10 Soal dan Jawaban Pedagogik Matematika SMP Tahun 2021

Soal PPPK 2021. Dibawah ini ada beberapa Soal Latihan Tes Ujian ASN PPPK Guru Matematika SMP lengkap Kuci Jawaban. Soal Pedagogik  dan Contoh Soal Latihan untuk menghadapi Ujian ASN PPPK Matematika SMP Tahun 2021.

Soal Pedagogik Matematika SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran Matematika SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik Matematika SMP ini merupakan contoh Soal untuk menghadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021. Berikut Soal dan Jawaban Matematika SMP

Soal Pedagogik Matematika SMP Tahun 2020 untuk guru Mata Pelajaran Matematika SMP. Soal Kompetensi Pedagogik dan Soal Kompetensi Profesional lengkap Jawaban. Soal Pilihan Ganda Pedagogik Matematika SMP ini merupakan contoh Soal untuk menghadapi Tes Ujian ASN PPPK Tahun 2021. Berikut Soal dan Jawaban Matematika SMP

10 Soal dan Jawaban Pedagogik Matematika SMP Tahun 2021

SOAL 1.

Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran Matematika Kelas XI adalah menganalisis sifat- sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, kecuali …

A. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3
B. Mengidentifi kasi matriks singular
C. Menentukan Kofaktor matriks berordo 2x2
D. Menentukan minor matriks berordo 3x3
E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matriks

Pembahasan
Salah satu ketentuan merumuskan indicator adalah minimal terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran. Semua pilihan jawaban sudah memenuhi unsur kompetensi dan materi pelajaran. Jawaban C adalah jawaban yang kurang sesuai dengan KD tersebut karena kofaktor itu materi yang dibicarakan dalam materi menentukan invers matriks berordo 3x3 bukan matriks berordo 2x2. Jawaban C

SOAL  2.

Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskam panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indicator tersebut adalah ….

A. Syarat kesebangunan dua segitiga
B. Pengertian kesebanguna dua segitiga
C. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.
D. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun
E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

Pembahasan
Untuk bisa menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasar kesebangunan dua segitiga maka peserta didik tidak cukup hanya mempelajari pengertian, syarat dan ciri ciri kesebangunan dua segitiga, akan tetapi peserta didik harus mempelajari sifat sifat kesebangunan dua segitiga. Jawaban E

SOAL  3.

Suatu indikator dari materi Sistem Koordinat ialah menentukan kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu-X. Media yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran agar indikator tersebut tercapai ialah.

A. Slide Powerpoint dengan gambar bidang koordinat dan sebuah garis yang melalui titik (2,0)
B. Video Pembelajaran yang menampilkan garis sejajar sumbu-Y
C. Papan dengan koordinat dengat paku sebagai titik-titiknya, serta sebuah benang dengan posisi tegak lurus terhadap sumbu-Y
D. Lembar kerja terstruktur tentang tempat kedudukan titik pada bidang koordinat
E. Kertas manila yang terdapat gambar bidang koordinat serta sebuah garis yang melalui titik (0,5) dan (3,0)

Pembahasan
Sesuia dengan prinsip pembelajaran matematika berdasar kurikulum 2013 bahwa pembelajaran itu harus bisa membawa peserta didik dari diberi tahu ke mencari tahu tentang sesuatu. Jawaban D adalah jawaban yang paling tepat karena dengan media tersebut peserta didik diharapkan bisa mencari tentang kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu X. Jawaban D

Unduh Soal dan Jawaban Pedagogik Matematika SMP Tahun 2021

SOAL  4.

Salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa SMP adalah menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi. Tujuan yang paling tepat dirumuskan adalah ….

