Perkembangan perusahaan penerbangan dunia yang sangat pesat

ORGANISASI PENERBANGAN DUNIA 
Perkembangan perusahaan penerbangan dunia yang sangat pesat, tidak lepas dari peranan organisasi penerbangan dunia International Air Transport Association (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional; disingkat IATA) yaitu sebuah organisasi penerbangan internasional yang anggotanya terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan seluruh dunia. 

ORGANISASI PENERBANGAN DUNIA   Perkembangan perusahaan penerbangan dunia yang sangat pesat
Add caption

IATA bermarkas di Montreal, Kanada. Maskapai-maskapai penerbangan anggotanya diberikan kelonggaran khusus sehingga dapat mengkonsultasikan harga antara sesama anggota melalui organisasi ini. IATA juga bertugas menjalankan peraturan dalam pengiriman barang-barang berbahaya dan menerbitkan panduan Peraturan Barang-barang Berbahaya IATA (IATA Dangerous Goods Regulations). 

Didirikan pada April 1945 di Havana, Kuba, IATA adalah penerus Asosiasi Lalu Lintas Udara Internasional (International Air Traffic Association) yang didirikan di Den Haag pada tahun 1919, tahun saat penerbangan berjadwal internasional yang pertama di dunia dilaksanakan.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu maskapai-maskapai penerbangan untuk bersaing secara sehat dan mencapai keseragaman dalam penetapan harga. Saat didirikan, IATA beranggotakan 57 anggota dari 31 negara, sebagian besar di Eropa dan Amerika Utara. IATA kini mempunyai lebih dari 270 anggota dari lebih dari 140 negara di dunia. Baca Maskapai Penerbangan Di Seluruh Dunia

I) Peranan IATA 
1. Bagi Perusahaan Penerbangan 
Menyiapkan perangkat kerja sama untuk mencari solusi atas permasalahan yang bersumber dari eksternal suatu perusahaan penerbangan atau permasalahan antar beberapa penerbangan. 

2. Pemerintah 
Merupakan forum pengembangan standar industry penerbangan udara dan pusat koordinasi tarif perjalanan internasional.

ORGANISASI PENERBANGAN DUNIA   Perkembangan perusahaan penerbangan dunia yang sangat pesat, tidak lepas dari peranan organisasi penerbangan dunia International Air Transport Association (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional; disingkat IATA) yaitu sebuah organisasi penerbangan internasional yang anggotanya terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan seluruh dunia.

3. Masyarakat
Menyederhanakan proses penDosensan dokumen perjalanan udara bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan internasional melalui pengembangan kerja sama antar beberapa perusahaan penerbangan. Misalnya tiket jasa penerbangan udara Singapore Airline dapat dibeli di kantor Garuda Indonesia Airways.

IATA merupakan organisasi sosial bukan politik yang di kelola dengan sumber dana dari anggotanya.

2) Aktivitas IATA
  • Menjaga keselamatan penerbangan, menerbitkan jadwal dan menentukan tariff penerbangan internasional yang wajar bagi masyarakat dunia serta membantu anggotanya untuk menemukan solusi atas permasalahan penerbangan.
  • Menjalin kerja sama dengan ICAO (Internasional Civil Aviation Organisastion), organisasi milik PBB bergerak dalam bidang penerbangan yang didirikan tahun 1944.
  • Memfasilitasi kerja sama antara beberapa perusahaan penerbangan yang menjadi anggotanya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga :

3) Anggota IATA
  1. Anggota aktif (Active Members) Perusahaan penerbanga anggota IATA yang melakukan pelayanan udara antar Negara.
  2. Anggota Assosiasi (Association Members) Perusahaan penerbangan anggota IATA yang melakukan pelayanan udara antar kota di dalam satu Negara.


Organisasi perusahaan penerbangan dan industri perjalanan yang lain adalah:
1. UFTA (Universal Federation of Travel Agent’s Association)
2. INACA (Indonesian Air Civil Association)
3. ASITA (Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies)

SUMBER
Modul Reservation and Ticketing