Pengertian, Fungsi dan Tujuan Evaluasi Sumatif


Pendidikan. Dalam bukunya, Ngalim Purwanto menyebutkan ada dua macam evaluasi yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Model evaluasi ini, berpijak pada prinsip evaluasi model Tyler. Aplikasi evaluasi sumatif dan formatif sudah banyak dipahami oleh para guru, karena model ini dianjurkan oleh pemerintah melalui menteri pendidikan dan termasuk dalam lingkup evaluasi pembelajaran di kelas. Namun dalam bab ini peneliti akan lebih banyak memaparkan tentang evaluasi formatif karena evaluasi formatif merupakan pokok bahasan utama dalam judul yang peneliti ambil. 


Pengertian Evaluasi Sumatif
Istilah sumatif berasal dari kata "sun" yang artinya "total obtained by adding togetheritems, numbers or amounts" Artinya penilaian sumatif berarti penilaian yang dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran dianggap telah selesai. Dengan demikian, ujian akhir semester dan ujian nasional termasuk penilaian sumatif. Evaluasi  sumatif  adalah suatu   penilaian yang pelaksanaannya itu dilakukan pada akhir semester dari akhir tahun. Jadi, tujuannya adalah untuk melihat hasil yang dicapai oleh para siswa. Yaitu seberapa jauh tujuan-tujuan kurikuler yang berhasil dikuasai oleh para peserta didik. Penilaian inipun dititikberatkan pada penilaian yang berorientasi kepada produk bukan kepada sebuah proses.

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Evaluasi Sumatif
Dan bagaimanapun hasil yang peroleh dari tes sumatif, tampaknya menjadi keputusan akhir, mengingat tidak adanya kesepakatan bagi guru untuk memperbaiki kekurangan para siswa pada semester tersebut. Perubahan baru bisa dilakukan pada tahun berikutnya atau sekedar bahan untuk penyempurnaan semester berikutnya.

Fungsi dan Tujuan Evaluasi Sumatif
Fungsi utama evaluasi sumatif adalah sebagai berikut:
  1. Untuk menentukan nilai akhir peserta didik dalam periode tertentu. Misalnya, nilai ujian akhir semester, akhir tahun atau akhir suatu sekolah. Nilai tersebut biasanya ditulis dalam buku laporan pendidikan atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB). Dengan demikian, guru akan mengetahui kedudukan seorang peserta didik dibandingkan dengan peserta didik lain dalam hal prestasi belajarnya.
  2. Untuk memberikan keterangan tentang kecakapan atau keterampilan peserta didik dalam periode tertentu.
  3. Untuk memperkirakan berhasil tidaknya peserta didik dalam pelajaran berikutnya yang lenih tinggi.

Tujuan dari evaluasi sumatif ini adalah menentukan nilai (angka) berdasarkan tingkatan hasil belajar peserta didik yang selanjutnya dipakai sebagai angka rapor. Hasil penilaian sumatif juga dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran secara menyeluruh.

Manfaat Evaluasi Sumatif
Ada beberapa manfaat tes sumatif, dan 3 diantaranya yang terpenting adalah :
a) Untuk nenentukan nilai.
b) Untuk menentukan seorang anak dapat atau tidaknya mengikuti kelompok dalam menerima program berikutnya. Dalam kepentingan seperti ini maka tes sumatif berfungsi sebagai tes prediksi.
c) Untuk mengisi catatan kemajuan belajar siswa yang  akan berguna bagi orang tua siswa, pihak bimbingan dan penyuluhan  di sekolah serta pihak-pihak lain apabila siswa tersebut akan pindah ke sekolah lain, akan melanjutkan belajar atau akan memasuki lapangan kerja.