rendah .
Sebenarnya dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu menjalin kerja sama yang baik dan kontinyu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa akan mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik dan sempurna, untuk itu kerjasama yang di lakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mutlak di perlukan dan ditingkatkan.
Penelitian ini sangatlah penting dilakukan segera, supaya terungkap ada tidaknya permasalahan dalam kerja sama yang di lakukan guru terhadap motivasi belajar di MAS Glumpang Tiga, jika memang terbukti ada permasalahan dalam upaya kerjasama guru terhadap motivasi belajar, maka kita akan tahu solusi dan kiat-kiat untuk mengatasi problema (kendala) tersebut. Sepanjang penelitian khusus yang berkenaan dengan judul penelitian ini yaitu “kerja sama antar guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa, (suatu penelitian pada MAS Glumpang Tiga)
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar masalah di atas, maka permasalahan pokok dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
Berdasarkan latar masalah di atas, maka permasalahan pokok dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga Kabupaten Pidie
- Bagaimana usaha yang di lakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga kabupaten pidie.
- Bagaimna kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
C. Tujuan Penelitian
Setiap usaha yang dilakukan manusia biasanya mempunyai tujuan yang ingin di capai . adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
Setiap usaha yang dilakukan manusia biasanya mempunyai tujuan yang ingin di capai . adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui motivasi usaha belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
- Untuk mengetahui usaha yang di lakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
- Untuk mengetahui kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Glumpang Tiga.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian berharap semoga hasil dari penelitian ini bisa memberikan kontribusi dalam menerapkan kerja sama guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga meningkatlah mutu pendidikan. Adapun manfaat penelitian terbagi menjadi dua yaitu:
Penelitian berharap semoga hasil dari penelitian ini bisa memberikan kontribusi dalam menerapkan kerja sama guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga meningkatlah mutu pendidikan. Adapun manfaat penelitian terbagi menjadi dua yaitu:
1. Manfaat Teoritis
Secara teoritis penelitian ini bermanfaat sebagai berikut :
- Penelitian ini bermanfaat dan berperan penting dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, khususnya mengenai kerja sama Guru dalam memotivasi siswa.
- Dapat menjadi khazanah ilmu pengetahuan bagi penulis terutama dan pembaca pada umumnya yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang kerja sama Guru dalam memotivasi siswa untuk belajar.
2. Manfaat Praktis
Secara praktis penelitian ini bermanfaat sebagai berikut:
- Bagi kepala sekolah/guru hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran dan masukan dalam rangka pendidikan siswa khususnya dalam memotivasi siswa untuk belajar.
- Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan berguna untuk menambah minat dan motivasi untuk meningkatkan proses pembelajaran.
- Hasil penelitian ini bisa di pakai untuk sekolah lain dalam meningkatkan kerjasama antar Guru dalam meningkatkan motivasi siswa.
E. Penjelasan Istilah
Untuk menghindari keburaman dan kesalahan dalam penulis ini maka perlu kiranya di jelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam judul penelitian ini yaitu:
Untuk menghindari keburaman dan kesalahan dalam penulis ini maka perlu kiranya di jelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam judul penelitian ini yaitu:
1. Kerjasama
Kerjasama adalah “gotong royong,beramai-ramai,koordinasi dan secara massa” kerjasama adalah “serangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menjadikan apa yang dikerjakan terselesaikan, biasanya pekerjaan yang dilakukan bersama-sama adalah bersifat kemaslahatan bersama-sama. dalam kerjasama banyak sekali mengandung nilai-nilai kemanusiaan yang dapat mempererat silaturahmi dan persaudaraan dalam kehidupan.
Kerjasama adalah “gotong royong,beramai-ramai,koordinasi dan secara massa” kerjasama adalah “serangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menjadikan apa yang dikerjakan terselesaikan, biasanya pekerjaan yang dilakukan bersama-sama adalah bersifat kemaslahatan bersama-sama. dalam kerjasama banyak sekali mengandung nilai-nilai kemanusiaan yang dapat mempererat silaturahmi dan persaudaraan dalam kehidupan.
Dalam penelitian ini kerjasama di artikan koordinasi yang di Lakukan antar Guru dalam pembelajaran di MAS Glumpang Tiga tahun pembelajaran 2018/2019.
