Makalah Lengkap - Makalah Gerakan Literasi Sekolah.
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  

  
  
  Download Makalah Lengkap pdf terdiri dari Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I Pendahuluan, BAB II Pembahasan, BAB III Penutup dan Daftar Pustaka Makalah Gerakan Literasi Sekolah.
MAKALAH
GERAKAN LITERASI SEKOLAH
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
    Literasi sekolah dalam konteks gerakan literasi sekolah (GLS) di Sekolah
    Dasar (SD) merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu
    secara cerdas melalui berbagai aktivitas, seperti membaca, melihat,
    menyimak, menulis, dan berbicara. GLS di SD merupakan suatu upaya yang
    dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai komunitas
    pembelajaran literasi.
  
  
    Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses,
    memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas,
    antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.
  
  
    Gerakan literasi sekolah  merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara
    menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang
    warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
  
  
    Literasi Pada dasarnya literasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan
    membaca dan menulis. Namun, Deklarasi Praha pada tahun 2003 menyebutkan
    bahwa literasi tidak hanya berkaitan dengan dua aktivitas tersebut. Ia juga
    mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat.
  
  
    Literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan
    pengetahuan, bahasa, dan budaya (Unesco, 2003).
  
  
    Deklarasi yang difasilitasi oleh Unesco itu juga menyebutkan bahwa literasi
    informasi terkait pula dengan kemampuan untuk
    mengidentifikasi,menentukan,menemukan,mengevaluasi,menciptakan secara
    efektif dan terorganisasi,menggunakan dan mengomunikasikan informasi untuk
    mengatasi berbagai persoalan.
  
  
    Kemampuan-kemampuan itu harus dimiliki tiap individu sebagai syarat untuk b
    erpartisipasi dalam masyarakat informasi, dan itu bagian dari hak dasar
    manusia menyangkut pembelajaran sepanjang hayat. Maka, secara sederhana,
    dalam konteks peserta didik, dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi
    merupakan cara peserta didik mengakses,memahami,dan menggunakan informasi
    yang berada di sekitarnya untuk mengatasi berbagai permasalahan hidupnya.
  
  
    Gerakan Literasi Sekolah merupakan merupakan suatu usaha atau kegiatan yang
    bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah (peserta didik, guru,
    kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite Sekolah, orang
    tua/wali murid peserta didik), akademisi, penerbit, media massa, masyarakat
    (tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan keteladanan, dunia usaha,
    dll.), dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal
    Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  
  
    Gerakan Literasi Sekolah adalah gerakan sosial dengan dukungan kolaboratif
    berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan
    membaca peserta didik. Pembiasaan ini dilakukan dengan kegiatan 15 menit
    membaca (guru membacakan buku dan warga sekolah membaca dalam hati, yang
    disesuaikan dengan konteks atau target sekolah). Ketika pembiasaan membaca
    terbentuk, selanjutnya akan diarahkan ke tahap pengembangan, dan
    pembelajaran (disertai tagihan berdasarkan Kurikulum 2013). Variasi kegiatan
    dapat berupa perpaduan pengembangan keterampilan reseptif maupun produktif.
  
  
    Dalam pelaksanaannya, pada periode tertentu yang terjadwal, dilakukan
    asesmen agar dampak keberadaan Gerakan Literasi Sekolah dapat diketahui dan
    terus-menerus dikembangkan. Gerakan Literasi Sekolah diharapkan mampu
    menggerakkan warga sekolah, pemangku kepentingan, dan masyarakat untuk
    bersama-sama memiliki, melaksanakan, dan menjadikan gerakan ini sebagai
    bagian penting dalam kehidupan.
  
  
    Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan
    berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual,
    digital, dan auditori. Di abad 21 ini, kemampuan ini disebut sebagai
    literasi informasi.
  
B. Tujuan Penulisan
  
    Dari Latar Belakang diatas maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk
    mengetahui tentang Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar
  
  Download Makalah Gerakan Literasi Sekolah dibawah ini:
Lengkap:
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- BAB I Pendahuluan
- BAB II Pembahasan
- BAB III Penutup
- Daftar Pustaka
DOWNLOAD MAKALAH FORMAT WORD
    KLIK UNTUK DOWNLOAD
  
  
  
  
