Soal Latihan Pedagogik dan Profesional PGSD PPKn

Kumpulan Soal Latihan SKB PGSD PPKn Tahun 2020. Soal SKB Pedagogik PGSD PPKn Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik PGSD PPKn p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k guru ppkn terbaru soal p3k 2021

Soal Latihan Pedagogik dan Profesional PGSD PPKn

SOAL PGSD PPKn Tahun 2020

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar.
1. Kemajemukan etnis, budaya dan agama yang menjadi latar kehidupan suku bangsa Indonesia dapat memperkokoh kesatuan dalam membangun kehidupan bersama. Namun potensi konfl ik dapat selalu terjadi dan dapat diatasi dengan mengembangkan konsensus. Hal ini mencerminkan bahwa Pancasila berfungsi sebagai ….
A. idiologi konstitusional
B. ideologi federalistik
C. ideologi persatuan
D. ideologi terbuka
E. ideologi kesatuan

2. Aktualisasi sikap Warga Negara yang cerdas dan bertanggungjawab akan terlihat bukan saja ketika seseorang menjadi aktor politik dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, tetapi akan nampak pada kepeduliannya terhadap hal kecil yang sama pentinya di tengah kehidupan masyarakat, hal itu adalah ....
A. Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis
B. pengelolaan sampah dan kebersihan sebagai peluang ekonomi
C. peningkatan katertiban dan kesadaran hukum masyarakat
D. peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama
E. peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional rakyat

3. Salah satu misi pendidikan moral-politik yang diemban oleh dan atau di dalam pelajaran PPKn di persekolahan ...
A. Mengkritisi pemerintah atas kebijakan publik yang merugikan rakyat.
B. Menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap lambang Negara Indonesia.
C. Berjuang keras sebagai politrisi agar dapat menjadi anggota DPR.
D. Mendukung partai politik pemenang pemilu.
E. Memuja-muji pemimpin sebagai penguasa.

4. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar kegiatan politik mencerminkan nilai, moral yang sesuai dengan harapan bangsa dan negara landasan etika politik yang harus dijadikan pedoman adalah ....
A. Undang-undang partai politik
B. Pancasila
C. UUD 1945
D. Cita-cita dan perjuangan partai
E. Pembukaan UUD 1945

5. Kegiatan akhir dalam setiap proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi. Adapun prinsip-prinsip khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PPKn di SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala.
B. Pengukuran dengan indikator kognitif
C. Makin banyak indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya.
D. Lebih menekankan pada kepentingan siswa.
E. Pengukuran ranah kolektif

6. Dalam pembelajaran PPKn SD dapat diterapkan suatu strategi yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam kerja sama atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja untuk memecahkan masalah bersama. Hal ini merupakan penerapan metode ....
A. Bermain peran
B. Value Clarafi cation Tehnique (VCT)
C. Sosiodrama
D. Metoda Proyek
E. Cooperative learning

7. Dalam pembelajaran PKn adanya pendekatan nilai, norma dan moral Pancasila yang dapat digunakan guru untuk memudahkan siswanya dalam belajar. Adapun yang dimaksud dengan pengertian moral itu sendiri adalah ...
A. Tatanan aturan hukum yang menjadi sesuatu yg sudah memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat.
B. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku.
C. Pola sikap yang sudah mempribadi atau mapan.
D. Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya.
E. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri.

8. Jika dalam pembelajaran PPKn di sekolah Dasar guru ingin membawa peserta didik ke dalam situasi nyata dan menerapkan hubungan antara pengetahuan dengan kehidupannya sebagai anggota keluarga/masyarakat, implementasi yang tepat harus dilakukannya ....
A. Pendekatan Sosial
B. Pendekatan kontekstual
C. Pedekatan kuantum
D. Pendekatan lingkungan
E. Pendekatan konsep

9. Untuk mengejar kemajuan dunia secara global semua Negara bangsa, terutama bagi Negara-Negara yang belum semaju bangsa lain termasuk Indonesia tak ada cara lain, kecuali ....
A. Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan
B. Mengeksplorasi sumberdaya alam melalui strategi politik pembangunan sumberdaya manusia
C. Memperkuat kekuasaan politik, pertahanan keamanan dan control ekonomi rakyat melalui pajak dan fiscal
D. Bekerjasama saling menguntungkan dalam berbagai bidang dengan Negara-negara pemuncak kemajuan dunia
E. Membuka inverstasi sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk membangun infra struktur yang dibutuhkan rakyat

10. Sebagai warga masyarakat, guru perlu memahami sifat hukum. Hal tersebut di bawah ini merupakan sifat hukum, kecuali ...
A. mengatur hubungan antara orang yang satu dan yang lain
B. memberikan adanya kepastian hukum
C. mengikat dan memaksa
D. memberikan rasa nyaman dan aman
E. memberikan rasa keadilan

11. Setiap pelanggaran hukum dapat diancam dengan tuntutan pidana, tetapi tidak setiap pelanggar hukum dan pelanggaran hukumnya atas nama hukum dikenakan sama. Contoh kasus tersebut adalah ...
A. Sebuah pelanggaran hukum yang dilakukan orang dewasa atas permintaan korban.
B. Pelanggaran hukum yang terjadi sebagai akibat kecelakaan dan dilakukan oleh anak yang belum dewasa.
C. Setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang tidak waras.
D. Setiap pelanggaran hukum baik sengaja atau tidak yang dilakukan oleh anak dibawah umur menurut undang-undang.
E. Pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang sedang menduduki jabatan strategis Negara.

12. Sebagai warga masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional. Untuk mengidentifi kasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945, diantaranya adalah seperti yang tersebut ini …
A. Demokrasi dengan rule of law.
B. Demokrasi dengan rule of the game.
C. Demokrasi dengan pemisahan kakuasaan negara.
D. Demokrasi dengan pemisahan antara hak dan kewajiban.
E. Demokrasi dengan sistem pemilihan langsung.

13. Republik Indonesia adalah Negara hukum (rechstaat) dan bukan Negara kekuasaan semata (machtstaat), untuk mencapai cita-cita ideal tersebut langkah strategis yang harus dilakukan bersama antara lain adalah ...
A. Memberikan pendidikan hukum sebagai pengetahuan relative sesuai dengan dinamika masyarakat.
B. Memberikan pendidikan hukum sebagai profesi yang terhormat di masyarakat.
C. Memberikan pendidikan hukum berbasis nilai-moral sejak di persekolahan.
D. Memperjuangkan cita-cita politik Republik Indonesia sebagai Negara hukum.
E. Membangun budaya politik berbasis pelaksanaan hukum dan konstitusi.

14. Setelah siswa mempelajari PPKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar negara Pancasila, yaitu dengan ….
A. Meneladani sikap dan perilaku para tokoh
B. Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang
C. Meninggalkan ideologi negara
D. Mensimulasikan proses perumusan Dasar negara menjelas proklamasi kemerdekaan
E. Menunjukkan sikap hedonisme

15. Contoh pembelaan penegakan Hukum dan HAM yang dilakukan pemerintah dalam menangani warganegaranya yang terkait kasus pelanggaran hukum dan HAM di luar negeri, adalah melalui ....
A. Arbritase internasional
B. Ombusman
C. Mahkamah Internasional
D. Diplomasi kebudayaan
E. Diplomasi politik

16. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu dimaksudkan agar….
A. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia
B. bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi
C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini
D. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia
E. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing

17. Fakta keanekaragaman adat istiadat dan bahasa yang merupakan kekayaan budaya bangsa merupakan salah satu sumber penting pengembangan konten PPKn di persekolahan, hal tersebut karena...
A. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya bangsa.
B. Pembelajaran PPKn di sekolah berbasis budaya lebih disukai peserta didik.
C. Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliput seni dan budaya.
D. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya.
E. Nilai dan budaya yang ada di tengah masyarakat dapat menjadi penghambat modernisasi bangsa.

18. Isu pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climite change) saat ini dirasakan oleh seluruh warga dunia. Dalam pandangan pendidikan kewarganegaraan memberi makna, bahwa warga dunia perlu ....
A. mengembangkan iptek yang mampu mengendalikan dan mengatasi perubahan cuaca
B. melakukan reorientasi terhadap kualitas pendidikan kewarganegaraan dan dunia
C. menjadikan kepedulian terhadap bumi sebagai prioritas dari setiap warga negara
D. mewajibkan setiap warga negara menanam pohon dengan semboyan one man one tree
E. setiap negara bersama warganya melakukan reboisasi massal

19. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu bermaksud agar….
A. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia
B. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia
C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini
D. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing
E. meniru cara hidup bangsa yang lebih dulu maju menjadi keniscayaan

20. Perluasan pasal dan ayat tentang hak azasi warga negara dalam amandemen UUD 1945, memberi isyarat bahwa ...
A. Perlindungan HAM tidak untuk pelaku kejahatan.
B. HAM memerlukan dinamisasi secara prinsip.
C. Telah terjadi reformasi HAM dalam konstitusi.
D. Pengakuan HAM di Indonesia semakin penting.
E. HAM harus tetap dilindungi secara konstitusional.

21. Pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945, memerlukan aturan teknis yang mempermudah penerapannya. Petunjuk pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945 ini dikenal dengan….
A. Nilai budaya bangsa
B. Nilai pragmatis
C. Nilai praktis
D. Nilai instrumental
E. Nilai fundamental

22. Instrumen HAM yang dapat memperkuat dan menjamin penegakan HAM secara adil adalah….
A. kepastian hukum HAM, keadilan HAM dan ketaatan hukum HAM masyarakat
B. Undang-Undang HAM, KOMNAS HAM dan Peradilan HAM
C. kesadaran hukum HAM, penegakan hukum HAM dan ketegasan eksekusi HAM
D. penegak hukum HAM, konstitusi HAM dan Peradilan HAM yang bebas
E. pemberdayaan dan peningkatan partisipasi relawan sosial

23. Bangsa Indonesia telah lama menganut sesanti Bhineka Tunggal Ika namun konfl ik sosial horizontal selalu dapat terjadi. Hal itu secara factual dimungkinkan lebih disebabkan oleh ....
A. Perbedaan ras, suku dan budaya
B. Perseteruan cita-cita politik sebagai bangsa
C. Persaingan elit politik dan penguasaan hajat ekonomi
D. Perselisihan agama dan keyakinan
E. Perbedaan adat dan bahasa

24. Gejala kenampakan kalangan muda yang tidak khikmat dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada saat upacara bendera, adalah pertanda menurunnya ....
A. prinsip kepribadian nasional dan cinta tanah air
B. semangat belajar PPKn
C. prinsip berkebangsaan dari warga negara
D. semangat kebangsaan dan cinta tanah air
E. semangat konstitusional bangsa indonesia

25. Portopolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portopolio meliput berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portopolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena...
A. Implementasi portopolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif partisipatif, kreatif dan produktik segenap peserta didik
B. Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang unik bagi siswa
C. Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih kurang
D. Tak ada jawaban yang benar
E. Tak ada lagi model pembelajaran yang baru

26. Setiap Negara bangsa berkepentingan mengusung nasionalisme sebagai identitas yang harus dipelihara dijaga, dan dipertahankan koeksistensinya terutama di dalam ....
A. spirit mental dan kepribadiannya
B. kemajuan aplikasi teknologinya
C. simbol kekuatan pertahanan dan persenjataannya
D. syair lagu kebangsaannya
E. sistem hukum tatanegaranya