RPP Bahasan Indonesia Kelas XII SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
BAB 3 Konvensi penulisan karya ilmiah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Konvensi penulisan karya ilmiah
Waktu : 20 X 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami konvensi penulisan karya ilmiah.
2. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan konvensi penulisan karya ilmiah.
3.
C. Indikator
1. Menjelaskan konvensi penulisan karya ilmiah.
2. Menyusun sistematika penulisan karya ilmiah.
3. Menerapkan penggunaan rujukan dalam penulisan karya ilmiah.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian karya ilmiah,
2. menjelaskan konvensi karya ilmiah,
3. menjelaskan ragam karya ilmiah,
4. menyusun ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya,
5. menguraikan bagian-bagian karya ilmiah,
6. menjelaskan rujukan dalam penulisan karya ilmiah,
7. menerapkan penggunaan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah,
8. menerapkan penggunaan catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah, dan
9. menerapkan penggunaan daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
E. Materi Pembelajaran
Materi Berdasarkan Konsep
· Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan kajian pustaka atau penelitian untuk membahas tema tertentu. Dalam menyusun karya ilmiah, terdapat konvensi atau aturan yang berlaku dan harus ditaati sehingga karya tersebut dapat berterima.
· Konvensi atau aturan penting yang harus diperhatikan dalam menulis karya ilmiah adalah masalah diungkapkan dan dipecahkan secara ilmiah, pendapat-pendapat yang dikemukakan berdasarkan fakta, dan karya ilmiah harus disusun secara sistematis dan logis.
· Karya ilmiah terbagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya, artikel, laporan, makalah, skripsi, tesis, dan disertasi.
· Rujukan merupakan bahan yang dipakai sebagai sumber informasi, sumber kutipan, atau sumber informasi tambahan dalam sebuah karya ilmiah.
· Terdapat tiga cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah yaitu kutipan langsung dan tidak langsung, catatan kaki, dan daftar pustaka.
· Kutipan langsung dan tidak langsung adalah cara-cara merujuk dengan mengintegrasikan rujukan ke dalam teks.
· Catatan kaki adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang bersangkutan.
· Daftar pustaka adalah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan terbitan lainnya, baik cetak maupun elektronik yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah.
Materi Berdasarkan Prosedur
· Urutan bagian-bagian penting dalam karya ilmiah terdiri dari halaman judul, halaman persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran, pendahuluan (latar belakang masalah, perumusan masalah), kerangka teoretis, metodologi penelitian, deskripsi dan pembahasan hasil penelitian, kesimpulan dan saran, daftar pustaka, lampiran-lampiran, dan riwayat hidup.
F. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah:
1. diskusi,
2. tanya jawab, dan
3. penugasan
G. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Sumber belajar: buku bahasa Indonesia kelas XII, Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelompok Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya untuk SMA/MA kelas XII, Engkos Kosasih, Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta. 2015
2. Buku-buku penunjang yang relevan
3. Media massa cetak/ elektronik
4. Alat: LCD, slide power point, lembar soal dan lembar observasi, lembar instrumen tugas
H. Karakter Kebangsaan
1. Jujur, tanggung jawab, dan disiplin, yaitu mampu membuat tulisan karya ilmiah sesuai dengan konvensi penulisan karya ilmiah yang berlaku.
2. Kreatif, yaitu mampu membuat tulisan karya ilmiah yang menarik agar dapat memberikan informasi, pengetahuan, dan wawasan kepada masyrakat.
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang karya ilmiah.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu karya ilmiah.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur mengenai konvensi karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai konvensi karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati mengenai konvensi karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang konvensi karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi konvensi karya ilmiah. (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang konvensi karya ilmiah.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang konvensi karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
· Siswa mendengarkan dan mencatat. pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan II
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran, dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran, dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang ragam karya ilmiah.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa saja ragam karya ilmiah.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang ragam karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai ragam karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang ragam karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ragam karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi ragam karya ilmiah (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang ragam karya ilmiah.
|
150 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang ragam karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan III
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan diterapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, apik. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi mengenai ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi mengenai ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang ragam karya ilmiah berdasarkan kelengkapannya.
· Guru Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Memberikan pekerjaan rumah individu.
· Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan IV
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang bagian-bagian karya ilmiah.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang bagian-bagian karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Siswa diminta untuk membagi kelompok sesuai jumlah siswa untuk mencoba mengeksplorasi bagian-bagian karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat poin-poin mengenai bagian-bagian karya ilmiah dan menjelaskan poin-poin tersebut.
· Poin-poin dan penjelasannya dilaporkan dalam bentuk hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang bagian-bagian karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan.
· Siswa berdiskusi kelompok mencoba untuk mengeksplorasi bagian-bagian karya ilmiah
(mengasosiasi).
· Siswa membuat dan menjelaskan poin-poin mengenai bagian-bagian karya ilmiah.
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang bagian-bagian karya ilmiah.
|
150 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang bagian-bagian karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajarna ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan V
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran, dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran, dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang rujukan dalam penulisan karya ilmiah
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu rujuan dalam penulisan karya ilmiah.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Siswa memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan VI
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran, dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran, dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Siswa memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
Siswa mengamati literatur tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah. (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan VII
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran, dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran, dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu catatan kaki.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Siswa memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah. (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang catatan kaki dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan VIII
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa, dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran, dan metode penilaian yang akan terapkan.
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa: buku, ensiklopedia, artikel koran, dan sumber belajar lainnya.
· Guru memberikan motivasi tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu daftar pustaka.
