Komunikasi merupakan faktor yang penting dalam pencapaian tujuan suatu organisasi bisnis, oleh karena itu para pimpinan, staf atau eksekutif perusahaan perlu memahami dan memperhatikan kemampuan komunikasi mereka. Untuk dapat memahami komunikasi dengan mudah, mereka perlu terlebih dahulu Beberapa Manfaat Komunikasi Bisnis yang Efektif.
Beberapa Manfaat Komunikasi Bisnis yang Efektif, beberapa diantaranya adalah :
a. Manfaat internal
Bagi internal perusahaan akan terbangun 2 (dua) pola komunikasi berikut yaitu:
• Komunikasi vertikal (Upward dan downward communications)
Terciptanya suasana kerja yang kondusif dan kepuasan kerja bawahan sehingga meningnkatkan moral, motivasi dan efisiensi kerja perusahaan. Disatu sisi, atasan juga dapat mengetahui berbagai macam hal yang bersangkutan dengan pelaksanaan manajemen secara lebih transparan sehingga dapat mengambil keputusan yang lebih tepat.
• Komunikasi horizontal
Membantu individu dan bagian perusahaan bekerja sama dalam memecahkan problem bersama, membantu melaksanakan tugas dan keputusan bersama, dan merupakan sarana untuk menyamakan persepsi, pendapat dan pola pikir antarbagian sehingga menjadi sarana untuk membangun keharmonisan hubungan dan kerja sama antarbagian dalam perusahaan.
b. Manfaat eksternal
Berdampak positif dalam keberhasilan usaha bisnis dan membangun citra perusahaan dimata masyarakat dan meningkatkan minat konsumen kepada produk yang dipasarkan merupakan manfaat esternal.
c. Manfaat bagi staf dan eksekutif
Kemampuan komunikasi secara efektif dapat menunjang perkembangan karir pekerjaan mereka. Hal tersebut dikarenakan 60-80% waktunya dihabiskan untuk berkomunikasi, misalnya : diskusi, ceramah, teleconference, dan korespondensi. Oleh karena itu, Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi salah satu syarat keberhasilan menjalankan pekerjaan atau jabatan tertentu.
Adapun Prasyarat komunikasi bisnis yang efektif antara lain :
1. Sikap positif pemberi pesan
Ciri sikap positif antara lain adalah kompeten, antusias dan penuh perhatian kepada penerima pesan. Seorang pimpinan, manajer, eksekutif dan karyawan perusahaan wajib memiliki sikap positif, mereka harus sadar atas peranannya untuk memperoleh tanggapan atau reaksi dari penerima pesan seperti yang diharapkan perusahaannya. Sikap positif tersebut harus ditujukan tidak hanya ketika menjalankan tugas penting tapi juga selama menjalankan tugas rutin, karena kumulasi pesan terhadap sikap dari deretan komunikasi juga menimbulkan kesan tertentu terhadap citra perusahaan.
2. Memenuhi syarat-syarat khusus
Adapun Syarat-syarat khusus yang harus dimiliki seseorang dalam komunikasi bisnis yang efektif, antara lain:
Cerdas, dapat diartikan kaya akan bahan pertimbangan yang sehat dalam memilih topik atau fakta yang perlu dikemukakan selama komunikasi
Sabar dan penuh perhatan, bahkan saat menghadapi orang yang berperangai buruk
Jujur, maksudnya mempunyai integritas yang tinggi
Menguasai subyek dan bahasa yang digunakan selama berkomunikasi
Mempunyai pengetahuan dasar tentang proses komunikasi dan metode-metode dalam memberikan dan mengirimkan pesan secara efektif.
Berikut ini beberapa tujuan komunikasi bisnis:
o Memberikan informasi
o Mengumpulkan informasi
o Mempengaruhi orang lain
o Menyelesaikan masalah
o Membuat keputusan
Adapun jaringan dalam komunikasi bisnis organisasi terdiri atas dua bagian, yaitu:
o Jaringan Formal
Saluran pesan-pesan yang dipelihatkan dalam bagan organisasi yang menunjukkan siapa bertanggung jawab kepada siapa. Jaringan ini dikendalikan oleh manajemen.
o Jaringan Informal
Saluran yang tidak resmi sebagai tempat berlalunya pesan dalam organisasi. Sering disebut selentingan (grapevines). Jaringan ini tidak dikendalikan manajemen.
