Penerapan
Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar
Sosiologi Siswa Kelas XI IPS – 2 Di SMA NEGERI 1 Sakti Kabupaten Pidie
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Masalah besar dalam bidang
pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan di antaranya rendahnya mutu
pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar, khususnya
siswa Sekolah Menengah Atas . Masalah
lain dalam bidang pendidikan di Indonesia yang juga banyak diperbincangkan
yaitu pendekatan dalam pembelajaran yang
masih terlalu didominasi oleh guru ( teacher centered ). Guru lebih banyak
menempatkan siswa sebagai obyek dan bukan sebagai subyek didik ( Dinas Dikbud Aceh, 2003 : 10 ).
Pendidikan kita kurang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir
holistic ( menyeluruh ), kreatif, obyektif, dan logis, belum memanfaatkan
quantum learning sebagai salah satu paradigma menarik dalam pembelajaran, serta
kurang memperhatikan ketuntasan belajar secara individual ( Depdiknas, 2005a :
1 ). Dengan demikian guru yang profesional dituntut untuk menampilkan
keahliannya sebagai guru didepan kelas. Salah satu komponen keahlian yang harus
dikuasai adalah kemampuan mengelola proses pembelajaran.
Guru tidak hanya cukup memberikan ceramah di depan
kelas, hal ini tidak berarti bahwa metode ceramah tidak baik, melainkan pada
suatu saat siswa akan menjadi bosan apabila hanya guru sendiri yang berbicara (
aktif ), sedangkan muridnya duduk diam mendengarkan. Kebosanan dalam
mendengarkan uraian guru tentu dapat mematikan semangat belajar siswa.
Temuan peneliti di lapangan
seperti yang terjadi di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie, menunjukkan bahwa kurangnya
partisipasi siswa dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran sosiologi,
mengakibatkan siswa menjadi pasif, kurang kreatif dan kurang memiliki
kompetensi. Oleh karena itu dalam kesempatan ini peneliti akan berusaha menggunakan
teknik baru dalam proses pembelajaran yaitu Teknik Tebak Kata. Penerapan teknik
ini akan kami teliti lebih lanjut dengan judul penelitian : “ Meningkatkan
Prestasi Belajar Sosiologi Melalui Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial Siswa Kelas XI IPS-2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie ”.
B. Rumusan Masalah
Atas dasar latar belakang masalah, maka permasalahan-permasalahan yang timbul dapat dirumuskan sebagai berikut :
Atas dasar latar belakang masalah, maka permasalahan-permasalahan yang timbul dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimanakah proses penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial dalam rangka meningkatkan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie .
- Adakah pengaruh penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial terhadap peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie ?
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan :
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan :
- Untuk mengetahui proses penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial dalam rangka meningkatkan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
- Untuk Mengetahui pengaruh penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial terhadap peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
- Ikut menyumbangkan pikiran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
D. Manfaat Penelitian
Dari Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut
:
1. Bagi Siswa :
Diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam mata
pelajaran sosiologi.
2. Bagi Guru Sosiologi :
Sebagai masukan dan sumbangan pikiran untuk bersama-sama mengoptimalkan
peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi di sekolahnya
masing-masing pada khususnya dan di Kabupaten Pidie pada umumnya.
3. Bagi Sekolah :
- Sebagai masukan terhadap Kepala Sekolah untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
- Sebagai sumbangan pikiran kepada guru-guru SMA Negeri 1 Sakti untuk bekerja dan berjuang bersama secara optimal dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
4. Bagi Pengembang Kurikulum :
Dapat dijadikan masukan guna menyempurnakan kurikulum yang lebih
berorietasi pada siswa sebagai subyek didik dalam proses pembelajaran