Bagaimana Berinvestasi dengan Bidang Gizi?

Kesehatan - The Lancet Series tahun 2013 tentang Gizi Ibu dan Anak menekankan bahwa intervensi gizi sensitif pada bidang pertanian, kesejahteraan sosial, perkembangan anak usia dini, dan pendidikan di sekolah secara tidak langsung menjadi faktor penentu status gizi.

Status gizi seseorang tercermin dari berbagai determinan yang saling mempengaruhi dalam rentang waktu tertentu baik bersifat akut dalam jangka pendek maupun jangka panjang atau kronis. Melalui peningkatan status gizi, dapat terbangun sumber daya manusia berkualitas diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Dampak ini hanya bisa terjadi bila semua sektor bekerjasama mengatasi masalah di bidangnya, sebagaimana berikut:

Dengan hanya 100 USD per anak yang dialokasikan untuk intervensi gizi melalui penyediaan zat gizi mikro, makanan pendamping, perawatan kecacingan dan diare, dan program perubahan perilaku, dapat mengurangi masalah kurang gizi kronis hingga 36% di negara berkembang. Penelitian yang dilakukan oleh Peter Orazem dari Iowa State University juga menunjukkan manfaat pendidikan dari investasi ini, mengingat masalah kekurangan gizi juga berdampak pada hambatan anak untuk menerima pelajaran.

Sejak tahun 2010 upaya perbaikan gizi di dunia dikembangkan dalam bentuk gerakan gizi internasional yang dikenal sebagai gerakan Scaling Up Nutrition (SUN) sebagai respon negara-negara di dunia terhadap kondisi status gizi di sebagian besar negara berkembang dan akibat kemajuan yang tidak merata dalam pencapaian MDGs khususnya pada Tujuan 1 C yaitu menurunkan hingga setengahnya proporsi penduduk yang menderita kelaparan dalam kurun waktu 1990-2015.

Sasaran yang ingin dicapai pada akhir tahun 2025 disepakati adalah:
1) Menurunkan proporsi anak balita yang stunting sebesar 40 persen
2) Menurunkan proporsi anak balita yang menderita kurus (wasting) kurang dari 5 persen
3) Menurunkan anak yang lahir berat badan rendah sebesar 30 persen
4) Tidak ada kenaikan proporsi anak yang mengalami gizi lebih
5) Menurunkan proporsi ibu usia subur yang menderita anemia sebanyak 50 persen
6) Meningkatkan persentase ibu yang memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan paling kurang 50 persen.
Gizi Ibu dan Anak menekankan bahwa intervensi gizi sensitif pada bidang pertanian, kesejahteraan sosial, perkembangan anak usia dini, dan pendidikan di sekolah secara tidak langsung menjadi faktor penentu status gizi

Investasi gizi yang terbukti secara bermakna dapat meningkatkan status gizi terbagi menjadi 3 (tiga) area besar yaitu:

Intervensi Gizi Spesifik
Intervensi gizi spesifik lebih ditujukan pada upaya menangani penyebab langsung masalah gizi (asupan makan dan penyakit infeksi) dan berada dalam lingkup kebijakan kesehatan. Melalui intervensi spesifik, sekitar 15% kematian anak balita dapat dikurangi bila intervensi berbasis bukti tersebut dapat ditingkatkan hingga cakupannya mencapai 90%, termasuk stunting yang dapat diturunkan sekitar 20,3% serta mengurangi prevalensi sangat kurus 61,4%. Selebihnya membutuhkan peran dari intervensi sensitif (sekitar 80%).

Intervensi Gizi Sensitif
Intervensi gizi sensitif ditujukan untuk mengatasi penyebab tidak langsung yang mendasari terjadinya masalah gizi (ketahanan pangan, akses pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan, serta pola asuh) dan terkait dengan kebijakan yang lebih luas tidak terbatas bidang kesehatan saja tetapi juga pertanian, pendidikan, hygiene air dan sanitasi, perlindungan sosial, dan pemberdayaan perempuan. Program dan kebijakan gizi sensitif ini memiliki kontribusi yang cukup besar untuk mendukung pencapaian target perbaikan gizi meskipun secara tidak langsung

Lingkungan yang mendukung (enabling-environment)
Area investasi ketiga yaitu lingkungan yang mendukung, ditujukan untuk faktor- faktor mendasar yang berhubungan dengan status gizi seperti pemerintahan, pendapatan, dan kesetaraan. Investasi ini dapat berbentuk undang-undang, peraturan, kebijakan, investasi untuk pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kapasitas pemerintahan. Sebagian besar investasi yang menyasar pada penyebab tidak langsung dan akar masalah gizi bukanlah hal yang langsung berkaitan dengan masalah gizi – dengan kata lain kegiatan yang dilakukan tidak secara eksplisit ditujukan untuk tujuan penanggulangan masalah gizi – namun intervensi ini dapat menjadi bagian penting dari perbaikan gizi.

Dengan memadukan ketiga hal tersebut dalam skala besar, sesuai kebutuhan, kapasitas, dan kesempatan politis dalam setiap konteks, maka diharapkan keberhasilan berupa peningkatan status gizi dapat tercapai.

Prioritas khusus perlu diberikan kepada bidang pertanian. Secara global, dengan 2 milliar dollar per tahun untuk meningkatkan produksi pangan, dapat menghasilkan pengembalian lebih dari 1.600%. Tidak hanya mengurangi kelaparan, dengan kualitas pangan yang baik maka dapat meningkatkan asupan gizi anak sehingga kualitas belajar turut meningkat.

Dengan pendidikan yang lebih baik maka saat bekerja bayaran yang diterima lebih tinggi hingga mampu memutus rantai kemiskinan. Pada saat yang sama, dengan peningkatan produktivitas pertanian maka pembabatan hutan menjadi berkurang dan ini berdampak positif pada terjaganya keanekaragaman hayati serta keseimbangan iklim dunia.

Selanjutnya menurut konsensus ini, dengan mempertimbangkan keterbatasan anggaran yang ada, terdapat 16 prioritas investasi lainnya untuk pemenuhan gizi secara langsung (spesifik) maupun tidak langsung (sensitif) di antaranya :
1. Intervensi paket lengkap dengan gizi mikro untuk menanggulangi kelaparan dan peningkatan pendidikan.
2. Subsidi paket penanggulangan malaria.
3. Meningkatkan cakupan imunisasi anak.
4. Pemberian obat cacing pada anak sekolah untuk peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan.
5. Pengobatan Tuberkulosis.
6. Penelitian dan pengembangan untuk peningkatan produksi pangan, mengurangi kelaparan, mempertahankan keanekaragaman hayati, mengurangi efek perubahan iklim.
7. Investasi pada sistem peringatan dini yang efektif untuk perlindungan dari bencana alam.
8. Peningkatan kapasitas dalam bidang pembedahan.
9. Imunisasi Hepatitis B.
10. Penggunaan obat generik pada kasus serangan jantung akut di negara miskin (telah diberlakukan lebih dulu di negara maju).
11. Kampanye mengurangi garam untuk menurunkan kejadian penyakit kronis.
12. Penelitian dan pengembangan Geo-Engineering untuk manajeman radiasi yang lebih baik.
13. Bantuan tunai bersyarat dengan penilaian kehadiran sekolah.
14. Penelitian dan pengembangan akselerasi vaksin HIV.
15. Memperluas uji coba lapangan terhadap kampanye manfaat pendidikan.
16. Intervensi sumur gali dan pompa tangan.