Soal dan Jawaban Tentang Komunikasi Efektif

Berikut ini merupakan Soal dan Jawaban Tentang Komunikasi Efektif. Baca dan pahamin Soal dan Jawabannya.
Soal dan Jawaban Tentang Komunikasi Efektif

Apa itu Komunikasi Efektif? 

Komunikasi yang efektif adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi  yang disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima  sehingga tujuan atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin. Download Soal

Komunikasi Efektif di Era Komunikasi Virtual

Dalam keadaan pandemi dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin dengan adanya komunikasi yang efektif. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat  yang menghubungkan interaksi sosial.

Komunikasi yang efektif mencakup keterampilan seperti komunikasi  verbal dan nonverbal, mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan emosi dan mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan diasah. 

Soal dan Jawaban Tentang Komunikasi Efektif

1. Dalam komunikasi terjadi pertukaran :
A. Informasi
B. Mata Uang
C. Barang
D. Jasa

2. Komunikasi efektif tercapai ketika :
A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B. Komunikator mengenal lawan bicara
C. Pesan disampaikan dengan jelas
B. Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara

3. Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :
A. Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
B. Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal

4. Tujuan mendengar lawan bicara adalah :
A. Untuk dapat merespon dengan benar
B. Untuk memenangkan argumen
C. Untuk mengerti lawan bicara
D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara

5. Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :
A. Kesopanan
B. Nonverbal
C. Efektif
D. Virtual

6. Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :
A. Simpati
B. Emosi
C. Empati
D. Strategi Komunikasi

7. Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :
A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator
B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C. Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan
D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan

8. Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B. Teknologi komunikasi yang canggih
C. Perencanaan yang matang
D. Penulisan pesan yang personal

9. Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain
B. Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
C. Melakukan kritik yang membangun
D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara

10. Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?
A. Penggunaan teknologi yang tepat
B. Alasan dan tujuan komunikasi
C. Pesan yang detail dan lengkap
D. Lawan bicara

11. Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?
A. Bersikap jelas
B. Pesan tidak sampai kepada pendengar
C. Gaya komunikasi tidak berkesan
D. Jalur komunikasi tidak jelas?

12. Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
A. Pendek namun efektif
B. Bersikap jelas
C. Detail, lengkap dan tertata
D. Sampaikan apa yang harus dicapai

13. Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :
A. Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam
D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah

14. Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :
A. Bersikap jelas
B. Pendek namun efektif
C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D. Sampaikan apa yang harus dicapai

15. Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
A. Penggunaan tulisan
B. Gambar
C. Media online
D. Penggunaan bahasa tubuh

Download Soal dan Jawaban

Dapatkan Informasi Lainnya (Terupdate dan Terpecaya) dibawah ini

Follow IG Kami : Klik Follow
Ikuti FB Kami : klik Ikuti
Grub Telegram : Join
Channel Telegram :klik Join
Grup Facebook : klik Ikuti
Google News : klik Follow