15 Soal SKB PGSD IPA PPPK Tahun 2021

Soal PPPK 2021 SKB PGSD IPA Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK 2020 Untuk Guru Mata Pelajaran IPA SD atau Tes Ujian Guru PGSD IPASoal SKB Pedagogik PGSD IPA Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik PGSD IPA p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k PGSD IPA dan jawabannya download soal p3k guru pgsd ipa terbaru soal p3k 2021

Soal SKB PGSD IPA PPPK Tahun 2021

15 Soal SKB PGSD IPA PPPK Tahun 2021

1. Menentukan ide pokok dalam wacana
Tentukan ide pokok wacana berikut:
Bupati Aceh Besar mengatakan, pihaknya akan segera mengkaji penerapan Sistem Pendidikan Terpadu untuk semua jenjang pendidikan di Aceh Besar dan diharapkan bisa dilaksanakan secepatnya. Harapan itu dikemukakan Mawardi Ali di depan sekitar 500-an guru dan kepala sekolah se-Aceh Besar di Auditorium SMK Almubarkeya, Aceh Besar, Sabtu (23/6/2018). “Kita harus berani bersikap untuk kemajuan pendidikan Aceh Besar ke depan,” tegasnya. Hadir pada kegiatan itu Wakil Bupati Aceh Tgk H. Husaini A Wahab, Ketua MPD Aceh Besar Prof. Dr. Musanif, dan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata Muhammad, S.Pd., M.M. Dalam pertemuan dengan jajaran pendidikan, Mawardi menambahkan, masa depan Aceh Besar sangat tergantung dari keberhasilan pendidikan hari ini. (Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2018/06/24/aceh-besar-siapkan-sistem-pendidikan-terpadu)
A. masa depan Aceh Besar sangat tergantung dari keberhasilan pendidikan hari ini.
B. pentingnya penerapan Sistem Pendidikan Terpadu untuk semua jenjang pendidikan
C. pembiasaan Harapan Bupati Aceh Besar terhadap penerapan Sistem Pendidikan Terpadu
D.pertemuan Kebijakan Pendidikan Bupati Aceh Besar dengan sekitar 500-an guru dan kepala sekolah se-Aceh Besar
E. kebijakan pendidikan inovatif Bupati Aceh Besar dalam bidang pendidikan

2. Menerapkan penggunaan ejaan dan tanda baca.
Dari kalimat-kalimat berikut, yang benar adalah ....
A. Rina belajar setiap hari untuk persiapan ujian yang akan datang.
B. Ali mengambil alat tulisnya yang tertinggal dibawah meja.
C. Siti mengucapkan terimakasih berulang kali atas kebaikan temannya.
D. Adik saya, Santi pergi ke Jakarta pagi tadi.
E. Andi sejak pagi menunggu orangtuanya datang.

3. Menerapkan prinsip operasi hitung bilangan pecahan
Rencana perbaikan jalan diselesaikan selama 60 hari oleh 20 pekerja. Selama proses perbaikan, sebanyak 10 pekerja tidak bekerja selama 8 hari. Tambahan hari yang diperlukan untuk menyelesaikan perbaikan jalan adalah ... hari.
A. 5
B. 2
C. 4
D. 3
E. 6

4. Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
Anak usia kelas III SD dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk menjaga kesantunan dibandingkan dengan anak usia kelas 1 SD. Misalnya bentuk sapaan kamu kepada orang yang lebih tua sudah dihindari. Perkembangan tersebut menunjukkan anak memiliki kemampuan
A. fisiolinguistik
B. sosiolinguistik
C. Literasi linguistik
D. neurolinnguistik
E. Psikolinguistik

5. Menganalisis fenomena interaksi dalam perkembangan Iptek dan perkembangan masyarakat, pada kehidupan global
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mendorng aktivitas umat manusia pada lintas bangsa dan Negara sehingga mengarah pada era globalisasi. Peran pembelajaran IPS SD dalam menyongsong era globalisasi, perlu mengembangkan kesadaran kepada siswa, dengan cara ....
A. Menumbuhkan semangat siswa untuk tidak perlu takut menghadapi persaingan era bebas yang semakin luas dan menglobal
B. Menumbuhkan semangat siswa untuk melakukan hal positif dan berdaya guna bagi masyarakat
C. Mendorong siswa untuk memahami karakteristik globalisasi, IPTEK, dan arus informasi serta komunikasi global
D. Mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam memasuki era globalisasi dengan menguasai bahasa internasional
E. Mendorong siswa untuk menyiapkan kualitas diri dalam era globalisasi yang semakin cepat dan pesat

6. Menganalisis penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang mendidik dan inovatif
Pak Sandi melakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Whole Languge. Berikut ini adalah langkah inovatif utama yang dilakukan Pak Sandi.... 
A. Mempersiapkan CD interaktif cerita anak lalu membagikannya kepada siswa sesuai kelompoknya
B. Menugasi siswa untuk mengakses sendiri tayangan video cerita anak di internet lalu siswa diminta membuat cerita sejenis
C. Mengevaluasi kemampuan siswa dalam melakukan percobaan pembuatan magnet berdasarkan tayangan video
D. Menugasi siswa menganalisis tayangan video sesuai materi pada 3 jenis mata pelajaran yang berbeda.
E. Menugasi siswa membaca komik digital lalu siswa diinta menulis cerita tersebut dengan menggunakan bahasanya sendiri

