Makalah Dampak Korupsi Terhadap Masyarakat dan Bangsa

Latar Belakang

Warisan haram itulah diberi nama Korupsi di tanah negeri tercinta ini, tanpa surat wasiat. Korupsi tetap lestari sekalipun diharamkan oleh aturan hukum yang berlaku dalam tiap orde yang datang  silih berganti. Hampir semua segi kehidupan terjangkit korupsi. Apabila disederhanakan penyebab  korupsi meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 

Faktor internal merupakan penyebab korupsi yang datang dari diri pribadi sedang faktor eksternal adalah faktor penyebab terjadinya korupsi karena sebab-sebab dari luar. Faktor internal terdiri dari aspek moral, misalnya lemahnya keimanan, kejujuran, rasa malu, aspek sikap atau perilaku misalnya pola hidup konsumtif dan aspek sosial seperti keluarga yang dapat mendorong seseorang untuk berperilaku  korup. 

Makalah Dampak Korupsi Terhadap Masyarakat dan Bangsa

Faktor eksternal bisa dilacak dari aspek ekonomi misalnya pendapatan atau gaji tidak mencukupi kebutuhan, aspek politis misalnya instabilitas politik, kepentingan politis, meraih dan mempertahankan kekuasaan, aspek managemen & organisasi yaitu ketiadaan akuntabilitas dan transparansi, aspek hukum,  terlihat dalam  buruknya  wujud perundang-undangan dan lemahnya penegakkan hukum serta aspek sosial yaitu lingkungan atau masyarakat yang kurang mendukung perilaku anti korupsi.

Kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan, keberhasilannya dalam melaksanakan pembangunan. Pembangunan sebagai salah satu proses perubahan yang direncanakan mencakup semua aspek kehidupan masyarakat di Indonesia. 

Efektifitas dan keberhasilan pembangunan terutama ditentukan oleh dua faktor, yaitu sumber daya manusia, yakni (orang-orang yang terlibat sejak dari perencanaan samapai pada pelaksanaan) dan pembiayaan. Diantara dua faktor tersebut yang paling dominan adalah faktor manusianya. Indonesia adalah salah satu negara terkaya di Asia bisa dilihat dari keanekaragaman kekayaan sumber daya alamnya. 

Tetapi ironisnya, negara Indonesia ini dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia bukanlah merupakan sebuah negara yang kaya malahan termasuk negara yang bisa di katagorikan negara miskin. Mengapa demikian? Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusianya. Kualitas tersebut bukan hanya dari segi pengetahuan atau intelektualnya tetapi juga menyangkut kualitas moral dan kepribadiannya.

Dalam Makalah Dampak Korupsi Terhadap Masyarakat dan Bangsa terdiri dari: