Penerapan Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial

Penerapan Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi  Siswa Kelas XI IPS – 2 Di SMA NEGERI 1 Sakti Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang  Masalah
Masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan di antaranya rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar, khususnya siswa Sekolah  Menengah Atas . Masalah lain dalam bidang pendidikan di Indonesia yang juga banyak diperbincangkan yaitu pendekatan dalam pembelajaran  yang masih terlalu didominasi oleh guru ( teacher centered ). Guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai obyek dan bukan sebagai subyek didik  ( Dinas Dikbud Aceh, 2003 : 10 ).
Pendidikan kita kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir holistic ( menyeluruh ), kreatif, obyektif, dan logis, belum memanfaatkan quantum learning sebagai salah satu paradigma menarik dalam pembelajaran, serta kurang memperhatikan ketuntasan belajar secara individual ( Depdiknas, 2005a : 1 ). Dengan demikian guru yang profesional dituntut untuk menampilkan keahliannya sebagai guru didepan kelas. Salah satu komponen keahlian yang harus dikuasai adalah kemampuan mengelola proses pembelajaran.
Guru tidak hanya cukup memberikan ceramah di depan kelas, hal ini tidak berarti bahwa metode ceramah tidak baik, melainkan pada suatu saat siswa akan menjadi bosan apabila hanya guru sendiri yang berbicara ( aktif ), sedangkan muridnya duduk diam mendengarkan. Kebosanan dalam mendengarkan uraian guru tentu dapat mematikan semangat belajar siswa.
Temuan peneliti di lapangan seperti yang terjadi di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie,  menunjukkan bahwa kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran sosiologi, mengakibatkan siswa menjadi pasif, kurang kreatif dan kurang memiliki kompetensi. Oleh karena itu dalam kesempatan ini peneliti akan berusaha menggunakan teknik baru dalam proses pembelajaran yaitu Teknik Tebak Kata. Penerapan teknik ini akan kami teliti lebih lanjut dengan judul penelitian : “ Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Melalui Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial Siswa Kelas XI IPS-2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie ”.

B.  Rumusan Masalah
Atas dasar latar belakang masalah, maka permasalahan-permasalahan yang timbul dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah proses penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial dalam rangka meningkatkan prestasi belajar sosiologi  siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie . 
  2. Adakah pengaruh penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial terhadap peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie ?    

C.  Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan :

  • Untuk mengetahui proses penerapan Teknik Tebak Kata pada materi masalah sosial dalam rangka meningkatkan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.     
  • Untuk Mengetahui pengaruh penerapan Teknik Tebak Kata pada materi   masalah sosial terhadap peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS – 2 di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
  • Ikut menyumbangkan pikiran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.    

D.  Manfaat Penelitian
Dari Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut :
1.  Bagi Siswa :
                  Diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran sosiologi.
2.  Bagi Guru Sosiologi  :
Sebagai masukan dan sumbangan pikiran untuk bersama-sama mengoptimalkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi di sekolahnya masing-masing pada khususnya dan di Kabupaten Pidie pada umumnya.

3.  Bagi Sekolah :
  • Sebagai masukan terhadap Kepala Sekolah untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
  • Sebagai sumbangan pikiran kepada guru-guru SMA Negeri 1 Sakti untuk bekerja dan berjuang bersama secara optimal dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.
4.  Bagi Pengembang Kurikulum :
Dapat dijadikan masukan guna menyempurnakan kurikulum yang lebih berorietasi pada siswa sebagai subyek didik dalam proses pembelajaran

Penerapan Teknik Tebak Kata Pada Materi Masalah Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi  Siswa Kelas XI IPS – 2 Di SMA NEGERI 1 Sakti Kabupaten Pidie