Contoh Soal Tes SKB P3K Guru Bahasa Indonesia Tahun 2021 #Soal2

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia atau Tes Ujian Guru Bahasa Indonesia, Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Unduh Soal SKB Bahasa Indonesia A Tahun 2021 Lengkap Jawaban


Soal Tes Ujian P3K SKB Bahasa Indonesia B Tahun 2021


Soal No 11
Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada adalah ...
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mencoba atau mengeksplorasi
D. Mengasosiasi atau merumuskan
E. Mengomunikasikan

Pembahasan
Jawaban C
Tahapan dalam pembelajaran saintifi k terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, meng asosiasi, dan mengomunikasi.

Soal No 12
Jika seorang guru mengajar dengan kompetensi dasar Mengidentifi kasi informasi dari teks laporan hasil observasi (LHO) berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dengan pendekatan saintifi k, pada tengah kegiatan guru meminta siswa secara berkelompok untuk membaca, menganalisis, dan menyimpulkan isi informasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang ditugaskan. Menurut pendapat Saudara, kegiatan tersebut termasuk ke dalam tahapan pembelajaran ...
A. Mengamatiberagam contoh teks LHO
B. Menanya hal-hal terkait dengan struktur teks LHO
C. Mencoba atau mengeksplorasi informasi teks LHO
D. Mengasosiasi atau merumuskan informasi teks LHO
E. Mengomunikasikan hasil identiikasi informasi teks LHO

Pembahasan
Jawaban C
Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi atau mengumpulkan data tentang informasi teks LHO.
Dalam soal tersebut:
• Membaca = mengamati(mengobservasi)
• Mengajukan petanyaan = (menanya)
• Menyusun/mengonstruksi = (mengasosiasi)
• Mempresentasi = mengomunikasi

Soal No 13
Dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa untuk membaca suatu jenis teks, mengajukan pertanyaan tentang teks tersebut, menyusun atau mengonstruksi teks tersebut, dan mempresentasikannya di depan kelas. Tahapan tersebut adalah ...
A. Mengama??
B. Menanya
C. Mencoba atau mengeksplorasi
D. Mengasosiasi atau merumuskan
E. Mengomunikasikan

Pembahasan
Jawaban C
Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi (opsi C).

Soal No 14
Seorang guru memberikan umpan balik dan penguatan tentang hasil menulis teks deskripsi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan ...
A. Prapembelajaran
B. Awal pembelajaran
C. Intipembelajaran
D. Penutup pembelajaran
E. Tindak lanjut pembelajaran

Pembahasan
Jawaban D
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputikegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari. Kegiatan intimenggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri atas refl eksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian umpan balik untuk menguatkan proses pembelajaran yang telah terjadi. Kegiatan tersebut ada di kegiatan akhir pembelajaran.

Soal No 15
Seorang guru memberikan pengalamannya dalam bentuk contoh sebuah puisi untuk merangsang siswa terkait dengan pembelajaran menulis sebuah puisi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan ...
A. Prapembelajaran
B. Awal pembelajaran
C. Intipembelajaran
D. Penutup pembelajaran
E. Tindak lanjut pembelajaran

Pembahasan
Jawaban B
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputikegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepsi, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan intimenggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri atas refl eksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian contoh secara kontekstual sebagai apersepsi untuk memberikan ransangan pada siswa. Kegiatan tersebut ada di kegiatan awal pembelajaran.

Soal No 16
Setelah siswa menyimak video pembacaan puisi , guru meminta siswa untuk menemukan dan menjelaskan penggunaan rima, pilihan kata, dan pesan dalam puisi tersebut. Siswa diminta me nuangkan nya dalam bentuk peta konsep. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan ...
A. Prapembelajaran
B. Awal pembelajaran
C. Intipembelajaran
D. Penutup pembelajaran
E. Tindak lanjut pembelajaran

Pembahasan
Jawaban C
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputikegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari. Kegiatan intimenggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri atas refl eksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran se lanjutnya. Kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sudah menggunakan metode, media, serta sumber belajar. Oleh karena itu kegiatan tersebut ada di kegiatan intipembelajaran.

