Biodata Widi Astuti Magister dan Doktor Teknik dari Semarang


Biodata Dr. Widi Astuti, S.T., M.T. 
Biodata Widi Astuti Magister dan Doktor Teknik dari Semarang
Dr. Widi Astuti, S.T., M.T. lahir di Semarang pada tahun 1973. Memperoleh gelar Sarjana Teknik dari Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro serta Magister Teknik dan Doktor di bidang Teknik Kimia dari Universitas Gadjah Mada. 

Pada tahun 2013, memperoleh predikat cumlaude untuk disertasinya yang berjudul Karakter Dual Site Adsorben Abu Layang Batu Bara terhadap Adsorpsi Ion Pb(II), Metil Violet dan Benzena. Pada tahun 2000-2008 menjadi staf pengajar di Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
dengan mata kuliah pokok Kimia Dasar dan Kimia Anorganik. 


Sejak tahun 2007 hingga saat ini merupakan staf pengajar dan Kepala Laboratorium pada Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Mata kuliah pokok yang diampu di antaranya Pengolahan Limbah Industri, Proses Industri Kimia, Reaktor dan Teknologi Katalis. Selain aktif mengajar, selama lebih dari 10 tahun, ia mendalami penelitian di bidang material adsorben dan pengolahan limbah. 

Beberapa penelitiannya di bidang modifikasi abu layang dan biomaterial serta aplikasinya sebagai adsorben dalam pengolahan limbah cair telah dipresentasikan pada beberapa seminar internasional di antaranya di London, Amsterdam, Roma, Germany, Istanbul, Beijing, Hongkong, Manila, Bangkok dan Vietnam serta pada beberapa jurnal internasional di antaranya Asean Journal of Chemical Engineering, European Journal of Sustainable Development dan Jurnal teknologi (Science and Engineering).