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Kemudian siswa berdoa untuk memulai pelajaran agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
· Siswa memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi).
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
Siswa mengamati literatur tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah. (mengasosiasi).
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.
· Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.
· Guru memberikan pekerjaan rumah individu.
· Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru dan mencatatnya di buku catatan harian.
· Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.
· Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
J. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : tes dan non tes
2. Bentuk : uraian dan observasi
3. Instrumen : soal dan lembar observasi kegiatan diskusi
Tes tertulis
Jawablah pertanyaan - pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian karya ilmiah?
2. Jelaskan konvensi atau aturan penting yang harus diperhatikan dalam menulis karya ilmiah?
3. Sebutkan bagian-bagian karya ilmiah?
4. Jelaskan cara-cara merujuk dalam penulisan karya ilmiah?
Kunci Jawaban
1. Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan kajian pustaka atau penelitian untuk membahas tema tertentu.
2. Beberapa konvensi atau aturan penting yang harus diperhatikan dalam menulis karya ilmiah sebagai berikut.
a. Masalah diungkapkan dan dipecahkan secara ilmiah atau dengan metode-metode kelimuan. Metode keilmuan tampak pada penyajian karya ilmiah yang mengutamakan kelogisan, fakta, atau bukti yang terpercaya disertai analisis yang objektif.
b. Pendapat-pendapat yang dikemukakan berdasarkan fakta dan tidak berdasarkan imajinasi, perasaan, ataupun pendapat yang bersifat subjektif (impersonal).
c. Karya ilmiah harus disusun secara sistematis dan logis yang ditandai oleh hubungan antarbagian-bagian tulisan yang membentuk suatu kesatuan (kohesif) dan kepaduan (koheren). Ragam bahasa yang digunakan bersifat lugas, menggunakan kalimat secara efektif, menghindari kalimat yang bermakna ganda, dan menghindari pemakaiaan kata yang bersifat konotasi.
3. Bagian-bagian dalam karya ilmiah sebagai berikut.
a. Halaman judul
b. Halaman persembahan
c. Kata pengantar
d. Abstrak
e. Daftar isi
f. Daftar tabel
g. Daftar gambar
h. Daftar lampiran
i. Pendahuluan
1) Latar belakang masalah
2) Perumusan masalah
j. Kerangka teoretis
k. Metodologi penelitian
l. Deskripsi dan pembahasan hasil penelitian
m. Kesimpulan dan saran
n. Daftar pustaka
o. Lampiran-lampiran
p. Riwayat hidup
4. Dalam hal perujukan, ada dua cara yang dapat dilakukan, bergantung pada jenis rujukan yang dipakai. Cara yang pertama adalah dengan mengintegrasikan rujukan ke dalam teks, sedangkan cara yang kedua adalah dengan tidak mengintegrasikan rujukan ke dalam teks. Cara pertama menggunakan kutipan langsung dan tidak langsung, sedangkan cara kedua menggunakan catatan kaki. Selain itu, daftar pustaka juga dapat dijadikan rujukan dalam penulisan karya ilmiah sebagai pelengkap dari sebuah catatan kaki.
Pedoman penilaian
1) Setiap soal apabila dijawab benar sempurna diberi nilai 25
2) Setiap soal apabila dijawab mendekati benar diberi nilai 20
3) Setiap soal apabila dijawab setengahbenar diberi nilai 15
4) Setiap soal apabila dijawab tapi salah diberi nilai 5
5) Setiap soal apabila yang tidak dijawab diberi nilai 0
LEMBAR PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / 1
Kompetensi Dasar:
1. Memahami konvensi penulisan karya ilmiah
2. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan konvensi penulisan karya ilmiah
Materi Pokok: Konvensi penulisan karya ilmiah
Hari/tanggal pengamatan:
1) Penilaian dilakukan selama kegiatan diskusi
2) Hasil penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3) Aspek yang dinilai:
- Tanggung jawab
- Kerja sama
- Keberanian mengajukan pertanyaan
- Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
- Menghargai pendapat orang lain
4) Keterangan Skor dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang Jumlah skor 1- 5 kategori tidak aktif
Skor 2= kurang Jumlah skor 5-10 kategori kurang aktif
Skor 3= cukup Jumlah Skor11-15 kategori cukup aktif
Skor 4= baik Jumlah skor 16-20 kategori aktif
Skor 5 = baik sekali Jumlah skor 21 -25 kategori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek!
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
KATEGORI
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||||||||
1
| |||||||||||||
2
| |||||||||||||
3
| |||||||||||||
4
| |||||||||||||
5
| |||||||||||||
6
| |||||||||||||
7
| |||||||||||||
Dst
| |||||||||||||
JUMLAH SKOR
| |||||||||||||
RERATA SKOR
| |||||||||||||
Penilaian Sikap
· Penilaiandilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
· Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
b. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
c. Peduli dalam kegiatan pembelajaran.
d. Disiplin selama proses pembelajaran.
e. Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan.
f. Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
|
Observasi
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian pribadi
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
|
Unjuk Kegiatan
|
Penyelesaian kelompok
|
Instrumen Penilaian hasil Belajar
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Penugasan
3. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kegiatan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan : Pada saat pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi dasar :
1. Memahami konvensi penulisan karya ilmiah
2. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan konvensi penulisan karya ilmiah
Indikator : 1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jikasama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jikamenunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama siswa
|
Sikap
| ||||||||||||||||||||||||||||
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
Santun
|
Percaya diri
|
Disiplin
| ||||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
| |||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||
K : Kurang C : Cukup B : Baik BS : Baik Sekali
...............,.......................... 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kepala SMA ....
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah