Makalah Recont Text Lengkap
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bahasa Inggris adalah bahasa
Internasional. Dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kita akan
dapat berkomunikasi dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Di samping itu,
kita pun akan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita demi kemajuan
bangsa dan negara kita, karena kita akan dapat membaca literatur-literatur
bahasa Inggris, mendengarkan siaran-siaran radio luar negeri, serta menonton
film-film ilmu pengetahuan yang lainnya. Dengan demikian, pada akhirnya kita
dapat menguasai pengetahuan-pengetahuan di segala bidang.
Selain untuk menambah pemahaman tentang bahasa
Internasional, dengan mempelajari bahasa inggris ini sedikitnya akan
mempermudah kita untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, ataupun untuk bekal
ilmu kita dikemudian hari. Dengan memahami dan menguasai bahasa
Internasional dengan baik dan benar tentunya memberikan manfaat yang sangat
baik untuk kita semua.
Untuk itu, perlu dipahami terlebih dahulu
ketatabahasaan yang ada di dalam bahasa Inggris. Selain untuk
memperlancar cara pengucapan, kita juga akan paham bagaimana cara menyusun kata
yang akan diucapkan sehingga menjadi satu kalimat yang padu dan benar
menurut tenses nya.
1.2 Rumusan
Masalah
1. Mengetahui Recont Text dalam bahasa Inggris.
2. Contoh Recont Text
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 RECOUNT TEXT
2.1.1 Pengertian Recount
Text
Secara harfiah, recount bermakna
"menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text
yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah
(baca : Buku Bahasa Inggris SMP/SMA) recount text adalah a text that
telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to
entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah
cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau
menginformasikan pembaca.)
Generic Structure dari Recount Text
Generic structure (susunan umum) recount text ini
terdiri dari:
· Orientation tells who
was involved, what happened, where the events took place, and when it happened.
("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam
cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan
terjadi peristiwanya)
· Events tell what
happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang
terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
· Reorientation consists of
optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi
penutup cerita / akhir cerita)
2.1.2 Macam-macam Recount Text :
a. Personal Recount
Yaitu menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis
b. Factual Recount
Yaitu laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan
ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.
c. Imaginative
Yaitu membuat cerita imaginative lalu menuliskan peristiwa atau kejadian
yang telah terjadi.
Struktur Recount Text adalah sebagai berikut :
a. Orientation
Yaitu pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan
kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.
b. Events
Yaitu merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam
urutan kronologis, seperti : "In the first day... . And in the next
day... . And in the last day... ." Pada bagian ini terdapat juga
komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
c. Reorientation
Yaitu pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang
rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
Ciri Kebahasaan Recount Text
Pada saat membaca Recount Text, akan ditemukan ciri-ciri kebahasaan sebagai
berikut :
a. Menggunakan
kalimat dalam bentuk Past Tense.
Contoh
: We went to Bandung last year, I was very happy.
b. Menggunakan
Action Verbs.
Contoh
: went, bought, wrote, slept, dll.
c. Menggunakan
Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
Contoh
: yesterday, at school, quickly, dll.
d. Menggunakan
Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
Contoh
: but, and, after that, dll.
Recount Text
Tentang Pengalaman
My First Experience to Ride
Motorcycle
One
day, when I was ten years old, my father bought an old motorcycle. That was
" Honda 75". I think it was small light object and easy to ride it. I
persuaded my father to teach me to ride " Honda 75 ". Firstly, my
father refused my request and promised that he would teach me two or three
years later, but I still whimpered. Finally, my father surrendered and promised
to teach me.
He
began to teach me riding the motorcycle around a field in my village. My father
was very patient to give me some directions. I was very happy when I realized
my ability to ride a motorcycle. " Yes, I can ".
One
day later, when I was alone at home, I intended to try my riding ability. So,
myself tried bravely. All ran fluently in the beginning, but when I was going
back to my home and I passed through a narrow slippery street, I got nervous. I
lost my control and I fell to the ditch.
After
that, I told my father about the last accident. I imagined my father would be
angry and never let me ride again. But the reality is exactly on the contrary,
my father was very proud of me. He just gave me some advices and since that
accident, I got my father's permission to ride motorcycle.
Analisa :
Orientation :
Who = I and my father,
When = When I was 10 years, What happen = my father bought motorcycle and
my father promised to teach me riding.
Events :
My father taught me
riding motorcyle --> I could ride, finally --> One day later, I tried
riding motorcycle alone --> I fell to the ditch.
Reorientation :Paragraf
terakhir.
After
that, I told my father about the last accident. I imagined my father would be
angry and never let me ride again. But the reality is exactly on the contrary,
my father was very proud of me. He just gave me some advices and since that
accident, I got my father's permission to ride motorcycle.
BAB
III
KESIMPULAN
Kesimpulan
Based on the paper, can be summarized
as follows. ) Recount text is a text that telling
the reader about
one story, action
or activity. Its
goal is to
entertaining or informing
the reader. Present
Tense or Simple
Present Tense is used to declare the event or events, activities, activity and
so is the case today. Present
tense is also used to express a fact,
or something that
happens over and over again in the present. Remember, the present means it is now, now.