Kelas Campuran adalah kelas yang menerapkan pembelajaran campuran sehingga murid mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.
Dengan mengadaptasi konsep dari Catlin R. Tucker dkk (2017) maka Bukik Setiawan (2021) mendefinisikan Pembelajaran Campuran (Blended Learning) sebagai program pendidikan yang memfasilitasi murid belajar dengan memenuhi 4 ciri ini
- Setidaknya mengikuti pembelajaran asinkron yang memungkinkan murid merdeka mengatur waktu, tempat, alur dan tempo belajarnya;
- Setidaknya mengikuti pembelajaran sinkron dengan pendampingan guru pada suatu waktu dengan moda belajar tertentu;
- Menghubungkan beragam modalitas program/mata pelajaran menjadi suatu pengalaman belajar terintegrasi;
- Membantu murid menjadi pelajar merdeka belajar (komitmen pada tujuan, mandiri pada cara dan reflektif) dalam mencapai sasaran belajar yang disepakatinya.
Berikut ini beberapa Soal dan Jawaban Tentang Penerapan Kelas Campuran. Download
Soal dan Jawaban Tentang Penerapan Kelas Campuran
1. Pembelajaran campuran adalah campuran antara
A. Daring dan luring
B. Tatap muka dan jarak jauh
C. Ceramah dan tanya jawab
D. Sinkron dan asinkron
2. Pembelajaran campuran merupakan terobosan pada bidang:
A. Teknologi canggih
B. Teknologi & pedagogi
C. Pendidikan dasar
D. Teknologi & informasi
3. Dampak pembelajaran campuran terhadap guru adalah:
A. Perubahan peran guru
B. Penghapusan peran guru
C. Tidak ada dampak apa pun
D. Guru digantikan teknologi
4. Pembelajaran campuran mempunyai 4 ciri yaitu:
A. Teknologi, pedagogi, informasi, rekreasi
B. Pedagogi, teknologi, tatap muka, jarak jauh
C. Tatap muka, jarak jauh, tata ruang, tata informasi
D. Sinkron, asinkron, integrasi, merdeka belajar
5. Pembelajaran campuran menjadi solusi pada masa pandemi COVID-19 karena:
A. Penggunaan teknologi pembelajaran yang canggih
B. Berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran
C. Fleksibel menyesuaikan tantangan masa pandemi
D. Membantu guru menggunakan teknologi
6. Ciri utama dari pembelajaran sinkron adalah:
A. Kehadiran murid dan guru secara bersamaan
B. Memastikan guru dan murid hadir tatap muka
C. Penggunaan teknologi yang minimal mungkin
D. Penggunaan ruang kelas secara optimal
7. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran sinkron adalah:
A. Penguasaan Materi
B. Tugas Kontekstual
C. Proyek Kolaborasi
D. Pemberian Umpan Balik
8. Kelebihan pembelajaran sinkron adalah
A. Fleksibilitas jadwal. Murid bisa mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
B. Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
C. Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
D. Umpan balik instan. Murid bisa mendapatkan umpan balik secara instan, tidak menunggu respon guru.
9. Kelemahan pembelajaran sinkron adalah
A. Perasaan terisolasi. Murid berpotensi merasa sendirian dan terasing dari lingkungan sekitar.
B. Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
C. Penurunan antusiasme. Murid mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
D. Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
10. Guru Agus ingin memahami kebutuhan belajar murid melalui interaksi dengan para muridnya. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Agus?
A. Sinkron daring
B. Asinkron daring
C. Asinkron luring
D. Sinkron luring
11. Ciri utama pembelajaran asinkron adalah
A. Memastikan guru dan murid menggunakan teknologi
B. Penggunaan teknologi secara optimal untuk pembelajaran
C. Interaksi antara guru dan murid yang manusiawi
D. Murid belajar mandiri tanpa tergantung kehadiran guru
12. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran asinkron adalah:
A. Praktik
B. Diskusi kelompok
C. Umpan Balik
D. Tugas Kontekstual
13. Kelebihan pembelajaran asinkron adalah.....
A. Aktivitas belajar interaktif. Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan murid.
B. Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
C. Umpan balik sesuai kebutuhan. Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik sesuai kompetensi murid.
D. Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
14. Kelemahan pembelajaran asinkron adalah
A. Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
B. Jadwal yang kaku. Satu jadwal yang sama untuk semua murid.
C. Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
D. Kehadiran dan kualitas guru. Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
15. Guru Dila ingin muridnya belajar mandiri dengan mengenali dan menyelesaikan persoalan di sekitar pasar dekat sekolah mereka. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Dila?
A. Sinkron daring
B. Asinkron daring
C. Asinkron luring
D. Sinkron luring
16. Dalam merancang pembelajaran campuran, berapa komposisi yang tepat antara pembelajaran sinkron dan asinkron?
A. Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih banyak
B. Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih sedikit
C. Lebih optimal pembelajaran asinkron lebih sedikit
D. Lebih optimal pembelajaran sinkron lebih banyak
17. Apabila materi pelajaran bisa ditampilkan melalui infografik, podcast atau video, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
A. Sinkron
B. Asinkron
C. Campuran
D. Terpadu
18. Apabila murid tidak bisa hadir pada waktu yang bersamaan maka pembelajaran yang disarankan adalah:
A. Sinkron
B. Asinkron
C. Campuran
D. Terpadu
19. Apabila guru ingin memberikan umpan balik sesuai kebutuhan dan kompetensi murid, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
A. Sinkron
B. Asinkron
C. Campuran
D. Terpadu
20. Apabila guru ingin membahas konsep yang kompleks maka pembelajaran yang disarankan adalah:
A. Sinkron
B. Asinkron
C. Campuran
D. Terpadu
Download Soal dan Jawaban Tentang Penerapan Kelas Campuran
Dapatkan Informasi Lainnya (Terupdate dan Terpecaya) dibawah ini