Jenis-jenis Perangkat Output Komputer

Rumah Belajar - Perangkat Output atau perangkat keluaran yaitu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Jenis-jenis Perangkat Output Komputer.

Beberapa peralatan output yang umum digunakan antara lain:

Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di layar.


Hampir sama fungsinya dengan monitor, proyektor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di screen yang biasanya terpasang di tembok. Dengan menggunakan proyektor, data yang ditampilkan akan terlihat lebih besar, dari pada hanya ditampilkan melalui monitor.

Baca15 Perangkat Input dan Output Komputer

Printer merupakan peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi, dari komputer dengan kertas. Pada printer model terkini, sudah dilengkapi pula dengan fitur scanner dan fotocopy. Sehingga, selain bisa digunakan untuk mencetak dokumen, printer tersebut juga bisa digunakan untuk memindai dokumen, maupun untuk memfotokopi dokumen.

Speaker merupakan perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer. Pada speaker model terkini, sudah tidak dilengkapi lagi dengan kabel, dan menggunakan teknologi Bluetooth untuk dapat terkoneksi dengan komputer.