Makalah Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam

Makalah - Tujuan Penulisan Makalah Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam adalah Untuk mengetahui pengertian manusia menurut pandangan Islam, Untuk mengetahui dari apa manusia itu diciptakan, Untuk menjelaskan bagaimana asal kejadian manusia dan siapa pencipta-Nya berdasarkan Al-Qur’an, hadist, dan iptek, Untuk mengetahui bagaimana proses penciptaan manusia, Untuk mengetahui tujuan dan fungsi penciptaan manusia.

Makalah Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam

Pendahuluan - Manusia adalah makhluk-Nya yang paling sempurna dan sebaik-baik ciptaan dibandingkan makhluk-makhluk-Nya yang lain. Manusia dilengkapi akal untuk berfikir yang membedakannya dengan binatang. Mengenai proses kejadian manusia, dalam Al-Qur’an (QS. Al-Hijr (15) : 28-29) diterangkan bahwa 

28. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,

29. Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud[796].

Manusia diciptakan dari tanah dengan bentuk yang sebaik-baiknya kemudian ditiupkan ruh kepadanya hingga menjadi hidup. Banyak ahli ilmu pengetahuan mendukung teori evolusi yang mengatakan bahwa manusia berasal dari makhluk yang mempunyai bentuk maupun kemampuan yang sederhana kemudian mengalami evolusi dan kemudian menjadi manusia seperti sekarang ini. Di lain pihak banyak ahli agama yang menentang adanya proses evolusi manusia tersebut.

Khususnya Agama Islam yang meyakini bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam a.s. disusul Siti Hawa dan kemudian keturunan-keturunannya hingga menjadi banyak seperti sekarang ini. Hal ini didasarkan pada berita-berita dan informasi-informasi yang terdapat pada kitab suci masing-masing agama yang mengatakan bahwa Adam adalah manusia pertama. Untuk itu dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana proses kejadian manusia menurut Al-Qur’an, hadist, maupun iptek.

Selengkapnya silahkan Unduh Lengkap Makalah Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam di bawah ini.


Demikianlah Makalah lengkap Tentang Makalah Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam, Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca.