RPP Bahasan Indonesia Kelas XII SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
Waktu : 8 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
2. Mengabstraksikan upaya meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
C. Indikator
1. Menjelaskan hakikat bahasa internasional.
2. Menguraikan fakta-fakta pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri.
3. Menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.
4. Menguraikan upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan hakikat bahasa internasional
2. Menguraikan fakta-fakta pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
3. Menjelaskan faktor-faktor pendukung upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional dari segi intrabahasa dan esktrabahasa
4. Menjelaskan faktor-faktor penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
5. Menguraikan upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
E. Materi Pembelajaran:
Materi Berdasarkan Konsep: Bahasa Internasional
Bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan secara tersebar sebagai bahasa asing atau bahasa kedua, yakni sebagai bahasa dalam komunikasi internasional.
Materi Berdasarkan Fakta: Perkembangan Bahasa Indonesia di Luar Negeri
Data terakhir menunjukkan bahwa 52 negara telah membuka program bahasa Indonesia, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Belanda, Australia, dan Vietnam. Pemerintah Australia menetapkan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum sekolah yang diimplementasikan oleh kurang lebih di lima ratus sekolah. Pemerintah Vietnam juga telah meresmikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kedua sejak Desember 2007. Kemudian di Amerika Serikat, para pendidik juga mulai menggunakan bahasa Indonesia dalam kurikulum sekolah mereka. Sementara itu, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia untuk kawasan Afrika. Hal ini terlihat dari Pusat Studi Indonesia yang berlokasi di Suez Canal University. Begitu juga dengan negara-negara lainnya seperti Jepang, Italia, dan Bulgaria.
Kepopuleran bahasa Indonesia juga dapat terlihat pada skala internasional dari berbagai situ web terkemuka, seperti Facebook dan Wordpress. Dalam situs web Facebook, bahasa Indonesia berada di peringkat ke-5 sebagai bahasa yang paling populer penggunaannya. Sementara itu, dalam situs web WordPress, bahasa Indonesia menempati urutan ketiga setelah Inggris dan Spanyol. Fakta lain yang menggambarkan pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri adalah sekitar 300 juta dari 550 juta penduduk ASEAN bertutur menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu. Fakta tersebut dapat memberikan bukti yang nyata bahwa bahasa Indonesia sudah memiliki peran dan posisi strategis dalam komunikasi resmi, baik di kawasan ASEAN maupun wilayah regional Benua Asia.
F. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah:
1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
G. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Sumber belajar: buku bahasa Indonesia kelas XII, Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelompok Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya untuk SMA/MA kelas XII, Engkos Kosasih, Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta. 2015
2. Buku-buku penunjang yang relevan
3. Media massa cetak/ elektronik
4. Alat: LCD, slide power point, lembar soal dan lembar observasi, lembar instrumen tugas
H. Karakter Kebangsaan
1. Jujur, tanggung jawab, dan disiplin, yaitu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukan, fungsi, dan kaidah-kaidahnya.
2. Wawasan kebangsaan dan kenegaraan, yaitu mencintai bahasa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia.
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya
· Guru memberikan motivasi tentang potensi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa itu bahasa internasional
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati literatur tentang bahasa internasional
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai bahasa internasional
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang bahasa internasional
· . Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bahasa internasional
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi bahasa internasional (mengasosiasi)
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang bahasa internasional
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang bahasa internasional
· Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran
· Memberikan pekerjaan rumah individu
· Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian
· Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes)
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
· Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan II
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan diterapkan
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya
· Guru memberikan motivasi tentang pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, apik. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang fakta-fakta seputar pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
· Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai fakta-fakta seputar pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
· Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang fakta-fakta seputar pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan
· Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi mengenai fakta-fakta pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri (mengasosiasi)
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi mengenai perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang fakta-fakta seputar pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri
· Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran
· Memberikan pekerjaan rumah individu
· Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian
· Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes)
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
· Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan III
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Siswa diminta untuk membagi kelompok sesuai jumlah siswa untuk mencoba mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru menugaskan siswa untuk membuat poin-poin mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Poin-poin tersebut dilaporkan dalam bentuk hasil pengamatan (eksplorasi)
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati literatur tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan
· Siswa berdiskusi kelompok mencoba untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional (mengasosiasi)
· Siswa membuat poin-poin mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran
· Memberikan pekerjaan rumah individu
· Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian
· Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajarna ini (postes)
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
· Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Pertemuan IV
KEGI-ATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| ||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
· Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar
· Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
· Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan
· Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya
· Guru memberikan motivasi tentang fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
|
· Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
· Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
· Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.
· Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas
· Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
· Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
· Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
|
15 menit
|
I
N
T
I
|
· Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) tentang upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Siswa diminta untuk membagi kelompok sesuai jumlah siswa untuk mencoba mengeksplorasi upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Guru menugaskan siswa untuk membuat presentase berisi poin-poin tentang materi yang telah dipelajari dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)
· Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
|
· Siswa mengamati upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan
· Siswa berdiskusi kelompok mencoba untuk mengeksplorasi (mengasosiasi)
· Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
|
60 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
· Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi tentang upaya-upaya pengingkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional
· Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
· Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran
· Memberikan pekerjaan rumah individu
· Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
|
· Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian
· Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes)
· Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
· Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
· Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
J. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : tes dan non tes
2. Bentuk : uraian dan observasi
3. Instrumen : soal dan lembar observasi kegiatan diskusi
Tes tertulis
Jawablah pertanyaan - pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian bahasa internasional?
2. Sebutkan fakta-fakta bahwa bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang pesat di luar negeri?
3. Jelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional?
4. Sebutkan upaya-upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional?
Kunci Jawaban
1. Bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan secara tersebar sebagai bahasa yang asing atau bahasa kedua, yakni sebagai bahasa dalam komunikasi internasional.
2. Fakta-fakta seputar pesatnya perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri.
Data terakhir menunjukkan 52 negara telah membuka program bahasa Indonesia, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Belanda, Australia, dan Vietnam. Bahasa Indonesia menempati peringkat keempat bahasa yang paling populer digunakan di Australia. Tidak hanya itu, pemerintah Australia juga telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum sekolah mereka yang diimplementasikan oleh kurang lebih di lima ratus sekolah. Pemerintah Vietnam juga telah meresmikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kedua sejak Desember 2007, khususnya di Kota Ho Chi Minh City. Para pendidik juga mulai mengajarkan bahasa Indonesia di Amerika. Di Mesir telah didirikan Pusat Studi Indonesia yang berlokasi di Suez Canal University. Di Bulgaria didirikan Indonesian Corner yang berfungsi sebagai wadah “belanja” pengetahuan sekaligus membina persahabatan dengan Indonesia. Di Jepang telah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai (Perhimpunan Indonesia-Jepang) yang berdiri sejak 1969. Beberapa universitas di Jepang membuka jurusan bahasa Indonesia.
Penggunaan bahasa Indonesia pada skala internasional juga dapat dilihat dari berbagai situs web terkemuka, seperti Facebook dan WordPress. Dalam situs web Facebook, bahasa Indonesia berada di peringkat ke-5 sebagai bahasa paling populer penggunaannya. Sementara itu, dalam situs web WordPress, bahasa Indonesia menempati urutan ketiga setelah Inggris dan Spanyol. Bahasa Indonesia juga terlihat di media massa beruapa siaran radio asing, seperti BBC, Radio Australia, Suara Amerika (Voice Amerika – VOA), dan Radio Belanda yang rutin memberikan siaran berbahasa Indonesia. 330 juta dari 550 juta penduduk ASEAN menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu.
3. Faktor-faktor pendukung upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor intrabahasa dan faktor ekstrabahasa. Faktor intrabahasa meliputi sistem bahasa. Sistem bahasa Indonesia dapat dikatakan mudah untuk dipelajari. Faktor ekstrabahasa dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor yang dapat memengaruhi secara langsung dan faktor yang dapat memengaruhi secara tidak langsung. Faktor esktrabahasa yang dapat memengaruhi secara langsung adalah jumlah dan sikap penutur bahasa Indonesia. Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan modal yang sangat penting untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Faktor ekstrabahasa yang dapat memengaruhi secara tidak langsung adalah daya tarik kekayaan alam dan budaya Indonesia. Kekayaan alam di Indonesia yang sangat melimpah menjadi daya tarik sendiri bagi pelaku ekonomi mancanegara untuk berinvestasi di Indonesia. Selain faktor yang dapat mendukung pencapaian bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, terdapat sejumlah faktor penghambat. Faktor penghambat itu meliputi kualitas sumber daya manusia Indonesia yang masih rendah dan sikap mentalnya yang masih kurang percaya diri. Faktor penghambat lainnya adalah mentalitas masyarakat Indonesia yang masih banyak menganggap bahwa bahasa asing khususnya bahasa Inggris memiliki gengsi sosial yang lebih tinggi. Mereka lebih bangga menggunakan bahasa Asing daripada bahasa Indonesia.
4. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional adalah meningkatkan dukungan dari semua pihak. Pemerintah dan masyarakat Indonesia, termasuk para pelaku ekonomi, harus saling mendukung. Dukung dari pemerintah dapat dilakukan dengan mengeluarkan kebijakan. Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggiatkan program BIPA sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Dari segi masyarakat dapat dilakukan sejak dini yaitu dengan penanaman rasa nasionalisme dan penumbuhan rasa memiliki terhadap bahasa Indonesia harus dimulai sejak dini. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan pengembangan dunia hiburan dan pariwisata. Dunia hiburan Indonesia akan membuat masyarakat internasional tertarik dengan kebudayaan, termasuk bahasa Indonesia. Indonesia juga mempunyai kekayaan alam serta aset budaya yang banyak dan beragam sehingga mampu menarik wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Potensi-potensi itu tentu akan menarik wisatawan mancanegara dan secara tidak langsung mereka pun akan terdorong pula untuk mengenal dan mempelajari bahasa Indonesia.
Pedoman penilaian
1) Setiap soal apabila dijawab benar sempurna diberi nilai 25
2) Setiap soal apabila dijawab mendekati benar diberi nilai 20
3) Setiap soal apabila dijawab setengahbenar diberi nilai 15
4) Setiap soal apabila dijawab tapi salah diberi nilai 5
5) Setiap soal apabila yang tidak dijawab diberi nilai 0
LEMBAR PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / 1
Kompetensi Dasar:
1. Memahami upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
2. Mengabstraksikan upaya meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
Materi Pokok: Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
Hari/tanggal pengamatan:
1) Penilaian dilakukan selama kegiatan diskusi
2) Hasil penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3) Aspek yang dinilai:
- Tanggung jawab
- Kerja sama
- Keberanian mengajukan pertanyaan
- Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
- Menghargai pendapat orang lain
4) Keterangan Skor dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang Jumlah skor 1- 5 kategori tidak aktif
Skor 2= kurang Jumlah skor 5-10 kategori kurang aktif
Skor 3= cukup Jumlah Skor11-15 kategori cukup aktif
Skor 4= baik Jumlah skor 16-20 kategori aktif
Skor 5 = baik sekali Jumlah skor 21 -25 kategori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek!
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
KATEGORI
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||||||||
1
| |||||||||||||
2
| |||||||||||||
3
| |||||||||||||
4
| |||||||||||||
5
| |||||||||||||
6
| |||||||||||||
7
| |||||||||||||
Dst
| |||||||||||||
JUMLAH SKOR
| |||||||||||||
RERATA SKOR
| |||||||||||||
Penilaian Sikap
· Penilaiandilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
· Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
b. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
c. Peduli dalam kegiatan pembelajaran.
d. Disiplin selama proses pembelajaran.
e. Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan.
f. Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
|
Observasi
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian pribadi
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
|
Unjuk Kegiatan
|
Penyelesaian kelompok
|
Instrumen Penilaian hasil Belajar
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Penugasan
3. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kegiatan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan : Pada saat pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi dasar :
1. Memahami upaya peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
2. Mengabstraksikan upaya meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
Indikator : 1. Aktif
2. Kerja sama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jikasama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jikamenunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama siswa
|
Sikap
| ||||||||||||||||||||||||||||
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
Santun
|
Percaya diri
|
Disiplin
| ||||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
|
K
|
C
|
B
|
BS
| |||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||
K : Kurang C : Cukup B : Baik BS : Baik Sekali
...............,.......................... 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kepala SMA ....
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah