PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SAKTI
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Pendekatan
pembelajaran yang merupakan tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan belum
dilaksanakan secara maksimal. Guru masih sering melaksanakan kegiatan
pembelajaran Matematika secara murni mata pelajaran dan terpisah dari mata
pelajaran lain. Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Matematika hanya
mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berhubungan dengan
Matematika tanpa mengaitkannya dengan mata pelajaran lain. Pembelajaran seperti
ini mengakibatkan siswa terjebak dalam rutinitas yang membosankan sehingga
pembelajaran menjadi kurang menarik dan motivasi belajar siswa pun rendah.
Siswa juga belum terlibat secara aktif dalam menemukan konsep yang dipelajari,
karena pembelajaran lebih banyak terpusat pada guru. Selain itu, pembelajaran
yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah kurang mengembangkan siswa untuk
berfikir holistik karena siswa kurang mengetahui keterkaitan konsep dari
beberapa mata pelajaran, sehingga pengalaman yang diperoleh sebagai hasil
belajar menjadi kurang bermakna. Pada akhirnya berimplikasi pada rendahnya
prestasi belajar siswa.
Berkaitan
dengan upaya peningkatan mutu pendidikan dan seiring bergulirnya kurikulum
tingkat satuan pendidikan, pembelajaran yang dikemas dan dirancang guru harus
mengoptimalkan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah
digariskan. Untuk mencapai hal tersebut maka guru harus dapat menerapkan model
pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SD kelas
I. Pada periode ini, siswa masih memandang dunia sebagai sesuatu yang terpadu
dan konkrit, sehingga pendekatan pembelajaran yang digunakan di kelas ini harus
bersifat tematis dan integratif. Dengan pembelajaran secara tematis dan
integratif diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan utuh
bagi siswa, serta dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya secara
optimal. Dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa, khususnya prestasi belajar Matematika.
Pendekatan
pembelajaran yang dilaksanakan pada awal semester genap terdapat kesenjangan
jika dibandingkan dengan tuntutan pembelajaran ideal sesuai dengan kurikulum
tingkat satuan pendidikan yang menekankan penguasaan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Kesenjangan tersebut antara lain: pembelajaran yang telah
dilaksanakan selama ini belum mampu membangkitkan motivasi belajar yang tinggi,
belum menunjukkan keterlibatan siswa secara aktif dalam menemukan konsep yang
dipelajari, serta kurang dapat memberikan pengalaman yang bermakna dan utuh
kepada siswa.
Berdasarkan
uraian di atas, maka mendorong penulis
untuk mengeliminir kesenjangan-kesenjangan yang menjadi permasalahan dengan
menerapkan pendekatan pembelajaran tematik pada pembelajaran Matematika. Oleh
karena itu pada karya tulis
ilmiah ini menulis mengenai “Peningkatan Prestasi Belajar
Matematika Melalui Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas I SD Negeri Sakti”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas,
maka secara spesifik masalahnya dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah
melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika
siswa kelas I SD Negeri Sakti”
C. Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan prestasi belajar Matematika. Sedangkan secara khusus penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan
prestasi belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri Sakti.
D.
Manfaat
Penelitian
Penulisan karya ilmiah ini diharapkan
memberi manfaat yang luas, baik bagi penulis sendiri maupun pembaca umumnya;
1.
Bagi penulis ;
Sebagai tugas perkuliahan pada mata
kuliah Seminar karya
Ilmiah KeSDan, penulisan karya ilmiah ini banyak
memberi manfaat, baik langsung maupun tidak langsung, diantaranya penulis
mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai keberadaan perpustakaan dan
pentingnya sebagai jendela ilmu dan penunjang keberhasilan pembelajaran di
sekolah. Disamping itu penulis merasa dilatih untuk menulis dan menjadikannya
sebagai bahan referensi dan kajian untuk meningkatkan pembelajaran disekolah.
2. Bagi
pembaca ;
Tidak jauh beda dari yang penulis sampaikan diatas, diharapkan melalui
tulisan ini dapat memberikan pemahaman mengenai perpustakaan dan perannya dalam
peningkatan kemampuan dan keterampilan belajar siswa khususnya dan masyarakat
sekolah pada umumya.
Sambungan
Sambungan
Kumpulan Skripsi |