Sementara itu arus komunikasi dalam organisasi bisnis, yaitu:
o Komunikasi ke bawah
o Komunikasi ke atas
o Komunikasi horisontal
Beberapa Manfaat Komunikasi Bisnis yang Efektif, beberapa diantaranya adalah :
a. Manfaat internal
Bagi internal perusahaan akan terbangun 2 (dua) pola komunikasi berikut yaitu:
• Komunikasi vertikal (Upward dan downward communications)
Terciptanya suasana kerja yang kondusif dan kepuasan kerja bawahan sehingga meningnkatkan moral, motivasi dan efisiensi kerja perusahaan. Disatu sisi, atasan juga dapat mengetahui berbagai macam hal yang bersangkutan dengan pelaksanaan manajemen secara lebih transparan sehingga dapat mengambil keputusan yang lebih tepat.
• Komunikasi horizontal
Membantu individu dan bagian perusahaan bekerja sama dalam memecahkan problem bersama, membantu melaksanakan tugas dan keputusan bersama, dan merupakan sarana untuk menyamakan persepsi, pendapat dan pola pikir antarbagian sehingga menjadi sarana untuk membangun keharmonisan hubungan dan kerja sama antarbagian dalam perusahaan.
b. Manfaat eksternal
Berdampak positif dalam keberhasilan usaha bisnis dan membangun citra perusahaan dimata masyarakat dan meningkatkan minat konsumen kepada produk yang dipasarkan merupakan manfaat esternal.
c. Manfaat bagi staf dan eksekutif
Kemampuan komunikasi secara efektif dapat menunjang perkembangan karir pekerjaan mereka. Hal tersebut dikarenakan 60-80% waktunya dihabiskan untuk berkomunikasi, misalnya : diskusi, ceramah, teleconference, dan korespondensi. Oleh karena itu, Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi salah satu syarat keberhasilan menjalankan pekerjaan atau jabatan tertentu.
Beberapa Manfaat Komunikasi Bisnis yang Efektif |
Adapun Prasyarat komunikasi bisnis yang efektif antara lain :
1. Sikap positif pemberi pesan
Ciri sikap positif antara lain adalah kompeten, antusias dan penuh perhatian kepada penerima pesan. Seorang pimpinan, manajer, eksekutif dan karyawan perusahaan wajib memiliki sikap positif, mereka harus sadar atas peranannya untuk memperoleh tanggapan atau reaksi dari penerima pesan seperti yang diharapkan perusahaannya. Sikap positif tersebut harus ditujukan tidak hanya ketika menjalankan tugas penting tapi juga selama menjalankan tugas rutin, karena kumulasi pesan terhadap sikap dari deretan komunikasi juga menimbulkan kesan tertentu terhadap citra perusahaan.
2. Memenuhi syarat-syarat khusus
Adapun Syarat-syarat khusus yang harus dimiliki seseorang dalam komunikasi bisnis yang efektif, antara lain:
Cerdas, dapat diartikan kaya akan bahan pertimbangan yang sehat dalam memilih topik atau fakta yang perlu dikemukakan selama komunikasi
Sabar dan penuh perhatan, bahkan saat menghadapi orang yang berperangai buruk
Jujur, maksudnya mempunyai integritas yang tinggi
Menguasai subyek dan bahasa yang digunakan selama berkomunikasi
Mempunyai pengetahuan dasar tentang proses komunikasi dan metode-metode dalam memberikan dan mengirimkan pesan secara efektif.
Berikut ini beberapa tujuan komunikasi bisnis:
o Memberikan informasi
o Mengumpulkan informasi
o Mempengaruhi orang lain
o Menyelesaikan masalah
o Membuat keputusan
Adapun jaringan dalam komunikasi bisnis organisasi terdiri atas dua bagian, yaitu:
o Jaringan Formal
Saluran pesan-pesan yang dipelihatkan dalam bagan organisasi yang menunjukkan siapa bertanggung jawab kepada siapa. Jaringan ini dikendalikan oleh manajemen.
o Jaringan Informal
Saluran yang tidak resmi sebagai tempat berlalunya pesan dalam organisasi. Sering disebut selentingan (grapevines). Jaringan ini tidak dikendalikan manajemen.
Sementara itu arus komunikasi dalam organisasi bisnis, yaitu:
o Komunikasi ke bawah
o Komunikasi ke atas
o Komunikasi horisontal