Makalah Bullying dan Adiksi Gadget

Makalah Bullying dan Adiksi Gadget menjelasakan tentang Bullying, Pengertian Bullying, Jenis-Jenis Tindakan Bullying, Faktor Penyebab Bullying, Dampak Tindakan Bullying, Upaya Mengatasi Bullying

Adiksi Gadget, Definisi Kecenderungan Adiksi (Kecanduan), Tanda-tanda kecenderungan adiksi gadget, Faktor-faktor adiksi dan Aspek-aspek kecenderungan adiksi

Makalah Bullying dan Adiksi Gadget. Makalah pdf Makalah Bullying pdf Adiksi Gadget pdf


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Dimana pada masa ini remaja memiliki kematangan emosi, sosial, fisik dan psikis. Remaja juga merupakan tahapan perkembangan yang harus dilewati dengan berbagai kesulitan.

Dalam tugas perkembangannya, remaja akan melewati beberapa fase dengan berbagai tingkat kesulitan permasalahannya sehingga dengan mengetahui tugas-tugas perkembangan remaja dapat mencegah konflik yang ditimbulkan oleh remaja dalam keseharian yang sangat menyulitkan masyarakat, agar tidak salah persepsi dalam menangani permasalahan tersebut.

Pada masa ini juga kondisi psikis remaja sangat labil. Karena masa ini merupakan fase pencarian jati diri. Biasanya mereka selalu ingin tahu dan mencoba sesuatu yang baru dilihat atau diketahuinya dari lingkungan sekitarnya, mulai lingkungan keluarga, sekolah, teman sepermainan dan masyarakat. Semua pengetahuan yang baru diketahuinya diterima dan ditanggapi oleh remaja sesuai dengan kepribadian masing-masing. Disinilah peran lingkungan sekitar sangat diperlukan untuk membentuk kepribadian seorang remaja.

Budaya bullying (kekerasan) atas nama senioritas masih terus terjadi di kalangan peserta didik. Karena meresahkan, pemerintah didesak segera menangani masalah ini secara serius. Bullying adalah suatu bentuk kekerasan anak (child abuse) yang dilakukan teman sebaya kepada seseorang (anak) yang lebih ‘rendah’ atau lebih lemah untuk mendapatkan keuntungan atau kepuasan tertentu. Biasanya bullying terjadi berulang kali. Bahkan ada yang dilakukan secara sistematis. Dari menjamurnya, kasus – kasus bullying yang ada di lembaga pendidikan di Indonesia khususnya lingkungan sekolah, penulis mengambil tema yang berkaitan dengan perilaku bullying di jenjang pendidikan.

Sebelum adanya gadget, untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi, manusia masih menggunakan peralatan yang sederhana, seperti contohnya kentongan, merpati pos, surat, telegraf dan lain-lain. Sekarang komunikasi menjadi sangat mudah dan praktis, dengan adanya kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat. Teknologi merupakan suatu sarana yang dibutuhkan untuk memenuhi kehidupan manusia. Alat-alat komunikasi pun berkembang mengikuti kemajuan teknologi. Salah satu alat komunikasi yang berkembang sampai saat ini adalah gadget. Gadget atau gawai adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi yang canggih (mandalamaya.com, 2014).

Hampir setiap orang di Indonesia memiliki gadget, tak memandang usia baik itu tua, muda atau pun anak-anak. Indonesia termasuk dalam peringkat "lima besar" Negara pengguna gadget, khususnya smartphone. Data yang diambil tahun 2014 itu menunjukkan bahwa pengguna aktif smartphone adalah sekitar 47 juta, atau sekitar 14 persen dari seluruh pengguna handphone. Bila dilihat dari komposisi usia, persentase pengguna gadget yang termasuk kategori usia anak-anak dan remaja di Indonesia cukup tinggi, yaitu 79,5 persen. Survei yang dilakukan oleh Kementerian Informasi dan Unicef tahun 2014 itu menggambarkan bahwa anak menggunakan gadget sebagian besar untuk mencari informasi, hiburan, serta menjalin relasi sosial (detikINET, 3/2/2014).

B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk mengetahui tentang Bullying dan Adiksi Gadget

BAB II PEMBAHASAN

Selengkapnya Tentang Makalah Bullying dan Adiksi Gadget dapat di Download Dibawah ini:
Download Makalah Bullying dan Adiksi Gadget pdf

Download Makalah tinggal PRINT. Kumpulan Makalah Lengkap