Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

ASN PPPK - Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran 3 yaitu tentang Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Soal Riviu Pembelajaran Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Soal dan Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Modul belajar mandiri substansi pedagogi memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran yang berhubungan dengan substansi kompetensi pedagogi.

Komponen pembelajaran yang ada di dalam modul pedagogi ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat me-refresh kembali pengetahuan dan dengan mudah memahami kembali materi-materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kompetensi yang berorientasi kepada keteramapilan berpikir tingkat tinggi.

Sebagai bahan belajar mandiri, diberikan aktivitas pemebelajaran mandiri yang mengedepankan konsep komunitas pembelajaran yang di berikan pada aktivitas-aktivitas pembelajaran dibawah ini.

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..

a. transfer knowledge
b. creative thinking
c. critical thinking
d. problem solving
The correct answer is: problem solving

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

a. menyebutkan pengertian ekosistem
b. menelaah hubungan antar komponen ekosistem
c. menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
d. menjelaskan jaring-jaring makanan
The correct answer is: menelaah hubungan antar komponen ekosistem

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....

a. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
c. melihat video tentang cuaca
d. mencatat hasil pengamatan cuaca
The correct answer is: membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

Perhatikan pernyataan berikut.
Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

a. Inventive Thinking
b. Digital Age Literacy
c. High Productivity
d. Effective Communication
The correct answer is: Inventive Thinking

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
b. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
c. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
d. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
The correct answer is: bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
b. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
c. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
d. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
The correct answer is: menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

a. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
b. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
c. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
d. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
The correct answer is: tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a. mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b. menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c. menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d. menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
The correct answer is: menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa
b. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
c. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
d. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
The correct answer is: memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian

Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
b. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
c. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
The correct answer is: Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.