ASN PPPK Guru TK. Contoh Soal dan Jawaban PPPK Guru TK, Contoh Soal PPPK Guru SD 2021, Contoh Soal Skolastik PPPK 2021. Unduh Kumpulan Soal PPPK Tahun 2020. Soal SKB Pedagogi Guru TK. SKB Guru PAUD Tahun 2021
Contoh Soal PPPK Guru TK
1. Perhatian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajaranakTK, sehingga anak....
A. senang karena pekerjaannya ditempel di kelas
B. merasa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi
C. menjadi kreatif dan senang mencoba
D. akan lebih tekun dan prestasinya meningkat dengan pesat
B. jawaban benar, karena merasa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi akibatadanya perhatian (Modul3, KB1 tentang: Faktor yang mempengaruhi belajar anak TK)
2. Model pendidikan di TK berdasarkan pendapat Martin Luther adalah....
A. pendidikan diarahkan untuk program-program kegiatan kembali ke alam
B.anak-anak belajar dan mengenal berbagai hal
C. menggunakan pendekatan sistem among
D. agama yang dijadikan tujuan utama dari sekolah
D. jawaban benar, karena model pendidikan yang dikemukakan oleh Martin Lutherberdasarkan pada agama yang dijadikan tujuan utama dari sekolah (Modul 3, KB2tentang: Model pendidikan di TK)
3. Bentuk sarana bermain untuk anak TK yang bersifat keras adalah....
A. sarana bermain yang tidak menggunakan otot
B. sarana bermain yang berupa ayunan dan balok titian
C. alat permainan dokter-dokteran
D. permainan seperti krayon dan congklak
B. Jawaban benar, karena ayunan dan balok titian termasuk alat permainan yangbersifat keras.
4. Kepribadian anak usia TK dapat dibentuk akibat pengaruh dari luar diri anakdiantaranya adalah....
A. permainan yang disenangi anak
B. keinginan anak untuk bermain di luar
C. rasa ingin tahu anak terhadap permainan bahan alam
D. pengamatan anak terhadap teman-temannya yang sedang bermain
A. jawaban benar, karena permainan yang disenangi anak dapat mempengaruhipembentukan pribadi anak dari luar
5. Kegiatan bermain sambil belajar yang dapat mengembangkan kemampuan sosialanak, adalah bermain....
A.lego dan plastisin
B. boneka dan puzzle
C. menggambar dan menyusun balok
D. gobak sodor dan sepak bola
D. jawaban benar, karena gobak sodor dan sepak bola membuat anak berinteraksidengan orang lain.
6. Contoh cara mengembangkan program mendongeng di TK adalah....
A. menentukan tema yang bagus
B. menggunakan bahasa yang sesuai dengan daerah asal cerita dongengtersebut
C. memilih tema yang dapat membuat anak menjadi seorang yang cerdasdan berwibawa
D. menentukan tema yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak, dengantokoh orang yang diidolakan anak-anak
D. jawaban benar, karena tema yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak,dengan tokoh orang yang diidolakan, akan merupakan salah satu contoh caramengembangkan program mendongeng yang sesuai dengan tujuan pendidikan diTK (Modul4, Kb4 tentang: Program mendongeng di TK)
7. Jika anak usia dini telah dapat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks, berartianak tersebut dapat dikatakan telah memiliki....
A. pengalaman
B. intelektual
C. kemampuan
D. keahlian
C. jawaban benar, karena kemampuan adalah sesuatu yang telah dapat dilakukananak usia dini dalam berbagai konteks (Modul5, KB1 tentang: Analisis kurikulumdan pemetaan kompetensi di TK)
8. Salah satu tugas guru sebagai penilai hasil kegiatan pembelajaran di TK adalah....
A. mengajukan pertanyaan secara lisantentang pelajaran yang akandisampaikan
B. merancang tujuan pembelajaran sesuai dengan tema
C. memilih strategi pembelajaran sesuai dengan alat penilaian
D. melaksanakan kegiatan penilaian pada saat kegiatan inti
D. jawaban benar, karena melaksanakan kegiatan penilaian pada saat kegiataninti adalah tugas guru sebagai penilai hasil kegiatan pembelajaran (Modul6, KB 2tentang: Profil tugas seorang guru di TK)
9. Bu Tita selalu mengajak anak-anak didiknya untuk berbagi dengan teman laindalam segala hal. Ia meminta anak-anak untuk saling berbagi mainan dan bahanbelajar. Ilustrasi ini menggambarkan bahwa guru tersebut....
A. meningkatkan kemampuannya dalam mengajar
B. berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan
C. melatih kepribadian anak
D. melatih keterampilan sosial anak
D. jawaban benar, karena saling berbagi merupakan cara untuk melatihketerampilan sosial anak
10. Asesmen dalam evaluasi hasil belajar pada anak usia dini dapat....
A. mempengaruhi keberhasilan pendidikan tahap berikutnya
B. dilakukan dengan cara meluruskan atau membetulkan perilaku yangmenyimpang
C. membantu merencanakan kebutuhan yang akan dicapai oleh program
D. dilakukan dengan tujuan yang terlebih dahulu dirumuskan
A. jawaban benar, karena asesmen dalam evaluasi hasil belajar dapatmempengaruhi keberhasilan pendidikan tahap berikutnya (Modul8, KB3 tentang:Model evaluasi TK)
11. Nilai teori dalam kebudayaan adalah....
A. sesuatu yang berhubungan dengan keindahan
B. mencakup kegunaan dari berbagai metode ilmiah
C. nilai yang berhubungan dengan antar manusia
D. hakikat penemuan kebenaran melalui berbagai metode
D. jawaban benar, karena hakikat penemuan kebenaran melalui berbagai metodeadalah makna dari nilai teori dalam kebudayaan (Modul 9, KB2 tentang:Kebudayaan dan pendidikan)
12. Suatu bimbingan yang tepat dilakukan pada pendidikan akan berperan dalamhal....
A. memahirkan peserta didik untuk lebih terampil
B. memperdalam materi yang disajikan
C. penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan
D. memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiri
D. jawaban benar, karena memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiriakibat adanya suatu bimbingan pada dunia pendidikan (Modul9, KB3 tentang:Pendidikan multikultur di Indonesia).