MASBABAL.COM - Soal Post Test Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar lengkap Kunci Jawaban Modul 5 Menyesuaikan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Mahir pada Topik Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Mahir (Part 1)
Berikut ini kami akan membagikan Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar
Pelatihan Mandiri memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan Anda dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun melalui gawai Android yang terkoneksi dengan internet.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Menyesuaikan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Mahir
1. Karena visi, misi dan tujuan berperan sebagai referensi arah pengembangan dan untuk menunjukan prioritas satuan pendidikan, maka pada tahap mahir, untuk meninjau ulang visi, misi, dan tujuan, kepala sekolah bekerja sama dengan….
A. Pendidik dan tenaga kependidikan
B. Pendidik, perwakilan peserta didik, perwakilan orang tua/wali, pengawas/penilik, dan mitra
C. Perwakilan orang tua/wali dan pendidik
D. Pengawas/penilik, mitra, dan pendidik
2. Berikut adalah langkah-langkah dalam meninjau kembali visi, misi, dan tujuan sesuai dengan hasil analisis karakteristik, kecuali…
A. Periksa kembali visi, misi, dan tujuan yang telah dimiliki apakah sudah mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila.
B. Tajamkan aspek yang belum selaras dan belum sesuai dengan hasil data analisis karakteristik
C. Pikirkan mana yang perlu direvisi/dipertajam dan mana yang perlu dijadikan prioritas
D. Wajib lakukan penambahan/pengurangan poin misi dan tujuan.
3. Manakah yang tidak termasuk dalam proses mengembangkan visi, misi dan tujuan pada implementasi tahap mahir?
A. Mengolah data hasil analisis yang relevan untuk menyelaraskan visi, misi, dan tujuan.
B. Hanya menggunakan sudut pandang kepala satuan pendidikan dalam meninjau ulang visi, misi, dan tujuan.
C. Meninjau ulang secara menyeluruh visi, misi, dan tujuan yang telah dibuat bersama tim pengembang
D. Merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan yang kontekstual berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan
4. Manakah pernyataan yang benar?
A. Dalam peninjauan visi, misi, dan tujuan dilakukan sebelum melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan.
B. Merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan merupakan langkah untuk mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.
C. Kepala satuan pendidikan dapat melakukan proses peninjauan seorang diri karena lebih mudah dilaksanakan.
D. Dalam meninjau ulang, satuan pendidikan tidak perlu mempertimbangkan faktor eksternal, seperti visi, misi, tujuan program, dan/atau prioritas pemerintah daerah, kebijakan daerah.
5. Berikut adalah alasan mengapa keterlibatan pihak eksternal penting dalam mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, kecuali…
A. Untuk mempertimbangkan kebijakan daerah/nasional
B. Untuk mendukung program satuan pendidikan
C. Sebagai sumber daya di sekitar satuan pendidikan
D. Untuk menjadi eksklusif