Mengedit Foto Dengan FaceApp, Apa Hukumnya


Apakah ada manusia  mendahului takdir, apakah kita akan hidup sampai Tua? apakah kita tau kapan kita akan Mati? bisa jadi kita hidup tak sampai masa tua, dan belum tentu muka kita ketika tua seperti itu.

Mengedit Foto Dengan FaceApp, Apa Hukumnya


Maka perbanyaklah ibadah dan bekal kita untuk sesuatu yang sudah pasti yaitu Hari dimana kita akan dipertemukan kembali (Hari hisab)

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (QS. Al-Hujurat : 1)


Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, janganlah kalian memutuskan sebuah perkara mendahului Allah dan RasulNya dalam syariat agama kalian, karena dengan itu kalian terjatuh kedalam tindakan membuat bid’ah. Takutlah kalian kepada Allah dalam perkataan dan perbuatan kalian, jangan sampai menyelisihi Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Allah Maha mendengar perkataan-perkataan kalian, Maha mengetahui niat dan perbuatan kalian. Ini merupakan peringatan kepada orang-orang beriman agar tidak melakukan bid’ah dalam agama, atau membuat syariat dalam agama yang tidak Allah izinkan.


“(Ketika datang kematian pada seseorang, lalu ia berkata): Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. Al Mu’minuun: 99-100).

Apakah ada Hukum mengedit foto dengan aplikasi Android FaceApp atau aplikasi sejenisnya?
Menurut Syaikh Abdurrahman As-Suhaim yang juga mengutip hadits Nabi, beliau menjelaskan:
“Tidak boleh main-main dengan gambar (makhluk bernyawa). Karena ini termasuk mengubah-ubah ciptaan Allah. Sebagaimana itu masih termasuk dalam cakupan ‘menandingi ciptaan Allah’
Mengedit Foto Dengan FaceApp, Apa Hukumnya

Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: 
“Allah Azza wa Jalla berfirman: siapa yang lebih zalim dari orang yang menciptakan seperti ciptaan-Ku? (Siapa yang mau membuat gambar) maka buatlah gambar benih, biji, atau gandum”.”  (HR. Bukhari – Muslim).


Daripada kita mengedit foto sendiri jadi tua, alangkah lebih baiknya jika digunakan waktu kita untuk mencari bekal untuk akhirat sebelum tua nanti.
Semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang menyesal di akhirat kelak yang mengatakan:

Jangan main-main dengan gambar anda sendiri dan anda bisa membacanya sendiri bagaimana hukumnya diatas, mengedit foto dengan FaceApp atau dengan Software Photoshop atau aplikasi sejenisnya.

Selebihnya, hanya Allah yang tahu segalanya tentang hidup dan mati ini, Wallahu a’lam.