2. Guru Agama
Guru adalah : tenaga pengajar yang merupakan tenaga pendidik yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar, yang pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di sebut guru dan pada jenjang pendidikan tinggi di sebut dosen” . Guru adalah orang yang di beri tugas wewenang dan tanggung jawab oleh yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan di sekolah.
Guru adalah : tenaga pengajar yang merupakan tenaga pendidik yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar, yang pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di sebut guru dan pada jenjang pendidikan tinggi di sebut dosen” . Guru adalah orang yang di beri tugas wewenang dan tanggung jawab oleh yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan di sekolah.
Di samping tugas profesi tersebut juga guru mempunyai tugas keagamaan, tugas kemanusiaan, dan tugas kemasyarakatan guru yang di maksud dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajar mata pelajaran Pai/Agama di MAS Glumpang Tiga tahun pelajaran 2018/2019.
3. Motivasi
Motivasi adalah “sebab-sebab yang menjadi dorongan,tindakan seseorang dan dasar pikiran atau pendapat” . Ada juga yang mendefinisikan motivasi dengan arti” keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu guna mencapai tujuan tertentu”.
Motivasi adalah “sebab-sebab yang menjadi dorongan,tindakan seseorang dan dasar pikiran atau pendapat” . Ada juga yang mendefinisikan motivasi dengan arti” keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu guna mencapai tujuan tertentu”.
Dalam penelitian ini penulis mengartikan motivasi adalah suatu dorongan yang di berikan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga anak-anak akan termotivasi oleh dorongan tersebut dalam belajar mereka di MAS Glumpang Tiga tahun pelajaran 2018/2019.
4. Belajar
Belajar berarti suatu usaha perubahan perilaku, baik itu efektif, kognitif, dan psikomotor melalui pendidikan, ada sebagian pendidikan yang mengartikan” belajar dengan proses yang terjadi antara peserta didik dengan anak didik yang bertujuan mentransfer ilmu dengan batas waktu yang jelas” .
Belajar berarti suatu usaha perubahan perilaku, baik itu efektif, kognitif, dan psikomotor melalui pendidikan, ada sebagian pendidikan yang mengartikan” belajar dengan proses yang terjadi antara peserta didik dengan anak didik yang bertujuan mentransfer ilmu dengan batas waktu yang jelas” .
Dalam penelitian ini yang di maksud dengan belajar berarti proses belajar mengajar yang terjadi di MAS Glumpang Tiga tahun pelajaran 2018/2019
5. Siswa
Menurut suharsimi arikunto kata siswa di artikan dengan “siapa saja yang terdaftar sebagai objek didik di suatu lembaga pendidikan di tingkat dasar dan tingkat menengah, yaitu SD, SMP, SMA, SLTA” . Siswa adalah “murid atau anak didik yang akan kita jadikan perubahan perilaku melalui proses pembelajaran yang biasa kita lakukan pada pendidikan formal,”
Siswa disini adalah anak-anak yang berada pada bangku sekolah dalam setiap jenjang pendidikan akan tetapi dalam penelitian ini di khususkan siswa MAS Glumpang Tiga.
Menurut suharsimi arikunto kata siswa di artikan dengan “siapa saja yang terdaftar sebagai objek didik di suatu lembaga pendidikan di tingkat dasar dan tingkat menengah, yaitu SD, SMP, SMA, SLTA” . Siswa adalah “murid atau anak didik yang akan kita jadikan perubahan perilaku melalui proses pembelajaran yang biasa kita lakukan pada pendidikan formal,”
Siswa disini adalah anak-anak yang berada pada bangku sekolah dalam setiap jenjang pendidikan akan tetapi dalam penelitian ini di khususkan siswa MAS Glumpang Tiga.
6. MAS Glumpang Tiga
MAS Glumpang Tiga adalah sebuah lembaga pendidikan yang terletak di kecamatan Glumpang Tiga atau tepatnya berada di kompleks sekolah Glumpang Tiga, MAS Glumpang Tiga merupakan lembaga pendidikan formal tingkat aliyah yang berada di bawah naungan kementrian agama kabupaten pidie.