SOP PEMANTAUAN LINGKUNGAN FISIK


1. Pengertian
Pemantauan lingkungan fisik  adalah aktifitas yang dilakukan untuk memastikan lingkungan fisik dalam kondisi bersih pada ruangan / gedung dan halaman dalam keadaan siap untuk digunakan, higienis dan nyaman.

2. Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk pemantauan lingkungan fisik Puskesmas.

3. Keputusan
Kebijakan Kepala Puskesmas Keumala Nomor.800/...../KML/UKP/XII/2018 tentang Kebijakan Pelayanan Penunjang Klinis Pengelolaan Obat, Manajemen Informasi, Manajemen Lingkungan dan Prasarana, Manajemen Peralatan, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Klinis Puskesmas Keumala

4. Referensi
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah

5.Prosedur/Langkah-langkah
1. Alat dan bahan
    Alat tulis kantor

2. Petugas pelaksana
  • Petugas Sanitarian
  • Petugas Kebersihan

3. Langkah- langkah
  • Petugas sanitarian mengidentifikasi semua ruangan, gedung, dan halaman untuk membuat jadwal pemeliharaan lingkungan kerja
  • Petugas sanitarian membuat jadwal pemantauan sesuai identifikasi lingkungan kerja yaitu jadwal pemeliharaan ruangan, gedung dan halaman
  • Petugas sanitarian mengkoordinasi dengan bagian ruangan 
  • Petugas sanitarian menginformasikan jadwal ke petugas yang terkait 
  • Petugas kebersihan atau pelaksana kebersihan menerima informasi jadwal pemantauan lingkungan fisik/ruangan/halaman setiap bulan dari sanitarian
  • Petugas kebersihan melaksanakan kebersihan sesuai jadwal 
  • Petugas sanitarian dan koordinator unit menerima informasi telah dilaksanakan pemeliharaan lingkungan
  • Kemudian memantau dan melakukan pengawasan pelaksanaan pemantauan lingkungan fisik kerja
  • Jika pemantauan lingkungan fisik telah sesuai maka menandatangani chek list pemantauan lingkungan kerja
  • Jika pemantauan lingkungan tidak sesuai  maka meminta untuk dilaksanakan ulang. 

Baca SOP Lainnya : Kumpulan SOP Puskesmas

6. Bagan Alir
SOP PEMANTAUAN LINGKUNGAN FISIK


7. Unit Terkait
  • Penanggung jawab Keamanan Lingkungan Fisik
  • Semua Unit Pelayanan

8.   Unit terkait
  • Sanitarian 
  • Petugas pemeliharaan lingkungan
  • Petugas kebersihan

9.  Dokumen terkait
  • Daftar jadwal pemantauan
  • Laporan hasil pemantauan

10. Rekaman

No
Yang diubah
Isi perubahan
Tanggal mulai diberlakukan









Silahkan Unduh Format SOP Word/docx

SOP PEMANTAUAN LINGKUNGAN FISIK.docx


Semoga Bermanfaat