Ciri Tari Asal tari dan Cara Tari Lengkap Gambar

Artikel -Jenis Tarian di Indonesia, Ciri Tari, Asal tari dan Cara Tari dibawah ini adalah tugas Sekolah Mata Pelajaran Seni Budaya SMP/Mts Tahun 2020.

TARI TRADISIONAL RAKYAT
a. Tari Kuda Lumping
Ciri-cirinya
1. tari dari jawa timur
2. menggunakan kuda kudaan yang terbuat dari kulit
3. orangnya yang bermain dalam keadaan tida sadar (kerasukan)
4. makan beling

Berasal dari Sumatera Utara
Ciri Tari Asal tari dan Cara Tari Lengkap Gambar
Cara Tari
Dalam pertunjukannya, Penari Kuda Lumping biasanya terbagi menjadi 3 bagian. Pada bagian pertama biasanya dilakukan oleh beberapa penari wanita, dengan menunggangi kuda mereka menari dengan gerakan yang lembut dan dinamis. Kemudian pada bagian kedua, biasanya dimainkan oleh beberapa penari pria. Pada bagian ini para penari menari dengan gerakan yang menggambarkan keberanian para prajurit penunggang kuda di medan pertempuran. Dan yang terakhir adalah bagian yang dimainkan oleh beberapa pria yang menunggangi kuda. Sambil memainkan pecut, mereka menari mengikuti iringan musik. Pada bagian ini beberapa penari mengalami kesurupan dan dengan keadaan tidak sadar mereka melakukan beberapa atraksi berbahaya seperti memakan beling, menyayat diri, berjalan di atas pecahan kaca dan beberapa atraksi berbahaya lainnya. Dalam menyuguhkan pertunjukan Kuda Lumping ini setiap grup atau daerah memiliki kreasi tersendiri dalam menampilkannya, namun tetap tidak meninggalkan keaslian dalam kesenian tersebut.
Dalam pertunjukan Kuda Lumping ini biasanya dikawal oleh beberapa pawang atau dukun untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan. Sebelum pertunjukan dimulai biasanya ada beberapa ritual yang dilakukan oleh para dukun yaitu memberikan sesaji dan membacakan doa agar di jauhkan dari mara bahaya. Selain melakukan ritual, dukun juga ditugaskan untuk mengawal para penari yang kesurupan saat melakukan atraksi  agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan dan menyembuhkan para penari dari keadaan kesurupan.

b. Tari Jaipong
Ciri-cirinya
1. Memiliki gerakan yang luwes dan selaras dengan musiknya yang didominasi oleh hentakan suara kendang.
2. Pada tarian jaipong, gerakan yang ditunjukkan lebih mengandalkan pada kekuatan dan kelenturan otot, sehingga selalu terlihat energik dan penuh semangat.
3. Penari dalam tari jaipongan tidak terbatas hanya untuk perempuan saja tetapi juga bisa dilakukan oleh pria. Bahkan banyak juga yang menampilkan tari jaipongan secara kelompok campuran pria dan wanita.
4. Jumlah penarinya biasanya bervariasi, ada yang dibawakan dengan 2 orang, 3 orang, atau bahkan lebih dari sepuluh. Hal yang dituntut dalam tari jaipongan secara kelompok adalah keselarasan gerakan dengan irama musik dan juga kesatuan gerak yang kompak dan dinamis.
5. Dari segi kostum, kostum para penari jaipong mempunyai karakter warna yang terang dan mencolok tapi sangat indah dan serasi dengan irama musiknya. Umumnya warna-warnanya yaitu kuning emas, merah, biru terang.
6. Memiliki motif yang berkonsep pada alam, misalnya motif bunga atau daun dengan keindahan bentuk dan variasinya.
7. Bentuk kostum mengikuti lekuk tubuh para penarinya sehingga memunculkan kesan yang sedikit fulgar, seksi, dan juga eksotis. Hanya saja pada dasarnya hal ini bertujuan untuk menyelaraskan musik, gerakan, dan juga kostum.

Berasal dari  Jawa Barat
Cara Tari :
Bukaan
Bukaan merupakan bagian dari gerakan tari jaipong yang merupakan pembukaan tari ini. Penari akan berjalan memutar sambil memainkan selendang yang di kalungkan di leher masing- masing penari. Para penari akan menari dengan lemah gemulai untuk menarik perhatian dari para penonton tari.

Pencungan
Pencungan merupakan salah satu gerakan pada tari jaipong yang mana tempo pada gerakan ini cukup cepat. Para penari dengan diiringi musik dan lagu yang juga cepat melakukan gerakan tari dengan penuh semangat. Penonton yang menikmati tarian para penari akan terbawa seperti semangat para penari.

Ngala
Bagian gerakan yang lain yaitu ngala. Ngala merupakan gerakan yang mirip seperti gerakan patah- patah.  Perpindahan dari gerakan satu ke gerakan yang lain dilakukan dengan tempo gerakan yang cukup cepat. Adanya gerakan ngala ini, menambah khas keunikan pada tari tersebut.

Mincit
Setelah dilakukan gerakan ngala, gerakan yang dibawakan oleh para pemain tari jaipong adalah gerakan mincit.

Untuk Selengkapnya Tentang Jenis Tarian di Indonesia, Ciri Tari, Asal tari dan Cara Tari bisa di Unduh di Sini


Download Ciri Tari Asal tari dan Cara Tari Lengkap Gambar
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]

Demikianlah Tugas Ciri Tari Asal tari dan Cara Tari Lengkap Gambar. Semoga Bermanfaat