Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal. apa itu komunikasi nonverbalSebelum manusia menggunakan kata-kata , manusia telah menggunakan
gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body
language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
apa yang dimaksud dengan komunikasi non-verbal?,
komunikasi verbal 10 contoh komunikasi nonverbal
contoh komunikasi non verbal dalam kehidupan sehari-hari bentuk komunikasi nonverbal
fungsi komunikasi nonverbal ilustrasi komunikasi nonverbal contoh komunikasi non verbal beserta gambarnya?
Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non
verbal dapat tercermin dari perilaku atau tingkah laku seperti dibawah ini:
- Menggerakan gigi untuk menunjukan kemarahan
- Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang serius/ berfikir
- Gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untum menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelaminnya
- Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melam
- Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan
- Membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
- Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan.
- Asbak diatas meja yang menunjukkan tamu diperkenankan/ boleh merokok
- Mengirimkan bunga sebagai tanda kesuksesan, cinta atau duka cita
Dalam komunikasi non verbal orang dapat mengambil
suatu kesimpulan tentang berbagai macam perasaan serta maksud yang
dikandungnya. Kebaikan dari komunikasi nonverbal adalah
kesahihannya. Dari bahasa tubuh atau isyarat yang yang keluar dari seseorang
kita dapat menangkap maksud yang paling dalam dari orang tersebut. Jika
dibandingkan dengan kata-kata lebih dapat diatur sehingga kita kadang-kadang
merasa tertipu dengan kata-kata.
Komunikasi nonverbal memiliki beberapa tujuan
penting seperti contoh dibawah ini :
- Menyediakan atau memberikan informasi
- Mengatur alur suatu percakapan
- Mengekspresikan emosi
- Memberi sifat, melengkapi, mengembangkan komunikasi verbal
- Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
- Mempermudah tugas-tugas khusus
Yang dimaksud dengan penerima pesan adalah mereka
yang menerima pesan, baik
tertulis maupun lisan melalui pendengaran/ penglihatan, kadang-kadang juga melalui sentuhan. Dalam
mengartikan/ bereaksi terhadap pesan yang mereka terima, dipengaruhi oleh persepsi atau sikap
mereka terhadap pesan tersebut,
dan terhadap pembawa pesan.
Sedangkan
persepsi/ sikap tersebut dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungan, latar
belakang pendidikan, tingkat intelegensi, profesi, budaya, agama, ras, suku, dan
sebagainya. Agar dapat bereaksi secara efektif, penerima pesan memerlukan persiapan mental dan fisik secukupnya. Selain itu, untuk memahami pesan, dia harus menguraikan
sandi, yaitu menerjemahkan simbol-simbol yang diterimanya (decoding). Sebagai penerima pesan, secara simultan, dia juga mengirim pesan, hal ini
menjadikannya ‘transceiver’.
Tanggapan dapat diartikan sebagai reaksi
penerima pesan yang dipengaruhi oleh seberapa jauh mereka dapat memahami
arti/makna pesan yang diberikan. Tanggapan dapat berbentuk lisan, tulisan,
tindakan/ kombinasi. Misal :
persetujuan, penolakan, pernyataan, penjelasan lebih lanjut, dan sebagainya
dapat berbentuk laporan panjang/pendek.
Bila tanggapan yang
dihasilkan negatif, maka tanggapan tersebut berubah menjadi gangguan. Gangguan
adalah segala suatu yang mengubah informas,i yang
disampaikan sumber kepada penerima, sehingga komunikasi menjadi tidak efektif. Adapun
macam-macam gangguan, antara lain:
- Gangguan fisik
- Gangguan psikologis
- Gangguan semantik
Pesan dapat disampaikan melalui dua jalur utama, yakni jalur lisan
dan tulisan. Jalur komunikasi yang akan dipergunakan tergantung
kebutuhan/kondisi yang sedang dihadapi
pemberi pesan.
Media yang dapat
dipergunakan antara lain, memo, surat, fax, email, laporan, katalog, brosur, dan sebagainya. Kita juga
bisa menggunakan kombinasi jalur lisan dan tulisan secara bersamaan. Misal : pembicaraan dinas via telepon
disusul surat resmi, berisi rincian resmi hasil pembicaraan tersebut
(sebaliknya).
Jalur dan media juga
dapat diartikan sebagai saluran. Saluran adalah media tempat pesan disampaikan,
yang dibedakan menjadi komunikasi tatap muka dan
komunikasi tidak tatap muka.
Jalur Elemen-Elemen Komunikasi |