Asupan Gizi yang Optimal untuk Mencegah Stunting

Artikel Pendidikan - Stunting adalah suatu kondisi kekurangan gizi kronis yang terjadi pada saat periode kritis dari proses tumbuh dan kembang mulai janin. Untuk Indonesia, saat ini diperkirakan ada 37,2% dari anak usia 0-59 bulan atau sekitar 9 juta anak dengan kondisi stunting, yang berlanjut sampai usia sekolah 6-18 tahun (lihat gambar dibawah).



Proporsi Anak Stunting menurut Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2013

Stunting didefinisikan sebagai kondisi anak usia 0 – 59 bulan, dimana tinggi badan menurut umur berada di bawah minus 2 Standar Deviasi (<-2SD) dari standar median WHO. Lebih lanjut dikatakan bahwa stunting akan berdampak dan dikaitkan dengan proses kembang otak yang terganggu, dimana dalam jangka pendek berpengaruh pada kemampuan kognitif. Jangka panjang mengurangi kapasitas untuk berpendidikan lebih baik dan hilangnya kesempatan untuk peluang kerja dengan pendapatan lebih baik.

Dalam jangka panjang, anak stunting yang berhasil mempertahankan hidupnya, pada usia dewasa cenderung akan menjadi gemuk (obese), dan berpeluang menderita penyakit tidak menular (PTM), seperti hipertensi, diabetes, kanker, dan lain-lain. 

Kondisi ini semua sudah semakin jelas untuk Indonesia, yang menunjukkan adanya tren (kecenderungan) PTM meningkat dari tahun 2007 ke tahun 2013 ( lihat gambar di bawah Gambar 2), dimana diperkirakan ada 70-an juta penduduk dewasa (>18 tahun) yang menderita PTM ( lihat Gambar 3).


Tren Penyakit Tidak Menular Tahun 2007-2013



Kondisi Penyakit Tidak Menular terkait Obesitas pada Usia 18 Tahun ke Atas