Materi IPS - Karakteristik soal-soal pemahaman sangat mudah dikenal. Misalnya mengungkapkan tema, topik, atau masalah yang sama dengan yang pernah dipelajari atau diajarkan, tetapi materinya berbeda. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman
Mengungkapkan tentang sesuatu dengan bahasa sendiri dengan simbol tertentu termasuk kedalam pemahaman terjemahan.
Dapat menghubungkan hubungan antar unsur dari keseluruhan pesan suatu karangan termasuk ke dalam pemahaman penafsiran. Item ekstrapolasi mengungkapkan kemampuan di balik pesan yang tertulis dalam suatu keterangan atau tulisan.
Pemahaman merupakan salah satu patokan kompetensi yang dicapai setelah siswa mengikuti kegiatan belajar. Dalam proses pembelajaran setiap siswa berbeda-beda memahami apa yang dia pelajari. Ada yang mampu memahami materi secara menyeluruh, dan ada pula yang sama sekali tidak dapat mengambil makna dari apa yang ia pelajari, sehingga yang dicapai hanya sebatas mengetahui. Untuk itulah terdapat tingkatan-tingkatan dalam memahami.
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa yang sekaligus mempengaruhi tingkat keberhasilan dari suatu proses pembelajaran diantaranya yaitu:
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman
1) Latar belakang siswa yang mencakup:
- tingkat kecerdasan siswa
- bakat siswa
- minat siswa dalam belajar
- sikap siswa
- motivasi siswa dalam belajar
- keyakinan siswa dalam belajar
- kesadaran siswa untuk belajar
- kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam proses belajar.
2) Pengajar yang profesional yang memiliki pengetahuan dan sikap personal yang baik.
3) Kegiatan pembelajaran yang baik dengan menciptakan suasana belajar yang aktif inovatif, kreatif, efektiktif dan menyenangkan.
4) Sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.
5) Kurikulum sebagai arahan perubahan perilaku siswa yang berkaitan dengan kognitif, afektif maupun psikomotor
6) Lingkungan agama, sosial, budaya, politik, ekonomi, ilmu, dan tekonologi, serta lingkungan alam sekitar yang mendukung proses pembelajaran.
Sumber:
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 25.
Nanang Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran.(Bandung : Refika Aditama,2012), 8-10.