Makalah Agama Islam Tentang Dasar-Dasar Mu’amalah Dalam Jual Beli

Makalah - Contoh Makalah Agama Tentang Dasar-dasar Mu’amalah Dalam Jual Beli akan membahas tentang Pengertian Mu’amalah Pengertian Jual Beli, Hukum Jual Beli, Rukun dan Syarat Jual Beli, Macam-Macam Jual Beli, Tentang Khiyar.
Contoh Makalah Agama Tentang Dasar-dasar Mu’amalah Dalam Jual Beli akan membahas tentang Pengertian Mu’amalah Pengertian Jual Beli, Hukum Jual Beli, Rukun dan Syarat Jual Beli, Macam-Macam Jual Beli, Tentang Khiyar.

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang - Mu’amalah adalah satu aspek dari ajaran yang telah melahirkan peradaban Islam yang maju di masa lalu. Ia merupakan satu bagian dari syari’at Islam, yaitu yang mengatur kehidupan manusia dalam hubungan dengan manusia, masyarakat dan alam. Karena mu’amalah merupakan aspek dari ajaran Islam, maka ia juga mengandung aspek teologis dan spiritual. Aspek inilah yang merupakan dasar dari mu’amalah tersebut.

Sehubungan dengan itu bimbingan mualamah menjadi penting, karena masalahnya komplek, ia berkaitan dengan masalah rohani dan jasmani, manusia dan alam, dunia akhirat. Disamping itu bimbingan mu’amalah akan mengarahkan kehidupan duniawi, dan mendapatkan ganjaran diakhirat.

Dalam makalah ini membahas mu’amalah tentang jual beli, dimana manusia dijadikan Allah SWT sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berusaha mencari karunia Allah yang ada di muka bumi sebagai sumber ekonomi.

Tujuan Penulisan - Manusia sebagai makhluk sosial yang diciptakan Allah SWT yang saling membutuhkan satu dengan yang lain tak lepas dalam urusan jual beli guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Jual beli juga merupakan aktivitas sehari-hari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya, dan setiap orang yang terjun dalam bidang jual beli harus mengetahui hukum jual beli agar jual beli tersebut tidak ada yang dirugikan, yang sesuai dengan syariat islam.

Download Contoh Makalah Agama Tentang Dasar-dasar Mu’amalah Dalam Jual Beli
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]


Download Contoh Makalah Agama Tentang Dasar-dasar Mu’amalah Dalam Jual Beli
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]