7. Merancang perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang meliputi indikator, tujuan, metode, proses, materi, media, penilaian
Bu Santi akan merancang perencanaan pembelajaran kelas IV untuk muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan KD 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan. Bu Santi membuat indikator-indikator. Salah satu indikator yang harus yang dibuat oleh Bu Santi adalah....
A. Menggali informasi untuk menemukan keterhubungan gagasan
B. Membuat tulisan yang memiliki keterhubungan gagasan dengan teks lain
C. Memperjelas keterhubungan antara gagasan dalam beberapa teks yang terkait
D. Menyusun kerangka tulisan dari beberapa teks yang memiliki keterhubungan gagasan
E. Membuat instrumen untuk menata keterhubungan antargagasan

8. Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan jarak, waktu,dan kecepatan
Dalam waktu yang bersamaan, Made dan Teguh mulai berlari bolak-balik berangkat dari P ke Q, ke P, ke Q lagi, dan seterusnya. Kecepatan lari Made dan Teguh berturut-turut adalah 4 meter/detik dan 1 meter/detik. Apabila P dan Q berjarak 80 meter, mereka berpapasan setelah berlari selama ... detik.
A.32
B. 34
C. 30
D. 28
E. 36

9. Mennerapkan konsep gaya dan gerak pada kehidupan sehari-hari
Sebuah bola ditendang dan bergerak dengan lintasan parabola. Pernyataan yang benar berikut ini adalah….
A. sudut elevasi bola dipengaruhi energi kinetiknya
B. energi kinetik bola tidak pernah nol
C. kecepatan bola arah horizontal konstan
D. energi potensial bola tidak pernah nol
E. kecepatan bola arah vertical konstan

10. Memberi contoh tentang landasan Konsep, Nilai, Moral, dan Norma dalam pengembangan materi PPKn-SD
Kemajemukan etnis, budaya dan agama yang menjadi latar kehidupan suku bangsa Indonesia dapat memperkokoh kesatuan dalam membangun kehidupan bersama. Namun potensi konfl ik dapat selalu terjadi dan dapat diatasi dengan mengembangkan konsensus. Hal ini mencerminkan bahwa Pancasila berfungsi sebagai ….
A. idiologi konstitusional
B. ideologi federalistik
C. ideologi persatuan
D. ideologi terbuka
E. ideologi kesatuan

11. Menganalisis ruang lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD berdasarkan kurikulum dan techno-pedagogical content knowledge (TPACK) di SD. 
Dalam pembelajaran membaca dan menulis di di kelas I SD, guru menggunakan Metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dengan menggunakan gambar-gambar dan tulisan di slide media visual interaktif sebagai berikut.
Tujuan utama menggunakan metode MMP ini adalah ....
A. Memberi contoh teknik membaca dan menulis peserta didik
B. Mengenalkan gambar-gambar dengan tulisannya kepada peserta didik
C. Memberi contoh pelafalan dan penulisan huruf
D. Mencari informasi dari bahan bacaan dan tulisan yang cocok untuk kelas I SD
E. Mengecek kelancaran membaca dan menulis peserta didik

12. Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model pembelajaran atau pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA Seorang guru baru saja pindah di sekolah baru yang fasilitas laboratoriumnya sangat lengkap. 
Guru tersebut ingin membelajarkan materi IPA dan berharap semua peserta didik dapat mengamati langsung peristiwa terapung, melayang, dan tenggelam yang dialami benda. Metode pembelajaran yang paling mendukung tercapainya tujuan guru tersebut adalah....
A. role-play
B. proyek
C. discovery
D. diskusi
E. expositori

13. Mengidentifi kasi permasalahan sosial yang ada lingkungan masyarakatnya
Konsep ruang dan waktu menjadi semakin buram dalam era globalisasi, sehingga aktivitas manusia semakin tidak dapat dibatasi ruang dan waktu. Pengembangan pembelajaran IPS SD, dalam konteks ruang dan waktu, perlu…..
A. Mengembangkan pemahaman siswa dalam ruang dan waktu yang dapat digunakan untuk aktivitas manusia
B. Menanamkan kesadaran kepada siswa tentang Modernisasi dan globalisasi merupakan dua sisi mata uang.
C. Menanamkan kesadaran kepada siswa tentang demokratisasi dan globalisasi berkembang sangat pesat
D. Menanamkan nilai-nilai lokal untuk mengaptisipasikan dampak nilai-nilai luar
E. Menanamkan kesadaran hakikat Globalisasi dengan tantangan kehidupan yang harus dihadapi.

14. Membandingkan ragam budaya dan adat istiadat masyarakat suku bangsa di Indonesia yang pluralistik
Kebudayaan daerah perlu dilestarikan terus, khususnya yang menunjang kebudayaan nasional dalam rangka memperkaya kebudayaan nasional bangsa Indonesia. Untuk itu diperlukan sifat selektif dalam menghadapi berbagai macam bentuk kebudayaan daerah yang ada. Sifat selektif yang perlu dilakukan, adalah ....
A. Melestarikan kebudayaan daerah yang masih sangat sederhana, khususnya yang ada di masyarakat terasing dan terpencil.
B. Melestarikan kebudayaan daerah yang mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.
C. Menyimpan setiap artefak kebudayaan daerah di Musium Nasional.
D. Melestarikan kebudayaan daerah yang sudah hampir punah dan masyarakatnya yang sudah sedikit jumlahnya.
E. Melestarikan kebudayaan daerah yang dapat menarik banyak wisatawan lokal maupun asing.

15. Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari-hari
Berikut perbedaan ketika air mendidih dan menguap, kecuali ….
A. membutuhkan kalor
B. air dapat habis
C. tidak terpengaruh tekanan udara
D. suhu tidak berubah
E. terjadi pelepasan butiran air