Soal No 17
Seorang guru akan mengajarkan materi dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Bentuk instrumen penilaian yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan adalah …
A. Tes tertulis tentang pengetahuan faktual
B. Tes lisan tentang pengetahuan prosedural
C. Tes pilihan ganda tentang pengetahuan metakognitif
D. Lembar observasi dan wawancara
E. Penugasan dan lembar observasi

Pembahasan
Jawaban E
Karakteristik penilaian autentik, adalah sebagai berikut:
1. Bisa digunakan untuk formatif maupun sumatif, pencapaian kompetensi terhadap satu kom petensi dasar (formatif) maupun pencapaian terhadap standar kompetensi atau kompetensi intidalam satu semester (sumatif).
2. Mengukur keterampilan dan performansi, bukan mengingat fakta, menekankan pencapaian kompetensi keterampilan (skill) dan kinerja (performance), bukan kompetensi yang sifatnya hafalan dan ingatan.
3. Berkesinambungan dan terintegrasi, merupakan satu kesatuan secara utuh sebagai alat untuk me ngumpulkan informasi terhadap pencapaian kompetensi siswa.
4. Dapat digunakan sebagai umpan balik terhadap pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif. Untuk menilai kemampuan siswa dalam menciptakan kembali teks anekdot dilakukan melalui penilaian kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik dan bentuk yang tepat adalah tes uraian berbentuk penugasan berupa hasil tulisan teks anekdot dan untuk penilaian sikapnya saat siswa menyampaikannya secara lisan. Jawaban yang tepat adalah E.
• Opsi A, bisa dipakai untuk mengukur pengetahuan faktual secara tertulis.
• Opsi B, dipakai untuk mengukur pengetahuan prosedural secara lisan
• Opsi C, mengukur pengetahuan metakognitif
• Opsi D, observasi dapat melihat secara langsung hasil yang diperoleh, wawancara dapat menggali informasi lebih jauh dan mendalam.
• Opsi E, penugasan untuk mengukur keterampilan menulis, dan lembar observasi untuk mengukur sikap siswa dalam menyampaikan hasil tulisnya secara lisan

Soal No 18
Untuk mengukur sikap kerja sama siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis diperlukan instrumen penilaian yang sesuai, yaitu pedoman observasi. Salah satu butir indikator penilaian yang dapat digunakan adalah ...
A. Pengertian kerja sama dan jenis-jenis kerja sama
B. Keaktifan dan partisipasi dalam bekerja kelompok
C. Pemahaman terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot
D. Keaktifan dalam memahami struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot
E. Keaktifan dan partisipasi dalam memahami struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot

Pembahasan
Jawaban B
Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, mengatur tentang prosedur penilai an aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:
a. Mengamatiperilaku peserta didik selama pembelajaran;
b. Mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan;
c. Menindaklanjutihasil pengamatan; dan
d. Mendeskripsikan perilaku peserta didik.
Bentuk instrumen dalam penilaian sikap terdiri atas pedoman observasi, datiar cek dan skala penilaian disertai rubrik, lembar penilaian diri, lembar penilaian antarpeserta, lembar jurnal.

Soal No 19
Seorang guru akan mengajar dengan komptensi dasar 3.11 Menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi. Teknik dan bentuk instrumen yang digunakan oleh guru adalah tes tertulis berupa uraian. Salah satu indikator penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...
A. Apakah yang dimaksud struktur dan kebahasaan teks negosiasi?
B. Apakah perbedaan struktur organisai teks negosiasi dengan teks yang lain?
C. Apakah perbedaan aspek kebahasaan teks negosiasi dengan teks yang lain?
D. Mengapa struktu organisasi teks negosiasi berbeda denan teks yang lain?
E. Tulislah struktur teks negosiasi sepertiyang ada dalam teks yang sudah disediakan!

Pembahasan
Jawaban E
Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, mengatur tentang prosedur penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang meliputipengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik pe nilaian. Guru memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai.
Teknik penilaian pengetahuan terdiri atas tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Bentuk instrumen untuk tes tertulis meliputibenar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, isian/ melengkapi, dan uraian. Bentuk instrumen tes lisan adalah tanya jawab. Bentuk instrumen penugasan adalah tugas individu atau kelompok. Bentuk instrumen portofolio adalah sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis. Bentuk tes uraian sudah tepat digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan indikator penilaian yang tepat untuk menilai kemampuan menganalisis adalah membuat tulisan tentang hasil analisis.
• Opsi A: mengetes pemahaman konsep struktur dan kebahasaan teks negosiasi
• Opsi B: mengetes pemahaman perbedaan struktur organisasi teks, atau membandingkan.
• Opsi C: mengetes pemahaman, membaningkan aspek kebahasaan teks satu dengan lainnya
• Opsi D: mengetes pemahaman
• Opsi E: mengetes keterampilan menganalisis isi/informasi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi melalui kegiatan menulis.

Soal No 20
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik guru dapat menggunakan evaluasi …
A. Sumatif
B. Formatif
C. Proses
D. Hasil
E. Hasil belajar

Pembahasan
Jawaban D
• Evaluasi sumatif adalah adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.
• Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar.
• Evaluasi proses adalah evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya.
• Evaluasi hasil adalah evaluasi pembelajaran yang ditujukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik.
• Evaluasi hasil belajar adalah evaluasi yang mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afek tif, dan psikomotor.