Makalah Usaha Fashion Busana Muslimah dan Jilbab

Makalah Usaha Fashion Busana Muslimah dan Jilbab. Makalah ini di buat untuk memenuhi Tugas Kuliah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Jurusan Ekonomi. Download Makalah Proposal Usaha Busana Muslimah dan Jilbab pdf

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Busana muslimah adalah busana yang sesuai dengan ajaran Islam, dan penggunaanya tersebut mencerminkan seorang muslimah yang taat atas ajaran agamanya dalam tata cara berbusana. Kerudung atau jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi diperdengarkan oleh telinga kita saat ini. Suatu kain yang berfungsi sebagai penutup aurat wanita kini sedang ramai dipergunakan sebagai trend center di dunia fashion. Banyak terdapat model dan tipe-tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri. Bahkan sampai diadakan suatu pameran untuk mengenalkan produk jilbab dengan berbagai model.

Jilbab di Indonesia menurut Suzanne April Brenner, merupakan suatu peristiwa “100% modern bahkan terlampau modern” dimana perempuan berjilbab adalah sebagai suatu tanda globalisasi, suatu lambang identifikasi orang Islam di Indonesia dengan umat Islam di negara-negara lain di dunia modern ini, menolak tradisi lokal, dalam hal berpakaian dan sekaligus juga menolak hegemoni Barat.

Oleh karena itu jilbab saat ini sudah menjadi bagian dari kultur masyarakat. Berkembangnya cara pemakaian jilbab dan pakaian muslimah saat ini mulai mengikuti mode fashion yang berlaku di masyarakat. Jadi jilbab dan pakaian muslimah itu sendiri tidak lagi dikatakan sebagai pakaian yang ketinggalan zaman, malah saat ini mengikuti trend fashion sehingga sudah layak untuk disebut sebagai pakaian yang modern.

B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah tentang Usaha Fashion Busana Muslimah dan Jilbab.

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian
Busana muslimah adalah busana yang sesuai dengan ajaran Islam, dan penggunaanya tersebut mencerminkan seorang muslimah yang taat atas ajaran agamanya dalam tata cara berbusana Jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi ditelinga kita. Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Banyak terdapat model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri. Pada dasaranya jilbab berfungsi untuk menutup aurat wanita agarterhindar dari hal-hal makisat. Terutama di Indonesia yang merupakan suatu negara dimana rakyatnya mayoritas  beragama atau memeluk agama islam. Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita muslimah, tetapi sudah menjadi karaketer bagi banyak wanita.

Kesadaran wanita muslimah untuk menutup aurat semakin meningkat, sehingga dimasa sekarang banyak yang membuat usaha hijab dengan berbagai macam motif dan ukuran. Dengan hijab, wanita akan terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang digunakan dengan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang digunakan.

Jika kita lihat sekarang ini sering kita jumpai model-model baju, hijab/jilbab dan lain-lain yang didesain sedemikian rupa, semakin trendi dan menarik mengikuti perkembangan zaman. Dengan desain-desain atau model-model terbaru, banyak para wanita muslimah mengambil keputusan untuk berhijab.Dengan begitu kita pun bisa saja memiliki peluang bisnis usaha berjualan hijab dan sangat menguntungkan di tengah luasnya pasar.

Dengan melihat peluang pasar yang begitu luas, potensi keuntungan yang tebal, dan peluang balik modal cepat, membuat bisnis hijab sulit untuk diabaikan.Pelaku bisnis  hijab mencoba meraih hati para hijabers agar menjadi pelanggan.  Kalau kita mampu bersaing dengan pebisnis hijab yang lain maka kita akan mendapatkan keuntungan secara pribadi karena toko hijab kita akan semakin banyak diminati oleh masyarakat. Dan para pelanggan juga mendapat keuntungan karena mereka dapat memakai hijab yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau.

Alasan saya membuat wirausaha hijab ini berawal dari hobi saya yang suka mengoleksi berbagai model dan jenis hijab. Hijab sekarang sudah menjadi barang yang biasa digunakan wanita muslimah, bahkan tampilannya yang modis membuat hijab banyak diminati wanita muslimah. Karena modis,maka pemakaiannya pun juga cepat ganti-ganti. Dan setelah dilihat, peluang bisnis hijab di Indonesia cukup menjanjikan karena sudah ada pasarnya.

Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu-itu saja. Terkadang mereka merasa malu menggunakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
Bisnis hijab tidak bisa dianggap remeh, sudah banyak contoh pebisnis hijab yang sukses karena fokus dan tekun mendalami bisnis hijab ini. Dan ini menjadikan minat saya untuk membuka dan mengembangkan usaha tersebut.

B. Visi dan Misi Usaha
1.  Visi usaha :
• Mampu membuka lahan bisnis dibidang busana muslimah dan hijab.
• Menyediakan berbagai jenis busana muslimah dan jilbab (model, ukuran, warna).
• Memberikan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.
• Memberi peluang dan prospek kedepan yang baik.
• Mampu menciptakan lapangan kerja baru.

2. Misi usaha:
• Mengembangkan usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan muslimah untuk  menutup aurat dengan memakai hijab.
• Memberikan pelayanan yang  terbaik.
• Menjual produk dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau.

C.  Tujuan Usaha:
• Mendapat keuntungan
• Menyediakan kebutuhan busana muslimah dan jilbab di wilayah sekitar tempat usaha.
• Menambah keterampilan.
• Membuat kebiasaan berhijab dikalangan muslimah.
• Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya.

D. Peluang Usaha
Dalam membangun usaha busana muslimah dan hijab, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Niat dan  Fokus Mengembangkan Usaha
Seringkali pemula tidak fokus mengembangkan usaha, saat usahanya tersendat, padahal saat ada masalah yang muncul justru disitulah peluang naik kelas menjadi lebih besar.

2. Mulai Usaha Busana Muslimah dan Jilbab dari Kecil Dulu
Untuk memulai bisnis itu perlu kesabaran, seringkali bernafsu untuk cepat  besar malah seringkali membuat kita terjatuh.

3. Pandai Memilih Model
Dalam membangun usaha busana muslimah dan hijab tahap pertama yang dilakukan adalah mencari tahu bagaimana trend busana dan hijab sekarang ini, model dan bahan yang lagi populer. Kita dapat menggunakan media online untuk mencari tahunya. Selain itu kita juga dapat mengamati di mall-mall dan melihat mereka yang menggunakan hijab, rata-rata menggunakan jilbab apa dan cara memasangnya bagaimana. Mencari dimana bisa mendapatkan produk jilbab tersebut, seperti pasar-pasar atau tempat lainnya hingga mendapatkan harga yang menarik dengan bahan yang bagus. Jika telah menemukannya, lakukan pendekatan secara personal terhadap pemilik usaha hijab tersebut.

4. Perbanyak Model
Dizaman sekarang banyak orang yang tidak mau busana muslimah dan jilbabnya sama, selalu ingin yang berbeda, dengan memperbanyak model maka pelanggan bisa memilih model yang diinginkan.

5. Promosikan Produk
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi  kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Promosi dapat dilakukan dengan sejumlah media baik elektronik, cetak, maupun promosi langsung dari mulut ke mulut.
Kita dapat memulai promosi dari yang terdekat, seperti kepada teman-teman, saudara-saudara atau tetangga. Jika mereka tertarik dengan produk kita maka secara otomatis akan terjadi pembelian secara berulang dan bisa menjadi promosi tidak langsung atau promosi dari mulut ke mulut. Selain promosi dari mulut ke mulut kita juga dapat memanfaatkan media online sebagai sarana promosi untuk memulai usaha seperti Facebook, Twitter, BBM atau yang lain-lain.

E. Profil Usaha
Nama Usaha : “Tren Muslimah ”
Pemilik : Maulika
Anggota : (Milda, Nadia, Ermita)
Alamat : Kotabakti Kec. Sakti Kab. Pidie
No. HP/WA : 

BAB III PRODUK YANG DIJUAL

1. Jenis Barang
Jenis barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat yaitu busana muslimah dan jilbab. Busana Muslimah dan Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai merk, model, bahan, ukuran, dan warna.

2. Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan
Usaha ini juga memerlukan beberapa peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang dalam proses operasional penjualan.

