Makalah Recont Text Lengkap


Makalah Recont Text Lengkap

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kita akan dapat berkomunikasi dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Di samping itu, kita pun akan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita demi kemajuan bangsa dan negara kita, karena kita akan dapat membaca literatur-literatur bahasa Inggris, mendengarkan siaran-siaran radio luar negeri, serta menonton film-film ilmu pengetahuan yang lainnya. Dengan demikian, pada akhirnya kita dapat menguasai pengetahuan-pengetahuan di segala bidang.
Selain untuk menambah pemahaman tentang bahasa Internasional, dengan mempelajari bahasa inggris ini sedikitnya akan mempermudah kita untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, ataupun untuk bekal ilmu kita dikemudian hari. Dengan memahami dan menguasai bahasa Internasional dengan baik dan benar tentunya memberikan manfaat yang sangat baik untuk kita semua.
Untuk itu, perlu dipahami terlebih dahulu ketatabahasaan yang ada di dalam bahasa Inggris. Selain untuk memperlancar cara pengucapan, kita juga akan paham bagaimana cara menyusun kata yang akan diucapkan sehingga menjadi satu kalimat yang padu  dan benar menurut tenses nya.


1.2  Rumusan Masalah
1.   Mengetahui Recont Text dalam bahasa Inggris.
2.   Contoh Recont Text

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  RECOUNT TEXT
2.1.1 Pengertian Recount Text
Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris SMP/SMA) recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)
Generic Structure dari Recount Text
Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:

·      Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
·       Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
·    Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)

2.1.2 Macam-macam Recount Text :
a. Personal Recount
Yaitu menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis
b. Factual Recount
Yaitu laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.
c. Imaginative
Yaitu membuat cerita imaginative lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.
Struktur  Recount Text adalah sebagai berikut :
a. Orientation
Yaitu pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.
b. Events
Yaitu merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti : "In the first day... . And in the next day... . And in the last day... ." Pada bagian ini terdapat juga komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
c. Reorientation
Yaitu pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

Ciri Kebahasaan Recount Text
Pada saat membaca Recount Text, akan ditemukan ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut :
a.   Menggunakan kalimat dalam bentuk  Past Tense.
      Contoh : We went to Bandung last year, I was very happy.
b.   Menggunakan Action Verbs.
      Contoh : went, bought, wrote, slept, dll.
c.   Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
      Contoh : yesterday, at school, quickly, dll.
d.   Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
      Contoh : but, and, after that, dll.
Recount Text
Tentang Pengalaman
My First Experience to Ride Motorcycle

One day, when I was ten years old, my father bought an old motorcycle. That was " Honda 75". I think it was small light object and easy to ride it. I persuaded my father to teach me to ride " Honda 75 ". Firstly, my father refused my request and promised that he would teach me two or three years later, but I still whimpered. Finally, my father surrendered and promised to teach me.
He began to teach me riding the motorcycle around a field in my village. My father was very patient to give me some directions. I was very happy when I realized my ability to ride a motorcycle. " Yes, I can ".
One day later, when I was alone at home, I intended to try my riding ability. So, myself tried bravely. All ran fluently in the beginning, but when I was going back to my home and I passed through a narrow slippery street, I got nervous. I lost my control and I fell to the ditch.
After that, I told my father about the last accident. I imagined my father would be angry and never let me ride again. But the reality is exactly on the contrary, my father was very proud of me. He just gave me some advices and since that accident, I got my father's permission to ride motorcycle. 

Analisa :
Orientation :
Who = I and my father, When = When I was 10 years, What happen =  my father bought motorcycle and my father promised to teach me riding.

Events :
My father taught me riding motorcyle --> I could ride, finally --> One day later, I tried riding motorcycle alone --> I fell to the ditch.

Reorientation :Paragraf terakhir.
After that, I told my father about the last accident. I imagined my father would be angry and never let me ride again. But the reality is exactly on the contrary, my father was very proud of me. He just gave me some advices and since that accident, I got my father's permission to ride motorcycle. 

BAB III

KESIMPULAN

Kesimpulan
Based on the paper, can be summarized as follows. ) Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. Present Tense or Simple Present Tense is used to declare the event or events, activities, activity and so is the case today. Present tense is also used to express a fact, or something that happens over and over again in the present. Remember, the present means it is now, now.