A. Dengan cara diskusi siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan bulat menggunakan sifat pengurangan
B. Dengan Menggunakan konsep pengurangan Siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan bulat.
C. Siswa dapat Menggunakan sifat ketertutupan pengurangan bilangan bulat untuk menentukan hasil bagi dua bilangan bulat.
D. Siswa dapat Menggunakan sifat asosiatif penjumlahan bilangan bulat dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
E. Dengan cara diskusi Siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan bulat menggunakan konsep penjumlahan bilangan

Pembahasan
Terdapat empat unsur pokok dalam perumusan tujuan pembelajaran, yaitu memuat ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree). Penulisan tujuan tidak harus urut ABCD. Tujuan minimal memuat unsur Adan B. Semua option soal di atas sudah memuat unsur ABC. Jawaban A, B, dan E kurang tepat karena tidak sesuianya komponen Beihavior dan Condition. Jawaban D tidak sesuai dengan indicator yang ada. Jadi jawaban yang tepat adalah C. Jawaban C

SOAL  5. 

Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapat urutan materi ialah: x – bunga tunggal – y – pertumbuhan – z. Pengganti x, y, dan z secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah.

A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan
B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk
C. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan
D. Baris aritmatika, baris geometri, bunga majemuk
E. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan

Pembahasan
Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapat urutan materi ialah: Defi nisi bunga–bunga tunggal–bunga majemuk–pertumbuhan peluruhan. Jawaban A

SOAL  6.

Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut ialah

A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan volum kerucut
B. Tayangan powerpoint yang berisi rumus volum kerucut dan soal-soal
C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola dan pasir
D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir
E. Alat peraga yang berbentuk kerucut, balok dan pasir

Pembahasan
Karena tujuan pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut, maka media yang bisa digunakan adalah peraga untuk menemukan volume kerucut berdasar kan volum tabung yang sudah dipelajari. Untuk itu media yang paling tepat adalah D yaitu Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir. Jawaban D

SOAL  7.

Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....

A. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan
B. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat
C. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
D. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar
E. Jawaban a, b, c, d, benar

Pembahasan
Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah jawaban B yaitu meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat. Jawaban B

SOAL  8. 

Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas Bu Kefi mengidentifi kasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan Bu Kefi untuk merespon hal ini adalah … .

A. Bertanya kepada siswa apa sarat keangotaan suatu himpunan
B. bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium yang merupakan anggota himpunan jajargenjang
C. bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium
D. memberi tugas kepada siswa menggambar jajargenjang dan menggambar trapezium
E. memberi tugas kepada siswa menuliskan ciri ciri jajargenjang dan trapezium

Pembahasan
Beberapa siswa di kelas Bu Kefi mengidentifi kasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Untuk memberikan schafolding sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa maka Guru harus mengetahui sumber kesalahan jawaban siswa itu apa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah C yaitu bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium, agar masalah nya diketahui. Jawaban C

SOAL 9. 

Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ....

A. Memberikan reward bagi yang berprestasi
B. Menjelaskan cara belajar agar berprestasi
C. Memberikan hukuman bagi yang tidak berprestasi
D. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari
E. Menjelaskan materi dan memberi contoh contoh soal yang banyak

Pembahasan
Salah satu faktor intrinsik yang menyebabkan siswa termotivasi mempelajari suatu materi adalah siswa tersebut merasakan pembelajaran tersebut bermakna. Salah satu kegiatan pembelajaran yang bermakna adalah jawaban D yaitu Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari. Jawaban D

SOAL  10. 

Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a + 3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan dua buah apel dan tiga buah jeruk. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan dari buah apel yang berada pada dua kardus besar dan tiga kardus kotak kecil. Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah

A. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar
B. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang defi nisi variabel
C. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk aljabar
D. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola
E. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan benar

Pembahasan
Untuk bisa memberikan justifi kasi sesuatu itu benar atau salah seseorang harus tahu dasar atau kesepakatan yang telah dibuat. Terkait dengan permasalahan tersebut perlu diminta untuk melihat kembali apa defi nisi variable. Maka jawaban yang benar adalah B. Jawaban B

Unduh Soal dan Jawaban Pedagogik Matematika SMP Tahun 2021