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
• Etalase
• Lemari Panjang dan Pendek
• Kepala manekin
• Cermin
• Hanger jilbab
• Kursi plastik
• Lampu
• Meja

3. Pelaksanaan Kegiatan
Usaha ini mulai beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB dan pada hari minggu tidak libur. Jam operasi tersebut dipilih karena mulai jam tersebut masyarakat yang telah beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menambah pengetahuan masyarakat luar yang berlalu-lalang disekitar tempat usaha. Sedangkan waktu selesai operasi, yaitu pukul 20.00 WIB dipilih karena sampai jam tersebut masih banyak orang-orang yang melakukan aktivitas diluar rumah, sehingga membuka peluang untuk dapat menjual barang.

4. Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja adalah 3 orang, 2 orang sebagai bagian penjualan dan 1 orang sebagai bagian pembelian jilbab.

5. Rencana perluasan Produk
Rencana perluasan usaha ini yaitu dengan mendirikan cabang lain di wilayah yang potensial dan strategis, bekerjasama dengan produsen jilbab di berbagai wilayah, membuka situs online bagi para pembeli.

6. Pemilik Usaha
Disini pemilik usaha menjelaskan sebagai yang punya usaha adalah saya sendiri (Maulika) dan sekalian dalam bidang manajemen usaha itu sendiri atau disebut sebagai pengelola.

1. Product (Produk)
Produk Tren Muslimah  merupakan produk pakaian muslimah dan Jilbab yang memberikan kesan simple namun tetap elegan dan fashionable. Bahan yang digunakan tidak perlu diragukan lagi, menggunakan bahan yang berkualitas, nyaman dipakai, tidak panas. Melewati proses produksi dengan jahitan yang rapi dan teliti. Model pakaian adalah hasil desain sendiri oleh owner Tren Muslimah  sehingga modelnya tidak pasaran dan tentunya tetap mengedepakankan etika berpakaian muslimah dalam Islam.

2. Price (Harga Jual)
Harga merupakan variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga dapat menunjukan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. 
Produk Tren Muslimah  menawarkan harga yang telah disesuaikan dengan target pasar kami yaitu para remaja muslimah yang menuyukai barang yang berkulitas tetapi dengan harga yang murah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variabel lain. Tentunya kami akan mengutamakan kualitas barang.

Berikut rincian harganya:


3. Placement (Penempatan)
Untuk tempat produksi dan penjualan kami jadikan satu yaitu terletak di daerah tengah kota sehingga mudah ditemui oleh pelanggan. Lokasi kami juga menyenangakan agar pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman di toko kami. 
Untuk saluran distribusi kami menjual sendiri produk kami secara langsung di tempat, juga menjual secara online melalui media sosial Instagram. Kami menggunakan sistem resseler untuk lebih mempercepat pengenalan produk kami.

4. Promotion (Promosi)
Kami melakukan promosi melaui mulut ke mulut medi elektronik dan media cetak. Media elktronik melalui instagram, adapun media cetak melalui brosur dengan cara membagikannya kepada kelompok atau organisasi remaja muslimah yang ada di kampus dan perusahaan.

BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari usaha ini dapat disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan Busana Muslimah dan jilbab sangat menguntungkan, memiliki peluang sangat baik dalam jangka waktu yang panjang, mudah untuk dikembangkan, selain itu usaha ini dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

B. Saran
Model Busana Muslimah dan jilbab yang terus berubah dapat menyebabkan Busana Muslimah dan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat sehingga tingkat penjualannya pun menurun. Untuk itu dalam kegiatan pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga tidak akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.
Agar Pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan dengan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu:
• Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan.
• Pandai berkomunikasi.
• Mempunyai etos kerja yang tinggi.
• Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
• Tidak mudah putus asa.


DAFTAR PUSTAKA
Adam, Muhammad 2015. Manajemen Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta.
Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, Strategi. Jakarta Rajawali Pers..
H. Abdul Manap (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran, Mitra wancana media, Jakarta.
Suaibatul Aslamiyah, Mintarti Rahayu , Achmad Helmy Djawahir (2018). Peranan Perubahan Budaya Berjilbab Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab (jurnal)
https://www.masbabal.com/